Comscore Tracker

Jarang Diketahui, Ini 5 Hal yang Bikin Tidur Jadi Tidak Berkualitas  

Tidur itu penting untuk mengistirahatkan tenaga dan pikiran

Tidur merupakan cara untuk mengistirahatkan pikiran dan tenaga yang sehari-harinya dipakai untuk beraktivitas. Dengan tidur, tubuh akan kembali fit saat bangun pada pagi harinya.

Tidur tidak hanya sekadar tidur. Kualitasnya harus diperhatikan. Durasi normal tidur malam, tidur tanpa terbangun tengah malam atau dini hari, hingga kenyamanan di pagi hari merupakan ciri-ciri tidur yang berkualitas.

Sayangnya, masih banyak yang belum tahu dan mengabaikan hal-hal penting untuk bisa tidur pulas dan berkualitas. Tanpa disadari, hal-hal itu lama-lama jadi kebiasaan. Untuk menghindarinya, yuk, ketahui lima hal yang bisa bikin tidur kamu jadi nggak lelap!

1. Menaruh handphone di dekat tempat kamu tidur

Jarang Diketahui, Ini 5 Hal yang Bikin Tidur Jadi Tidak Berkualitas  pexels.com/Ketut Subiyanto

Kebiasaan ini dilakukan banyak orang, nih! Sebaiknya hentikan, meski alasannya adalah untuk memasang alarm pada pagi hari. Handphone dan perangkat elektronik lainnya yang menyala, seperti laptop atau tablet, malah akan bikin susah tidur.

Pasalnya, kamu akan terus memandangi handphone untuk sekadar browsing, cek media sosial, atau melihat notifikasi yang masuk. Ini jadi menunda waktu tidur dan secara tidak sadar mengurangi durasi jam tidur.

Diungkapkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) seperti dilansir di laman verywellhealth.com, perangkat elektronik seperti handphone memancarkan radiasi elektromagnetik yang dapat mengganggu kesehatan, seperti gangguan sel otak yang dapat menyebabkan tumor dan kanker.

2. Membiarkan televisi menyala 

Jarang Diketahui, Ini 5 Hal yang Bikin Tidur Jadi Tidak Berkualitas  unsplash.com/Aleks Dorohovich

Banyak yang mengira kalau membiarkan televisi yang menyala, lama-lama akan bikin mengantuk dan tidur pulas. Nyatanya nggak begitu!

Mengutip dari laman health.com, sebuah studi menyebut bahwa membiarkan televisi menyala ketika tidur akan menambah risiko kenaikan berat badan berlebih. Selain itu, televisi yang terus menyala juga berpotensi mengurangi durasi jam tidur.

Memang banyak tayangan menarik dan bikin penasaran yang biasa ditonton sebelum tidur. Namun, jangan sampai kamu mengabaikan waktu istirahat. Kalau sudah waktunya tidur, jangan biarkan televisi terus menyala. Lebih baik matikan saja.

Baca Juga: 7 Manfaat Penting Tanaman Marjoram, Bisa Bikin Tidur Nyenyak Loh!

3. Makan terlalu banyak sebelum tidur 

Jarang Diketahui, Ini 5 Hal yang Bikin Tidur Jadi Tidak Berkualitas  unsplash.com/Jarritos Mexican Soda

Terkadang ada hal-hal yang mengganggu saat mau tidur, misalnya khawatir tidak bisa tidur karena kelaparan. Alhasil, kamu makan sampai puas sebelum tidur.

Sayangnya, itu hanya akan menambah gangguan tidur. Ada baiknya rasa lapar sebelum tidur diatasi dengan makan camilan sehat secukupnya, bukan malah makan makanan besar sampai kenyang.

Jika kamu makan terlalu banyak sebelum tidur, itu hanya akan mengganggu sistem metabolisme dan pencernaan dalam tubuh. Bila itu terjadi, kualitas tidur jadi terganggu.

Selain itu, dilansir dari healthline.com, ada beberapa studi yang menunjukkan bahwa orang-orang yang makan sebelum tidur lebih mungkin mengalami kenaikan berat badan. Alasannya, karena makanan yang dikonsumsi merupakan makanan berat, yang berarti asupan ekstra kalori.

4. Suasana kamar tidur yang sepi 

Jarang Diketahui, Ini 5 Hal yang Bikin Tidur Jadi Tidak Berkualitas  pexels.com/Ivan Oboleninov

Lho, bukannya lingkungan yang sunyi bisa bikin tidur pulas?

Untuk kenyamanan tidur, dibutuhkan suasana yang jauh dari kebisingan atau gangguan suara. Suasana yang sunyi dan sepi umumnya merupakan kondisi yang memungkinkan seseorang bisa tidur lelap.

Namun, nyatanya suasana tidur seperti itu tak selalu nyaman. Dikutip dari laman thesleepdoctor.com, Michael J Breus, PhD, mengungkapkan, justru suasana yang sunyi malah membuat pendengaran semakin sensitif.

Suara sekecil apa pun akan menimbulkan rasa penasaran, hingga akhirnya timbul kewaspadaan. Jadi, suasana tidur yang terlalu sunyi bukanlah cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Ada kalanya diperlukan kondisi sekitar yang tenang, bukan sunyi senyap.

5. Tidak mengganti bantal selama bertahun-tahun

Jarang Diketahui, Ini 5 Hal yang Bikin Tidur Jadi Tidak Berkualitas  unsplash.com/Dan Farrell

Sudah berapa lama kamu tidak mengganti bantal tidur? Dikutip dari laman nbcnews.com, The National Sleep Foundation menyebutkan bahwa bantal sangat memengaruhi kualitas tidur. Rekomendasinya adalah mengganti bantal setidaknya satu atau dua tahun sekali.

Pasalnya, bantal tidur kamu setidaknya menyerap minyak tubuh, sel-sel kulit mati, serta rambut. Itulah yang memicu tungau debu dan bersarang di bantal yang sudah bertahun-tahun tidak diganti.

Nah, coba cek lagi mana kebiasaan di atas yang masih sering kamu lakukan, lalu segera hentikan dan perbaiki. Bila kualitas tidur terjaga, saat bangun pagi kamu akan merasa segar dan siap menjalani hari dengan maksimal!

Baca Juga: 7 Gangguan Tidur yang Sering Diabaikan, Pernah Mengalami? 

Hape Kentang Photo Verified Writer Hape Kentang

pecinta kopi panas dan es teh manis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya