Comscore Tracker

5 Tips Tajamkan Ingatan buat Kamu yang Mempunyai Sifat Pelupa

Bisa mempertajam daya ingat, ayo jangan malas!

Mempunyai sifat pelupa pastinya merupakan suatu permasalahan sendiri bagi seseorang. Hal ini dapat menghambat aktivitas hingga produktivitas kamu. Bagi kamu yang merasa mempunyai sifat pelupa, ternyata ada beberapa hal yang dapat membantu aktivitasmu agar lancar.

Berikut 5 tips untuk membantu aktivitasmu jika kamu merupakan seorang pelupa. 

1. Rutin berolahraga

5 Tips Tajamkan Ingatan buat Kamu yang Mempunyai Sifat Pelupafreepik.com/pressfoto

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk otak. Hal ini dapat mempertajam daya ingatmu. Kamu dapat melakukan jogging, berenang, sit up, ataupun aktivitas olahraga lainnya. Departemen Kesehatan Amerika Serikat merekomendasikan untuk berolahraga sekitar 75 menit per minggu demi daya ingat yang optimal.

2. Hindari stres dan depresi

5 Tips Tajamkan Ingatan buat Kamu yang Mempunyai Sifat Pelupafreepik.com/yanalya

Stres dan deperesi dapat mengganggu daya ingat seseorang menurut Mayoclinic yang berpusat di New York. Hindari untuk mempermasalahkan masalah-masalah kecil. Lebih baik kamu fokus terhadap apa yang kamu suka dan minati. 

Baca Juga: 10 Aktivitas Ini Bisa Merusak Otakmu dan Membuatmu Jadi Pelupa

3. Tidur yang cukup

5 Tips Tajamkan Ingatan buat Kamu yang Mempunyai Sifat Pelupacdn.psychologytoday.com

Bagi kamu yang suka begadang, pastikan tidur kamu cukup ya. Biasanya seseorang mempunyai waktu tidur yang cukup jika tidur selama 7-8 jam. Memiliki waktu tidur yang cukup dapat membantu otakmu memulihkan daya ingatan. 

4. Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat

5 Tips Tajamkan Ingatan buat Kamu yang Mempunyai Sifat PelupaRendang burger di Little Garden - IDN Times/Rijalu Ahimsa

Nutrisi makanan ternyata dapat mempengaruhi memori kita. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan memory loss. Pastinya hal ini dapat merugikan bagi kamu. Kamu juga lebih baik mengonsumsi makanan atau minuman yang mempunyai kandungan kalori yang rendah. 

5. Gunakan alat bantu

5 Tips Tajamkan Ingatan buat Kamu yang Mempunyai Sifat Pelupafreepik.com/rawpixels.com

Langkah terakhir untuk menghilangkan sifat pelupamu ialah dengan menggunakan alat bantu. Mungkin kamu dapat menempelkan notes di tembok atau memasang aplikasi pengingat di gadget kamu. Hal ini dapat membantu mengingat aktivitasmu secara efektif. Jangan lupa untuk sering follow up jadwal yang telah kamu buat. 

Nah, itu dia 5 tips buat kamu yang mempunyai sifat pelupa. Kamu dapat menerapkannya dengan mudah dalam keseharian. Selamat mencoba.

Baca Juga: 7 Aplikasi Terbaik untuk Membantu Orang yang Pelupa, Install Aja lah!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya