Comscore Tracker

Awas! 6 Makanan Ini Bisa Berbahaya Jika Dikonsumsi sebelum Dimasak

Salah satunya adalah sayur taoge

Siapa yang suka makan makanan mentah? Nggak semua bahan makanan bisa dikonsumsi mentah, lo! Berkembangnya pola kreativitas manusia turut memengaruhi penyajian makanan. Banyak makanan yang disajikan dalam kondisi terlalu matang, setengah matang, bahkan dalam keadaan mentah.

Alam menyajikan berbagai macam bahan makanan yang kaya akan nutrisi dan kenikmatan jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Meski demikian, tidak semua makanan dapat diperlakukan sama.

Ada beberapa bahan makanan yang bisa menjadi berbahaya apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah. Nutrisi yang awalnya sangat baik bagi tubuh bisa menjadi racun ketika kita salah dalam mengolah maupun mengonsumsinya.

Biar tidak keliru, berikut adalah enam jenis bahan makanan yang bisa berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah. Yuk, simak biar tidak salah kaprah! 

1. Kentang 

Awas! 6 Makanan Ini Bisa Berbahaya Jika Dikonsumsi sebelum Dimasakilustrasi kentang (pexels.com/Pixabay)

Salah satu jenis makanan yang paling sering kita temui baik dalam bentuk umbi maupun olahannya adalah kentang. Meski begitu, memakan kentang yang belum dimasak akan terasa langu juga bertekstur keras.

Tak hanya cita rasa, mengonsumsi kentang mentah ternyata juga bisa berbahaya buat tubuh. Kentang mentah mengandung glikoalkaloid yang dapat menyebabkan keracunan ketika dikonsumsi dalam jumlah banyak. 

Ketika terpapar matahari, kentang menghasilkan pigmen hijau yang dapat mengubah warna kentang menjadi hijau. Mengonsumsi kentang hijau dalam keadaan mentah dapat menimbulkan gatal-gatal dan gangguan pencernaan. Selain itu, kita juga bisa mengalami perut begah dan kembung karena kandungan pati resistan yang sulit dicerna oleh lambung. Jadi, supaya ini tidak terjadi, masak kentang terlebih dulu, ya!

2. Kacang merah

Awas! 6 Makanan Ini Bisa Berbahaya Jika Dikonsumsi sebelum Dimasakilustrasi kacang merah (pexels.com/icon0.com)

Salah satu makanan yang kaya akan protein nabati adalah kacang merah. Tak hanya itu, kacang merah juga kaya akan serat dan antioksidan yang tinggi.

Meski begitu, mengonsumsi kacang merah dalam keadaan mentah bisa mengganggu kesehatan. Dalam keadaan mentah, kacang merah mengandung racun phythomegglutinin yang bisa menyebabkan keracunan. Jadi, supaya nutrisinya tetap sampai dengan baik, jangan lupa diolah dulu, ya!

3. Telur 

Awas! 6 Makanan Ini Bisa Berbahaya Jika Dikonsumsi sebelum Dimasakilustrasi telur (pexels.com/Pixabay)

Mungkin kamu pernah melihat orang mengonsumsi telur mentah. Meski dipercaya memiliki khasiat, tetapi telur mentah juga bisa memberikan efek negatif bagi tubuh. 

Telur mengandung vitamin, protein, mineral, dan antioksidan yang jika dikonsumsi dalam keadaan mentah kadarnya menjadi lebih tinggi. Selain itu, protein baik telur juga tidak bisa diserap lebih maksimal oleh tubuh apabila dimakan mentah.

Telur mentah juga mungkin mengandung bakteri salmonela yang bisa menyebabkan infeksi. Efek negatif lainnya bisa berupa gangguan penyerapan vitamin B7 yang berguna untuk mencerna gula dalam darah dan metabolisme tubuh. Rugi, kan, kalau sampai nutrisi yang seharusnya kita terima berkurang?

Baca Juga: Mau Badan Berisi? Ini 19 Makanan dan Minuman yang Harus Kamu Lahap

4. Madu 

Awas! 6 Makanan Ini Bisa Berbahaya Jika Dikonsumsi sebelum Dimasakilustrasi madu (pexels.com/Pixabay)

Meskipun menawarkan berbagai khasiat yang tidak didapat dari madu biasa, tetapi mengonsumsi madu mentah juga bisa mengganggu kesehatan.

Madu mentah dapat menyebabkan botulisme, alergi, dan keracunan. Botulisme merupakan kondisi keracunan serius yang disebabkan oleh racun dari bakteri Clostridium botulinum. Sementara itu, alergi bisa terjadi karena madu mentah masih mengandung serbuk sari asli.

5. Taoge

Awas! 6 Makanan Ini Bisa Berbahaya Jika Dikonsumsi sebelum Dimasakilustrasi taoge (unsplash.com/Milada Vigerova)

Taoge merupakan jenis sayuran yang cukup sering dimakan mentah. Akan tetapi, sebetulnya ini tidak dianjurkan. Cara hidup taoge yang tumbuh di tempat lembap membuatnya menjadi sarang ideal bagi bakteri untuk tumbuh.

Beberapa jenis bakteri yang bisa hinggap dalam taoge adalah salmonela, listeria, dan E coli. Bakteri-bakteri tersebut dapat mengakibatkan diare, demam, hingga sakit kepala. Untuk menghindari efek negatifnya, taoge yang kamu beli dimasak dulu, ya!

6. Susu 

Awas! 6 Makanan Ini Bisa Berbahaya Jika Dikonsumsi sebelum Dimasakilustrasi susu dan keju (freepik.com/Racool_studio)

Banyak yang percaya bahwa susu sapi murni mentah memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi dibanding yang sudah diolah. Meskipun demikian, kandungan nutrisi dan air yang tinggi dalam susu murni mentah membuatnya jadi tempat ideal bagi bakteri untuk tumbuh.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), dari tahun 1993 hingga 2012, ada 127 wabah yang terkait dengan susu mentah yang mengakibatkan 1.909 penyakit dan 144 rawat inap.

Faktanya susu murni mentah mungkin mengandung bakteri E. coli, salmonela, dan listeria. Bakteri-bakteri tersebut juga mungkin didapat saat proses pemerahan, yang mana bakteri berasal dari kulit, peralatan perah, maupun tempat penyimpanan susu.

Itulah enam bahan makanan yang bisa berbahaya bila dikonsumsi sebelum dimasak. Untuk mencegahnya, diolah dulu, ya, agar aman dan hanya manfaatnya saja yang kita dapat!

Baca Juga: Pilih-pilih Makanan? 6 Fakta Kamu Seorang Supertaster

Armita Dewi Cahyanti Photo Verified Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya