6 Makanan yang Dianggap Tidak Sehat Ini Justru Baik untuk Jantung Lho!

Dari kopi hingga bir lho!

Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Tanpa jantung, tubuh tidak akan menerima nutrisi dan oksigen yang dibawa oleh darah. Oleh karena itu, kesehatan jantung sangat penting untuk dijaga.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang sehat.

Ada banyak jenis makanan sehat yang dianjurkan untuk kesehatan jantung. Namun, diantaranya juga ada makanan yang dianggap gak sehat untuk jantung tapi justru sehat. Wah, apa saja ya?

1. Kopi

6 Makanan yang Dianggap Tidak Sehat Ini Justru Baik untuk Jantung Lho!pexels.com/Kaboompics .com

Sebagian orang masih percaya bahwa minum kopi tidak baik bagi kesehatan jantung. Namun, penelitian berkata sebaliknya. Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa kopi dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah dan menurunkan peradangan.

Selain itu, kopi juga bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena diabetes, penyakit yang merupakan induk dari segala penyakit. Menurut penelitian, minum kopi empat gelas sehari membawa dampak yang baik bagi kesehatan jantung.

2. Telur

6 Makanan yang Dianggap Tidak Sehat Ini Justru Baik untuk Jantung Lho!pexels.com/Pixabay

Bagi penderita penyakit jantung, biasanya dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kuning telur karena memiliki kolesterol yang tinggi, maka hal tersebut tak sepenuhnya benar. Sebaliknya, banyak penelitian telah mengungkapkan bahwa telur tidak meningkatkan kolesterol buruk dalam darah.

Penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi tiga butir telur sehari akan meningkatkan HDL atau kolesterol baik. Selain itu, telur juga mengandung vitamin B dan vitamin D yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Selai kacang

6 Makanan yang Dianggap Tidak Sehat Ini Justru Baik untuk Jantung Lho!unsplash.com/Olia Nayda

Selai kacang biasanya dikaitkan sebagai makanan yang kurang sehat karena mengandung lemak tinggi. Padahal berdasarkan penelitian, lemak tinggi dalam selai kacang justru bermanfaat melindungi jantung, lho.

Selain itu, selai kacang juga bisa mengurangi rasa lapar karena lemaknya yang tinggi. Namun, memang dianjurkan agar mengonsumsi selai kacang dalam kadar yang sedang-sedang saja.

Baca Juga: Kenali 5 Jenis Kardiovaskuler, Penyakit Jantung yang Umum Terjadi

4. Cabai

6 Makanan yang Dianggap Tidak Sehat Ini Justru Baik untuk Jantung Lho!pexels.com/Artem Beliaikin

Cabai diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Senyawa capsaicin dalam cabai telah terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, cabai juga dapat memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar.

5. Cokelat hitam

6 Makanan yang Dianggap Tidak Sehat Ini Justru Baik untuk Jantung Lho!unspalsh.com/Charisse Kenion

Cokelat hitam sudah banyak direkomendasikan karena memiliki antioksidan yang tinggi. Selain antioksidan, senyawa flavanol dalam cokelat dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah pembekuan darah, lho.

Dianjurkan agar saat membeli cokelat, cari yang komposisinya mengandung 70% kakao.

6. Bir

6 Makanan yang Dianggap Tidak Sehat Ini Justru Baik untuk Jantung Lho!unsplash.com/Patrick Fore

Meskipun merupakan minuman beralkohol, namun nyatanya bir memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung lho.

Penelitian dari Department of Nutrition, Harvard of Public School mengungkapkan bahwa minum satu botol bir sehari dapat meningkatkan kesehatan jantung. Meski demikian, dianjurkan bahwa bir diminum dalam takaran sedang dan tidak lebih dari satu botol.

Nah, itulah beberapa makanan yang memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Namun, tetap diingat ya bahwa mengonsumsinya pun dalam kadar sedang dan tidak berlebihan. Karena pada dasarnya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Jantung yang Sering Berdebar, Jangan Khawatir Dulu!

Arya Sarimata Photo Community Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming."- Dory

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You