Comscore Tracker

Gak Baik, Ini 5 Penyebab Membuatmu Sering Terbangun di Malam Hari! 

Yuk, coba solusinya untuk dapatkan tidur yang berkualitas! 

Banyak dari kalian yang mengalami momen di mana terbangun di tengah malam. Tentunya hal ini sangat tidak mengenakkan. Tentunya, tubuh kita perlu mendapatkan tidur yang berkualitas supaya badan tetap sehat. Dan terbangun saat malam hari bisa membuat kita gagal untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Ada beberapa hal-hal yang bisa menjadi penyebab mengapa kalian tiba-tiba terbangun di tengah malam. Nah, berikut adalah lima alasan yang membuatmu sering terbangun saat tidur di malam hari. Yuk, simak! 

1. Gelisah

Gak Baik, Ini 5 Penyebab Membuatmu Sering Terbangun di Malam Hari! pexels/Ivan Oboleninov

Salah satu penyebab mengapa kalian terbangun di malam hari adalah adanya rasa cemas dan gelisah pada diri kalian. Tentunya hal ini akan berdampak pada kualitas tidur kalian. Untuk solusinya cobalah untuk mengabaikan sejenak segala sesuatu yang dapat menambah beban pikiran kalian. Lakukan kegitan-kegiatan kecil seperti tidak menggunakan handphone sebelum tidur, membaca buku maupun melakukan meditasi. 

2. Pengaruh lingkungan sekitar

Gak Baik, Ini 5 Penyebab Membuatmu Sering Terbangun di Malam Hari! pexels/pixabay

Lingkungan yang ada di sekitar kalian juga dapat mempengaruhi kualitas tidur kalian, lho! Seperti adanya suara atau dentuman musik yang keras ataupun kampu kamar yang menyala dengan terlalu terang bisa membuat kalian menjadi sering terbangun saat tidur.

Nah, solusinya sebelum tidur persiapkan dan tempatkan diri kalian dengan baik ya. Misal dengan memakai penutup telinga untuk yang tidak tahan suara maupun mematikan atau mengganti daya lampu dengan yang lebih kecil untuk yang tidak tahan cahaya yang terlalu terang. 

Baca Juga: Berkeringat Ketika Tidur? Hati-hati Penyakit Kronis

3. Terlalu banyak minum sebelum tidur

Gak Baik, Ini 5 Penyebab Membuatmu Sering Terbangun di Malam Hari! pexels/Daria Shevtsova

Meski minum sebelum tidur sangat dibutuhkan untuk menjaga tubuh dari dehidrasi, tetapi minum terlalu banyak saat sebelum tidur bisa membuat kalian bangun tengah malam untuk buang air kecil, lho. Solusinya, cukup minum 1 hingga 2 gelas sebelum tidur. Tujuannya, supaya mulut kalian tidak terasa kering dan mencegah dehidrasi. 

4. Stress

Gak Baik, Ini 5 Penyebab Membuatmu Sering Terbangun di Malam Hari! pexels/Juan Pablo Arenas

Rasa stress yang kamu alami saat menjalani rutinitas harian dapat memicu rasa cemas dan gelisah dalam diri. Tentunya, secara tidak langsung akan membuat kalian menjadi sulit untuk mendapatkan tidur yang tenang. Akibatnya, kalian menjadi sering terbangun.

Untuk menanganinya, cobalah sesaat sebelum tidur untuk meluangkan waktu untuk relaksasi sejenak. Seperti dengan menonton TV, membaca buku, mendengarkan lagu atau aktivitas lain yang dapat membantu kalian menghilangkan tekanan yang ada dalam diri. 

5. Tubuh terlalu lelah

Gak Baik, Ini 5 Penyebab Membuatmu Sering Terbangun di Malam Hari! pexels/Craig Adderley

Tidur adalah waktu yang sangat dinanti ketika dihadapkan dengan aktivitas yang padat seharian dengan harapan dapat mengganti energi yang terkuras seharian. Nyatanya, beberapa orang justru mengalami keadaan yang sulit tidur ketika terlalu lelah. Hal ini dikarenakan padatnya rutinitas yang dilakukan di pagi dan siang hari bisa saja membuat kalian merasa tertekan. Akibatnya kalian sulit untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. 

Nah, itulah lima penyebab yang membuat kalian terbangun saat tidur di malam hari. Yuk, coba solusinya biar bisa dapatkan tidur yang berkualitas! 

Baca Juga: Sering Kekurangan Tidur? Ini 10 Efek Buruknya bagi Kesehatan Tubuhmu

Armita Dewi Cahyanti Photo Verified Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You