Comscore Tracker

5 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari saat Haid, Perempuan Wajib Tahu

Bisa membuat gejala menstruasi lebih parah 

Permasalahan fisik dan emosional merupakan gejala yang akrab bagi perempuan ketika haid atau menstruasi tiba. Berbagai cara pun dilakukan guna meminimalisasi keadaan tersebut. Apalagi siklus ini datang setiap bulan sehingga sering kali membuat aktivitas terganggu.

Membatasi beberapa jenis makanan menjadi hal penting bagi perempuan untuk menekan efek yang ditimbulkan pada masa tersebut. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah lima makanan yang sebaiknya dihindari ketika menstruasi. Simak baik-baik, ya!

1. Makanan olahan biji-bijian 

5 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari saat Haid, Perempuan Wajib Tahuilustrasi makanan olahan biji-bijian (unsplash.com/Yeh Xintong)

University of Maryland Medical Center merekomendasikan untuk membatasi makanan olahan biji-bijian seperti roti, kue, pasta, dan sejenisnya. Bukan dilarang, tapi lebih baik jika kamu menghindarinya selama menstruasi.

Pasalnya makanan tersebut bisa mempengaruhi gula darah dan memperburuk rasa nyeri saat menstruasi. Terlebih lagi, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam biji-bijian banyak yang hilang selama proses pembuatan makanan.

2. Makanan berlemak 

5 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari saat Haid, Perempuan Wajib Tahuilustrasi makanan berlemak (unsplash.com/Loija Nguyen)

Daging dan susu memang akan menggoda selera makan seseorang. Namun perempuan haid sebaiknya menghindari kedua makanan tersebut. Kandungan lemak jenuh yang terdapat di dalamnya bisa memperburuk rasa sakit dan peradangan selama menstruasi.

Bila ingin memakan daging, usahakan mencari yang rendah lemak. Para perempuan lebih baik beralih ke makanan dengan kandungan protein. Hal itu dapat membantu mengurangi rasa sakit yang dirasakan.

Baca Juga: Haid Tidak Teratur, Sudah Coba 7 Pelancar Haid Alami Ini?

3. Makanan dengan kadar gula tinggi 

5 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari saat Haid, Perempuan Wajib Tahuilustrasi soft drink (unsplash.com/akyurt engine)

Menstruasi menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh tidak stabil. Makanya, konsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan bisa membuat gula darah semakin meningkat.

Jenis makanan ini memang sering kali menjadi comfort food bagi perempuan yang sedang haid. Namun, mereka bisa memperburuk gejala yang kamu rasakan, seperti kembung dan kram perut. Jadi batasi konsumsi makanan seperti sereal, soft drink, es krim, dan lainnya.

4. Makanan tinggi garam 

5 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari saat Haid, Perempuan Wajib Tahuilustrasi makanan cepat saji (unsplash.com/Christopher Williams)

Makanan yang tinggi natrium atau garam bisa memperparah masalah kembung ketika menstruasi. Beberapa di antaranya yang harus diwaspadai adalah makanan cepat saji dan camilan ringan.

Sulit untuk mengetahui kandungan natrium di dalam makanan. Oleh karena itu, lebih baik mengolah makanan sendiri yang lebih sehat dan fresh selama menstruasi.

5. Minuman berkafein 

5 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari saat Haid, Perempuan Wajib Tahuilustrasi minuman berkafein (unsplash.com/Natalie Grainger)

Minuman berkafein bisa memberikan dampak menstruasi yang tidak teratur. Tidak hanya itu, zat itu juga memperburuk suasana hati, membuatmu sulit tidur, dan meningkatkan risiko nyeri ketika haid. Guna menghindari berbagai risiko tersebut, perempuan haid disarankan untuk membatasi asupan minuman energi, kopi, teh dan berbagai minuman ringan lain yang berkafein.

Gejala menstruasi merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, jangan diperparah dengan salah memilih makanan yang dikonsumsi. Hindari dulu kelima jenis makanan di atas, ya, Ladies.

Baca Juga: 7 Manfaat Penting Rumput Teki, Lancarkan Haid Hingga Kontrol Diabetes

Artha Pradhika Photo Verified Writer Artha Pradhika

Menulis hanya untuk menghabiskan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya