Comscore Tracker

Sering Diabaikan, Ini 8 Manfaat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatan

Gah hanya tampak cantik dan jadi hiasan pekaranganmu

Daun tapak dara atau yang memiliki nama ilmiah Cathranthus roseus ini merupakan tanaman yang berasal dari Madgaskar. Tanaman ini bisa kita temui di pekarangan rumah dan seringkali dijadikan tanaman hias. Tanaman tapak dara juga memiliki bunga dengan warna yang indah, ada yang berwarna putih, pink dan ada yang ungu.

Tak banyak yang tahu kalau tanaman ini bisa dijadikan salah satu bahan alami untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Tanaman ini memiliki beberapa kandungan seperti vincamine, locherine, alkaloid, viblastime, locherine, vindolinine, akuammine dan masih banyak lainnya.

Nah, berikut adalah 8 fakta bunga tapak dara yang bermanfaat bagi kesehatan. Yuk, simak!

1. Menurunkan demam

Sering Diabaikan, Ini 8 Manfaat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatanmedicalnewstoday.com

Tak hanya balita atau anak-anak, penyakit demam juga bisa menyerang orang dewasa saat imunnya menurun. Salah satu cara untuk mengatasi penyakit demam secara alami adalah dengan mengonsumsi teh daun tapak dara.

Meski terdengar sepele, penyakit demam dapat berakibat fatal juga bagi kesehatan, lho! Demam tinggi jika tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat, tentunya dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih serius.

2. Mengobati luka dan menghentikan pendarahan

Sering Diabaikan, Ini 8 Manfaat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatanmultiplesclerosisnewstoday.com

Banyak aktivitas sehari-hari yang rawan menimbulkan luka, seperti terkena knalpot, setrika, kompor, maupun api. Salah satu cara alami yang dapat kalian lakukan untuk mengobati luka dan menghentikan pendarahan adalah dengan menggunakan daun tapak dara.

Caranya mudah, rebus daun tapak dara dan buat ekstraknya, setelahnya ambil kain yang sudah disterilkan kemudian celupkan pada ekstrak tapak dara. Kemudian, letakkan di atas luka kalian. Mudah bukan?

Baca Juga: 6 Manfaat Kulit Manggis untuk Kecantikan, Bikin Wajah Makin Glowing

3. Mencegah kanker darah

Sering Diabaikan, Ini 8 Manfaat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatanhealthline.com

Salah satu jenis penyakit mematikan adalah penyakit kanker darah. Penyakit ini patut kita waspadai supaya tidak tumbuh dan berkembang dalam tubuh. Untuk mencegahnya, selain dengan menerapkan gaya hidup sehat, juga dengan mengonsumsi secara rutin air rebusan daun tapak dara.

Ketika diminum sebagai teh, tanaman tapak dara membantu mencegah penyebaran sel kanker ke seluruh tubuh. Mencegah lebih baik dari mengobati bukan? 

4. Menurunkan kadar gula darah

Sering Diabaikan, Ini 8 Manfaat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatanmedicalnewstoday.com

Salah satu jenis penyakit yang rentan menyerang kesehatan kita adalah diabetes. Penyakit diabetes sendiri terbagi menjadi dua, diabetes kering dan basah. Penyakit ini termasuk penyakit yang berbahaya karena menggerogoti sel tubuh secara perlahan-lahan.

Tapak dara sering dijadikan sebagai obat tradisional diabetes di beberapa negara seperti Filipina dan Cina. Untuk pencegahannya, kalian bisa mengonsumsi secara rutin air rebusan daun tapak dara.

Tentunya, air rebusan ini dapat membantu mengelola kadar insulin dalam tubuh dan meminimalkan tekanan darah tinggi.

5. Mencegah stres

Sering Diabaikan, Ini 8 Manfaat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatanpexels/pixabay

Salah satu jenis penyakit yang rentan terhadap kita adalah stres. Seringkali kita mengalami galau dan penat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Tentunya, stres yang tak berkesudahan tak hanya berakibat pada psikis kita melainkan juga akan mengganggu kesehatan fisik kita.

Selain dengan memperbaiki pola pikir dan gaya hidup, kalian bisa menggunakan teh tapak dara sebagai sebagai salah satu pereda stres. Daun ini membantu untuk meningkatkan sirkulasi dan menurunkan tingkat tekanan darah.

Tentunya, memiliki pikiran tenang dan rileks akan membuat hidup lebih berwarna dan bersemangat menyambut aktivitas tiap hari.

6. Mencegah insomnia

Sering Diabaikan, Ini 8 Manfaat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatanpexels/pixabay

Salah satu jenis gangguan kesehatan yang hampir dialami generasi millennials adalah insomnia. Tentunya bermain gadget yang berlebihan, dan pola pikir yang tidak sehat menjadi salah satu pemicunya.

Untuk mengobatinya, kalian bisa melakukan dengan mengonsumsi teh daun tapak dara. Di dalam daun tapak dara terdapat zat yang mampu menenangkan saraf otak sehingga menjadikan tidur kalian lebih berkualitas.

7. Mengatasi batuk pilek

Sering Diabaikan, Ini 8 Manfaat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatanpexels/Public Domain Pictures

Memiliki imun yang tidak cukup kuat, seringkali membuat kita rentan terhadap penyakit. Salah satu jenis penyakit yang mudah menghampiri adalah batuk dan pilek.

Tapak dara bisa menjadi solusi bagi kalian untuk menyembuhkan batuk pilek secara alami. Caranya mudah, cukup keringkan dan jadikan teh, kamu bisa mengonsumsinya secara teratur.

8. Menjaga kesehatan otak

Sering Diabaikan, Ini 8 Manfaat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatanheartandmountain.com

Memiliki daya ingat yang baik tentunya menjadi keinginan semua orang. Dengan daya ingat yang baik sangatlah membantu dalam aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Salah satu manfaat dari tanaman tapak dara adalah membantu menyehatkan otak.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam tanaman ini membantu memfasilitasi suplai darah ke otak. Selain itu, juga meningkatkan tingkat oksigen dan kadar glukosa yang dibutuhkan untuk fungsi otak yang sehat. Wah, banyak ya manfaatnya!

Nah, itulah 8 manfaat tanaman tapak dara bagi kesehatan. Yuk, segera tanam tapak dara! Banyak manfaatnya, lho! 

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Kesehatan dari Jamur Enoki, Gak Banyak Orang Tahu!

Armita Dewi Cahyanti Photo Verified Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You