Comscore Tracker

5 Tanda Nyata Kamu Alami Gangguan Tidur, Sadari dari Sekarang

Wah sering terjadi dalam keseharian, nih!

Tidur merupakan salah satu hal yang biasa kita lakukan sehari-hari. Pada dasarnya tidur sangatlah bermanfaat bagi tubuh. Ketika beraktivitas sehari-hari, tubuh akan lelah sehingga harus membutuhkan waktu istirahat yang cukup

Namun, tanpa kita sadari ada hal-hal yang bisa jadi tanda bahwa kita punya gangguan tidur, lho. Ini sering banget terjadi sebelum atau sesudah tidur itu sendiri. Apa saja tanda-tandanya? 

1. Mendengkur

5 Tanda Nyata Kamu Alami Gangguan Tidur, Sadari dari Sekarangmedicalnewstoday.com

Mendengkur merupakan salah satu kebiasaan yang dialami sebagian orang saat tertidur. Selain mengganggu, mendengkur bisa jadi tanda kamu punya gangguan serius lho, apalagi kalau mendengkur terjadi secara teratur dan keras. Beberapa studi telah mengaitkannya dengan peningkatan resiko penyakit jantung dan depresi.

Selain itu, beberapa orang yang mendengkur juga mengalami sleep apnea, yaitu kondisi dimana pernapasan sering berhenti selama tertidur. 

2. Rasa lelah ketika bangun tidur

5 Tanda Nyata Kamu Alami Gangguan Tidur, Sadari dari Sekarangthesleepdoctor.com

Rasa lelah ketika bangun tidur bisa jadi sering dialami oleh sebagaian besar orang. Tentunya hal ini kalau terjadi terus-menerus bisa berakibat buruk bagi kesehatanmu. Kelelahan saat bangun tidur bisa terjadi karena kamu kurang (begadang) atau berlebihan saat tidur.

Selain itu kamu juga bisa jadi sedang stress akan suatu hal sehingga hal itu berpengaruh tidurmu. Penyebab lainnya adalah, menderita anemia. Anemia menyebabkan kurangnya pasokan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh sehingga lebih mudah membuatmu lelah.

Sebaiknya, kamu buat jadwal tidur teratur setiap harinya dan berusahalah untuk tidur sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kualitas tidurmu

3. Rasa kantuk sepanjang hari

5 Tanda Nyata Kamu Alami Gangguan Tidur, Sadari dari Sekaranghindustantimes.com

Sebagian besar orang juga mengalami hal ini. Rasa kantuk berlebihan sepanjang hari. Kalau kamu sudah tidur 7-8 jam sehari namun masih tetap mengantuk, kemungkinan kamu mengalami gangguan seperti sleep apnea, sindron kaki gelisah atau narkolepsi.

Baca Juga: 7 Bahan Alami yang Ampuh untuk Atasi Gangguan Pernapasan

4. Berkurangnya konsentrasi

5 Tanda Nyata Kamu Alami Gangguan Tidur, Sadari dari Sekarangblog.fitwell.co

Kurang konsentrasi bisa disebabkan karena poin 1-3 yang dijelaskan diatas. Ketika kamu kurang tidur, kamu akan bangun dengan rasa lelah di pagi hari. Hal ini bisa menyebabkan berkurangnya konsentrasi saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Kalau masalah tidurmu tidak ditangani dengan baik, waspadalah terhadap penyakit lainnya yang bisa mengintaimu, seperti Alzheimer.

5. Susah tidur

5 Tanda Nyata Kamu Alami Gangguan Tidur, Sadari dari Sekarangbusinessinsider.sg

Susah tidur atau insomnia bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena kopi, makan banyak sebelum tidur, stress, obat-obatan dan defisiensi melantonin atau hormon penyebab kantuk. Masalah ini dialami hampir sebagian besar orang. Dan akan sangat mengganggu kalau hal ini tidak ditangani dengan baik.

Sebaiknya kalau mengalami hal ini terus-menerus, periksakan diri ke dokter dan minta penanganan. Untuk tips lainnya, cobalah mandi air hangat sebelum tidur.

Tidur yang tidak teratur tentu akan mengganggu kesehatan. Karena itu, apabila hal-hal di atas sering terjadi, maka segera periksakan diri ke dokter dan minta penanganan terbaik ya.

Baca Juga: Waspadai, Ini 7 Gangguan Kejiwaan yang Mengancam Pengguna Media Sosial

Arya Sarimata Photo Community Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming."- Dory

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You