Comscore Tracker

10 Tanda yang Mengindikasi Kekurangan Zat Besi, Jangan Diabaikan Ya!

Coba cek apa kamu juga punya tanda-tanda ini?

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan oksigen agar proses metabolisme dapat berjalan dengan baik. Proses ini tentu tidak dapat berjalan tanpa hemoglobin. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang mengandung zat besi, berfungsi membawa oksigen ke jaringan tubuh. Kekurangan zat ini tentu bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk tetap menjaga agar tubuh tidak kekurangan zat besi ini. Berikut ini adalah beberapa tanda yang dapat mengindikasi kamu kekurangan zat besi. Kalau sudah begini, segera periksakan diri ke dokter ya!

1. Kamu merasa lelah dan lemah

10 Tanda yang Mengindikasi Kekurangan Zat Besi, Jangan Diabaikan Ya!expatlifeinthailand.com

Kelelahan mungkin merupakan gejala yang paling sering dikaitkan dengan kekurangan zat besi. Alasannya? Karena kurangnya oksigen yang mengalir ke seluruh tubuh. Ketika tubuh kekurangan zat besi maka lebih sedikit sel darah yang akan membawa oksigen ke organ-organ vital tubuh. Kekurangan oksigen inilah yang menyebabkan gejala seperti kelelahan, sakit kepala, dan lemah lunglai.

2. Sesak nafas

10 Tanda yang Mengindikasi Kekurangan Zat Besi, Jangan Diabaikan Ya!healthcentral.com

Akibat kurangnya oksigen yang tersalurkan ke seluruh tubuh tadi, membuat otot-otot tubuh tidak dapat menjalankan aktivitasnya secara normal. Hal ini berujung pada meningkatnya laju pernapasan yang menyebabkan sesak nafas. Ini bisa jadi tanda kamu kekurangan zat besi.

3. Tangan dan kaki dingin

10 Tanda yang Mengindikasi Kekurangan Zat Besi, Jangan Diabaikan Ya!bfohealth.com

Dikutip dari Mayo Clinic, kekurangan zat besi bisa saja tidak diketahui gejalanya. Namun, kalau hal tersebut semakin memburuk maka dapat muncul tanda-tanda yang menyertai. Salah satunya adalah tangan dan kaki yang selalu dingin.

4. Kulit menjadi pucat

10 Tanda yang Mengindikasi Kekurangan Zat Besi, Jangan Diabaikan Ya!cbsnews.com

Tubuh membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika terjadi kekurangan zat besi, kadar hemoglobin akan turun dan, akibatnya, kulit akan terlihat lebih pucat daripada biasanya. Tetapi kulit  bukan satu-satunya bagian tubuh yang dapat menjadi pucat. Pucat juga dapat muncul pada gusi, bagian dalam kelopak mata atau bibir, dan kuku.

Baca Juga: 5 Fungsi Rose Water untuk Kesehatan Kulit Wajah

5. Merasakan pusing

10 Tanda yang Mengindikasi Kekurangan Zat Besi, Jangan Diabaikan Ya!medicalnewstoday.com

Pusing memang biasa terjadi pada orang yang mengalami kekurangan zat besi. Pusing merupakan sinyal dari tubuh bahwa kamu perlu berbaring dan membiarkan oksigen lebih banyak masuk ke dalam tubuh dan otak.

6. Terjadi masalah dengan jantung

10 Tanda yang Mengindikasi Kekurangan Zat Besi, Jangan Diabaikan Ya!upi.com

Karena kehilangan zat besi mempengaruhi jumlah sel darah merah. Kekurangan ini dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh dan bisa menyebabkan jantung membesar. Bagi mereka yang sudah memiliki penyakit kardiovaskular, kadar zat besi yang rendah bisa menyebabkan stroke atau serangan jantung.

7. Lebih rentan terkena infeksi

10 Tanda yang Mengindikasi Kekurangan Zat Besi, Jangan Diabaikan Ya!express.co.uk

Zat besi sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh, sehingga kekurangan zat besi dapat menyebabkan peningkatan kerentanan terhadap infeksi. Ketika seseorang kekurangan zat besi, sel-sel darah putih juga tidak diproduksi. Hal ini yang membuat tubuh rentan terkena infeksi.

8. Lidah membengkak

10 Tanda yang Mengindikasi Kekurangan Zat Besi, Jangan Diabaikan Ya!cbsnews.com

The National Heart, Lung, and Blood Institute mengatakan lidah bengkak adalah salah satu tanda yang lebih umum dari kekurangan zat besi. Lidah akan menjadi lebih halus atau sakit akibat kadar mioglobin yang rendah. Selain itu, dalam kondisi ini, sariawan juga lebih mungkin terjadi.

9. Rambut rontok

10 Tanda yang Mengindikasi Kekurangan Zat Besi, Jangan Diabaikan Ya!today.com

Menurut pakar kesehatan School of Medicine, University of Texas, kekurangan zat besi dapat menyebabkan rambut kering dan rusak. Lebih parah, ketika folikel rambut tidak dapat cukup oksigen, maka bisa terjadi kerontokan dan rambut berhenti tumbuh hingga zat besi bisa tercukupi.

10. Perubahan bentuk kuku

10 Tanda yang Mengindikasi Kekurangan Zat Besi, Jangan Diabaikan Ya!everydayhealth.com

Meskipun gejala ini kurang umum, namun tetap bisa muncul khususnya pada defisiensi zat besi yang parah. Kondisi ini disebut koilonychia. Kondisi ini membuat kuku mudah rapuh dan pecah, hingga mengubah bentuk kuku seperti sendok.

Itulah beberapa tanda yang dapat mengindikasi kamu kekurangan zat besi. Coba deh kamu cek sekarang, jangan sampai kamu memiliki tanda-tanda di atas.

Baca Juga: 5 Manfaat Cacing Tanah untuk Kesehatan, Manfaatnya Luar Biasa!

Arya Sarimata Photo Verified Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming" -Dory-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya