Comscore Tracker

5 Cara Mudah Memperbaiki Suasana Hati akibat Stres Kerja

Sederhana, tapi wajib coba karena manfaatnya luar biasa

Kerjaan yang menumpuk, deadline yang semakin dekat, masalah pribadi, lingkungan kerja yang toksik, dan masalah lainnya akan lebih mudah memicu stres. Semua orang bisa mengalami stres kerja. 

Meski stres kerja tampaknya normal, tetapi kalau dibiarkan dampaknya bisa meluas. Maka dari itu, kamu perlu melakukan berbagai cara untuk mengelola dan memperbaiki stres yang dialami akibat pekerjaan. Supaya kesehatan mental dan fisik terjaga, ada beberapa tips untuk mengatasi stres kerja seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Mendengarkan musik

5 Cara Mudah Memperbaiki Suasana Hati akibat Stres Kerjapexels.com/Andrea Piacquadio

Salah satu cara untuk mengembalikan suasana hati akibat stres kerja adalah dengan mendengarkan musik. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Amsterdam, Belanda, yang diterbitkan dalam jurnal Health Psychology Review tahun 2020 membuktikan bahwa musik dapat mengurangi stres. Mendengarkan lagu-lagu kesukaan kurang lebih 1 jam akan sangat berdampak pada kondisi mental.

Mendengarkan musik secara rutin selama 6 minggu juga akan mengurangi berbagai risiko akibat stres. Maka dari itu, kalau merasa mood-mu mulai drop, pasang lagu favoritmu!

2. Memeluk seseorang

5 Cara Mudah Memperbaiki Suasana Hati akibat Stres KerjaPexels.com/Ketut Subiyanto

Cara mudah dan ampuh lainnya untuk mengembalikan suasana hati adalah dengan memeluk seseorang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Pittsburgh, Amerika Serikat (AS), yang dimuat dalam jurnal PLoS One tahun 2018, memeluk seseorang dapat mengurangi jumlah hormon kortisol dalam tubuh. Ini bisa membantu mengusir amarah, rasa kesal, stres, atau perasaan negatif lainnya.

Hal ini disebabkan karena tubuh mengirim sinyal menenangkan ke dalam otak. Untuk itu, peluklah orang tersayang saat sedang stres. Bila kamu tinggal sendirian, kamu bisa melakukan butterfly hug, yaitu dengan cara menyilangkan kedua tangan di depan dada dan meletakkan telapak tangan pada bahu kita.

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Stres dan Anxiety Selama Karantina Diri dari COVID-19

3. Minum secangkir kopi atau teh

5 Cara Mudah Memperbaiki Suasana Hati akibat Stres Kerjapexels.com/Valeriia Miller

Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Food Additives and Contaminants tahun 2003 menemukan bahwa kandungan kafein yang ada dalam kopi maupun teh bisa membantu mengembalikan suasana hati saat stres. 

Selain itu, kandungan lain pada minuman ini juga mampu untuk menstimulasi saraf, sehingga aliran darah yang menuju otak dan ke seluruh bagian tubuh akan lancar. Hal tersebut yang akan berdampak pada mood yang lebih baik.

4. Mandi

5 Cara Mudah Memperbaiki Suasana Hati akibat Stres Kerjapexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Agar suasana hatimu kembali lagi setelah mengalami stres, cobalah untuk mandi dengan air hangat. Menurut sebuah laporan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine tahun 2018, mandi air hangat bisa membantu otak merangsang produksi oksitosin. Hormon tersebut berfungsi untuk melawan hormon kortisol penyebab stres.

5. Bermain dengan hewan peliharaan

5 Cara Mudah Memperbaiki Suasana Hati akibat Stres Kerjaunsplash.com/Velizar Ivanov

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan dari Washington State University, AS, yang dimuat dalam jurnal AERA Open tahun 2019, bermain dengan hewan peliharaan selama 10 menit dapat membantu mengembalikan suasana hati serta mengurangi efek stres.

Perasaan senang dan nyaman itulah yang akan meluruhkan hormon stres dalam tubuh kita. Hewan peliharaan seperti kucing maupun anjing dapat membantu mengembalikan suasana hati seperti sedia kala.

Itulah cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan suasana hati akibat stres kerja atau stres pada umumnya. Yuk, belajar untuk mengelola kesehatan mental dengan lebih baik karena pada dasarnya kondisi mental yang baik akan berdampak baik pula pada tubuh kita secara keseluruhan.

Baca Juga: 8 Gejala Kesehatan di Tubuh Ini Ternyata Tanda Kamu Stres

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya