Comscore Tracker

Awas, Segera ke Dokter Kalau Kamu Merasakan 6 Macam Nyeri Perut Ini

Bisa jadi ada penyakit berbahaya lho

Bagi sebagian besar orang sakit perut adalah hal yang wajar. Paling banyak kita mengalami sakit perut karena salah makan atau terlambat makan. Namun, perlu kamu tahu bahwa ada beberapa macam sakit perut yang tidak boleh kamu sepelakan karena dapat mengindikasi kamu mengalami masalah kesehatan yang serius. 

Berikut adalah 5 macam sakit perut yang perlu kamu waspadai dan harus segera diperiksakan ke dokter ketika mengalaminya.

1. Rasa sakit yang tidak hilang

Awas, Segera ke Dokter Kalau Kamu Merasakan 6 Macam Nyeri Perut Inird.com

Setiap mengalami ketidaknyamanan dalam perut yaitu, nyeri yang terus-menerus atau berulang yang berlangsung tiga bulan atau lebih, kamu dianjurkan untuk segera menemui dokter. Ketidaknyamanan semacam ini termasuk gejala seperti diare yang sedang berlangsung, sembelit, sakit setelah makan, merasa kenyang hanya dengan beberapa gigitan makanan, kembung dan gas.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal mulai dari sindrom iritasi usus besar atau intoleransi laktosa hingga sesuatu yang lebih parah seperti gastroparesis, suatu kondisi di mana otot lambung menjadi lemah dan mengganggu kemampuan mencerna makanan. Ketika kamu terkena penyakit ini, perut kamu biasanya akan membawa makanan ke dalam usus dalam bentuk blok padat yang menyebabkan mual, muntah, dan menghambat kinerja perut.

2. Nyeri yang disertai mual atau muntah

Awas, Segera ke Dokter Kalau Kamu Merasakan 6 Macam Nyeri Perut Inimedicalnewstoday.com

Rasa nyeri di perut disertai dengan mual dan muntah bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Itu bisa termasuk penyumbatan usus atau unus, infeksi saluran pencernaan, peradangan, batu ginjal, kista ovarium yang pecah, maag atau bahkan serangan jantung.

Kalau kamu mengalami kondisi seperti ini, maka sangat dianjurkan untuk menemui dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga dapat diketahui penyebab dan diagnosa yang pasti.

3. Rasa sakit yang tidak nyaman disertai dengan darah di tinja

Awas, Segera ke Dokter Kalau Kamu Merasakan 6 Macam Nyeri Perut Iniverywellhealth.com

Kalau kamu mengalami rasa nyeri yang tidak nyaman kemudian disertai dengan keluarnya darah di tinja, maka sudah sepatutnya kamu memeriksakan diri ke dokter. Perlu diingat bahwa darah dalam tinja tidak selalu berwarna merah, juga bisa berwarna hitam dan seperti ter, yang sering menunjukkan perdarahan dari tempat yang lebih tinggi di saluran pencernaan, seperti perut.

Pendarahan gastrointestinal dapat berasal dari sejumlah sumber termasuk kolitis, divertikulosis, wasir, perdarahan ulkus lambung dan kanker saluran cerna. Jadi jangan dianggap sepele ya.

Baca Juga: Khusus yang Serius! 4 Gerakan Untuk Mengecilkan Perut dalam 4 Minggu

4. Nyeri yang tiba-tiba dan intens

Awas, Segera ke Dokter Kalau Kamu Merasakan 6 Macam Nyeri Perut Inithehealthsite.com

Kalau kamu mengalami sakit perut yang hebat dan parah, sesuatu yang serius bisa saja terjadi. Nyeri yang spesifik dan terlokalisir menimbulkan sensasi seperti ditusuk-tusuk yang bahkan dapat membuat napas sesak.

Penyebab nyeri yang tiba-tiba ini bisa dari penyumbatan seperti batu empedu atau batu ginjal. Radang usus buntu juga menjadi pertimbangan ketika Anda mengalami rasa sakit yang hebat. Seringkali ini adalah jenis rasa sakit yang memburuk, datang tiba-tiba atau tidak hilang. Nyeri hebat juga bisa disebabkan ulkus, pankreatitis, atau penyumbatan saluran empedu.

Oleh karena itu harus segera diperiksakan ke dokter apabila kamu atau siapa saja mengalami hal ini ya.

5. Rasa nyeri yang tidak nyaman disertai dengan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Awas, Segera ke Dokter Kalau Kamu Merasakan 6 Macam Nyeri Perut Inimainlinehealth.org

Penurunan berat badan yang tidak terduga atau tidak disengaja harus dievaluasi oleh dokter. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah penurunan berat badan ada hubungannya dengan rasa nyeri yang dirasakan atau disebabkan oleh penyakit lainnya. 

Namun kondisi ini bisa menjadi tanda risiko kanker, pankreatitis kronis, penyakit Crohn atau penyakit lainnya.

6. Rasa nyeri yang disertai dengan demam

Awas, Segera ke Dokter Kalau Kamu Merasakan 6 Macam Nyeri Perut Inihealthhearty.com

Kondisi ini mungkin seringkali dialami oleh siapa saja. Rasa nyeri yang disertai dengan suhu tubuh yang tinggi dapat mengindikasi bahwa adanya infeksi didaerah perut. Oleh karena itu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut dari dokter untuk menghasilkan diagnosa yang tepat. 

Itu dia beberapa macam nyeri perut yang tidak boleh kamu abaikan. Kalau kamu mengalami hal-hal diatas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat ya!

Baca Juga: Mau Punya Perut Rata? Hindari 5 Makanan Ini Ya, Girls!

Arya Sarimata Photo Verified Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming" -Dory-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya