Comscore Tracker

10 Kondisi Kesehatan Ini Terlihat Serupa, Tapi Tak Sama

Pilek dan flu ternyata beda, lho

Hari Kesehatan Dunia jatuh pada tanggal 7 April yang lalu. Sesuai dengan jargonnya "Health for all - everyone, everywhere", edukasi yang benar mengenai kesehatan pun berhak didapatkan oleh masyarakat luas. Selama ini, banyak yang keliru mengenai beberapa kondisi kesehatan karena istilahnya mirip atau gejala penyakitnya serupa, padahal penting bagi kita untuk mengetahui informasi yang benar mengenai kondisi kesehatan tersebut. Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan yang serupa, tapi tidak sama.

1. Tumor vs kanker

10 Kondisi Kesehatan Ini Terlihat Serupa, Tapi Tak SamaFreepik/freepik

Tidak semua tumor adalah kanker, tapi semua kanker adalah tumor. Tumor adalah kondisi di mana pertumbuhan sel di dalam tubuh terjadi secara abnormal. Tumor dibagi menjadi dua, yaitu tumor jinak dan tumor ganas (kanker). Tumor jinak ini tidak dapat menyebar ke organ tubuh yang lain, sedangkan kanker dapat menyebar melalui sistem peredaran darah atau limfa dan menyerang sel tubuh yang sehat.

2. Berat badan berlebih vs obesitas

10 Kondisi Kesehatan Ini Terlihat Serupa, Tapi Tak SamaFreepik/rawpixel.com

Walaupun penyebab keduanya kurang lebih sama, obesitas bisa dikatakan beda dari kelebihan berat badan. Berat badan berlebih pada orang dewasa dapat diindikasikan dengan nilai Indeks Massa Tubuh (IMT) lebih dari atau sama dengan 25,0 hingga kurang dari 27,0; sedangkan pada obesitas nilai IMT lebih dari atau sama dengan 27,0. Jika kamu ingin tahu nilai IMT-mu berapa, kamu bisa menghitungnya sendiri dengan kalkulator IMT yang tersedia online.

3. Demam dengue vs demam berdarah dengue (DBD)

10 Kondisi Kesehatan Ini Terlihat Serupa, Tapi Tak SamaFreepik/jcomp

Ada tidaknya kata "berdarah" merupakan kunci perbedaan kedua penyakit ini. Pada DBD, gejala seperti nyeri anggota tubuh dan demam juga terjadi seperti demam dengue, namun gejala-gejala tersebut disertai dengan adanya pendarahan pada gusi dan/atau hidung, bercak kemerahan pada kulit, muntah darah, dan/atau darah pada feses. Demam dengue biasanya tidak bersifat fatal, sedangkan DBD bisa berakibat kematian.

Baca Juga: Waspada! 8 Gangguan Kesehatan Ini Rentan Menyerang Millennials Lho

4. Tifus vs tifoid

10 Kondisi Kesehatan Ini Terlihat Serupa, Tapi Tak SamaFreepik/freepik

Meskipun memiliki nama yang mirip, nyatanya kedua penyakit ini memiliki perbedaan yang signifikan. Tifus disebabkan oleh infeksi bakteri Rickettsia typhi atau Rickettsia prowazekii, sedangkan tifoid disebabkan oleh Salmonella Typhi. Tifus menyebar melalui kutu, sedangkan tifoid melalui makanan yang kurang higienis. Kamu harus tahu fakta menarik ini: yang banyak terjadi di Indonesia adalah tifoid, bukan tifus!

5. Pilek vs flu

10 Kondisi Kesehatan Ini Terlihat Serupa, Tapi Tak SamaFreepik/freepik

Kedua penyakit yang sama-sama menyerang saluran pernapasan ini nyatanya disebabkan oleh virus yang berbeda-beda, bahkan untuk pilek saja penyebabnya bisa lebih dari 200 jenis virus berbeda! Penyebab pilek paling umum adalah Rhinovirus, sedangkan pada flu terbagi menjadi dua: influenza A dan B. Hidung tersumbat, bersin, dan sakit tenggorokan bisa terjadi pada kedua penyakit ini (pada pilek lebih sering), namun gejala yang paling menunjukkan flu adalah sakit kepala, nyeri badan, demam, dan rasa lelah yang luar biasa.

Nah, sekarang kamu sudah tahu 'kan, perbedaan kesepuluh kondisi kesehatan di atas? Jangan keliru lagi, ya. Jangan lupa juga untuk selalu jaga kesehatan!

Baca Juga: 5 Gangguan Kesehatan Khas Orang Tua yang Banyak Dialami Millennials

Arifa H. Photo Community Writer Arifa H.

Dreaming with eyes open

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

24
MEI
2019
19 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 24 May 2019 14:15:05

Progress: 771.177 dari 813.350 TPS (94.81490%)

Just For You