Comscore Tracker

Konsumsi 9 Makanan Ini di Jam yang Salah Berefek Buruk Bagi Tubuh Lho!

Kamu perlu tahu nih!

Meskipun memiliki manfaat, namun beberapa makanan di bawah ini ternyata gak asal dikonsumsi pada sembarang waktu. Mereka punya waktu-waktu tertentu untuk dikonsumsi, yang mana akan memberikan efek yang lebih baik bagi kesehatan.

Masalah akan timbul jika makanan-makanan ini dikonsumsi di waktu yang kurang tepat. Penasaran apa saja makanan tersebut?

1. Pisang

Konsumsi 9 Makanan Ini di Jam yang Salah Berefek Buruk Bagi Tubuh Lho!Unsplash.com/Eiliv-Sonas Aceron

Mengonsumsi pisang terutama di pagi hari dapat memberikan efek kurang baik bagi tubuh? Ya, pisang yang dimakan di pagi hari dapat membuat tubuh mudah lelah dan lapar karena tingkat energi dalam tubuh menjadi berkurang. Selain itu, dilansir dari laman Medicinenet, orang yang punya masalah pencernaan juga jadi rentan terkena diare.

2. Kopi

Konsumsi 9 Makanan Ini di Jam yang Salah Berefek Buruk Bagi Tubuh Lho!pexels.com/Kevin Menajang

Menikmati kopi entah di pagi hari atau sore hari menjadi hal yang lumrah dilakukan sebagian besar orang. Namun, rupanya menikmati kopi pada waktu-waktu tersebut gak baik lho buat kesehatan. Kopi yang dikonsumsi pada pagi hari ketika perut masih kosong dapat mengganggu kinerja biologis tubuh dan meningkatkan toleransi tubuh terhadap kafein alias kecanduan.

Sedangkan pada sore hari, kopi dapat menyebabkan insomnia. Dianjurkan agar saat mengonsumsi kopi, diatur agar kadar kafeinnya tidak terlalu tinggi serta selingi dengan camilan atau makanan padat yang bergizi.

3. Nasi

Konsumsi 9 Makanan Ini di Jam yang Salah Berefek Buruk Bagi Tubuh Lho!Unsplash.com/Ke Vin

Nasi merupakan makanan yang sejatinya bermanfaat bagi tubuh. Kandungan karbohidratnya yang tinggi membuat tubuh bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, mengonsumsi nasi di waktu yang salah bisa membawa dampak buruk bagi tubuh lho.

Temasuk makan nasi sebelum jam tidur malam. Makan nasi pada malam hari sebelum tidur bisa menambah berat badan yang membuat seseorang lebih mudah mengalami obesitas, lho.

4. Susu

Konsumsi 9 Makanan Ini di Jam yang Salah Berefek Buruk Bagi Tubuh Lho!pexels.com/Acharaporn Kamornboonyarush

Mungkin sejak kecil kita sering dibuatkan susu oleh ibu untuk mengawali hari kita. Namun, nyatanya mengonsumsi susu di pagi hari itu tidak dianjurkan, lho. Susu adalah makanan yang sulit dicerna, dan meminumnya di pagi hari apalagi dengan menggabungkannya dengan makanan lain dapat membuat mulas dan sakit perut.

Dianjurkan agar susu diminum saat sore atau malam hari karena dapat membantu menenangkan  dan membuat tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: 7 Makanan yang Gak Bikin Gemuk Meski Makan Banyak, Enak Lagi!

5. Daging

Konsumsi 9 Makanan Ini di Jam yang Salah Berefek Buruk Bagi Tubuh Lho!pexels.com/pixabay

Daging merupakan sumber protein dan vitamin yang baik bagi tubuh. Namun, mengonsumsinya di waktu yang salah dapat membawa dampak yang kurang baik bagi tubuh. Konsumsi daging di pagi hari bisa menambah beban bagi sistem pencernaan karena daging sulit dicerna pada pagi hari.

Begitu pun pada malam sebelum tidur, dianjurkan agar tidak memakan daging karena dapat mengganggu pencernaan dan menambah berat badan.

6. Kacang

Konsumsi 9 Makanan Ini di Jam yang Salah Berefek Buruk Bagi Tubuh Lho!Pexels.com.com/Mehran B

Kacang pada dasarnya sangat berguna bagi tubuh karena mengandung banyak manfaat kesehatan. Namun, mengonsumsinya di waktu yang salah sangat tidak dianjurkan. Dilansir dari Indiatimes, mengonsumsi kacang apalagi pada malam hari dapat mengganggu sistem pencernaan (kembung) dan membuat tidur tidak nyenyak. 

7. Jus jeruk

Konsumsi 9 Makanan Ini di Jam yang Salah Berefek Buruk Bagi Tubuh Lho!pexels.com/PhotoMIX Ltd

Memang, jus jeruk itu segar dan menyehatkan, tapi kalau dikonsumsi di waktu yang tidak tepat bisa berefek gak baik bagi tubuh. Salah satu yang sering dilakukan adalah mengonsumsi jus jeruk tepat setelah selesai makan.

Faktanya, seperti dilansir dari laman Brightside, minum jus jeruk tepat setelah makan bisa menyebabkan perut mulas, efek berat dalam perut serta memperlambat penyerapan nutrisi. Oleh karena itu, dianjurkan agar jus jeruk diminum beberapa jam setelah makan.

8. Apel

Konsumsi 9 Makanan Ini di Jam yang Salah Berefek Buruk Bagi Tubuh Lho!pexels.com/Public Domain Pictures

Mengonsumsi apel apalagi di malam hari sangat tidak dianjurkan. Hal ini karena apel mengandung asam yang dapat mengganggu tidur serta memperlambat pencernaan terutama dalam proses buang air besar. Dianjurkan agar apel lebih baik dikonsumsi di pagi hari.

9. Yogurt

Konsumsi 9 Makanan Ini di Jam yang Salah Berefek Buruk Bagi Tubuh Lho!Unsplash.com/Sarah Cervera

Yogurt punya banyak manfaat kesehatan, salah satunya dapat membantu perkembangan otot. Namun mengonsumsinya pada saat perut kosong sangat tidak baik. Hal ini karena yogurt mengandung asam laktat yang dapat menurunkan asam lambung sehingga proses pencernaan menjadi terhambat. Dianjurkan agar yogurt dikonsumsi 1-2 jam sesudah makan.

Lebih sadar lagi kalau mau mengonsumsi makanan-makanan di atas. Pada dasarnya, gak semua makanan bisa dikonsumsi setiap waktu, lho.

Baca Juga: 7 Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Bahaya jika Kamu Salah Mengolahnya

Arya Sarimata Photo Community Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming."- Dory

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You