Comscore Tracker

Jangan Anggap Remeh, 10 Penyakit ini Muncul Pada Musim Penghujan

Ada tips juga buat kamu mencegah penyakit ini lho!

Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia memiliki dua jenis musim. Yakni musim panas dan musim penghujan. Curah hujan yang terjadi dibeberapa daerah diindonesia beberapa waktu lalu menandakan bahwa musim penghujan sudah datang. Peralihan dari musim panas ke musim hujan memang melegahkan bukan?

Di musim hujan kamu bisa merasakan sensasi dingin yang menyegarkan tanpa perlu lagi kipas-kipasan. Namun, perlu kamu ketahui juga bahwa perlaihan tersebut mesti diwaspadai. Setiap tahunnya selalu ada berbagai macam penyakit yang dapat muncul saat musim penghujan. Dari yang sederhana sampai yang ekstrem pun ada. Tentu kamu tidak mau kan penyakit-penyakit tersebut mengganggu aktivitasmu. Nah, oleh karena itu mari simak 10 penyakit saat musim penghujan berikut ini. Ada tips pencegahannya juga. Selamat membaca!

1. Kolera

Jangan Anggap Remeh, 10 Penyakit ini Muncul Pada Musim Penghujanlumennews.id

Kolera merupakan penyakit infeksi yang menyerang saluran pencernaan, usus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Vibrio Cholerae yang mengkontaminasi makanan atau minuman. Penyakit yang dapat menyerang siapa saja ini kalau tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan muntah-muntah dan diare berair yang dapat pula menyebabkan dehidrasi. Gejala awal dari penyakit ini adalah muntah, peningkatan denyut jantung, kram otot, dan juga kekeringan.

Tips bagi kamu agar tidak terserang penyakit ini adalah perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi selalu dalam keadaan bersih, menutup makanan yang terbuka dengan plastik wrap, perhatikan kebersihan dalam ruangan ataupun luar termasuk menghindari membuang kotoran sembarangan.

2. Demam Berdarah

Jangan Anggap Remeh, 10 Penyakit ini Muncul Pada Musim PenghujanPixabay.com/Nuriyah

Demam berdarah termasuk salah satu penyakit yang biasanya menyerang negara tropis. Di musim hujan seperti ini menjadi saat yang tepat bagi perkembangbiakan nyamuk. Demam berdarah ini ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti betina, yang juga dapat menyebabkan demam zika dan demam kuning. Gejala awal penyakit ini adalah demam tinggi, ruam pada kulit, nyeri sendi dan otot, sakit perut, muntah serta pendarahan pada hidung.

Tips buat kamu : Tutuplah kubangan-kubangan air yang menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk, jangan membuang kotoran atau apapun dalam selokan yang dapat membuat air tergenang, benda-benda kosong seperti vas bunga harus dibersihkan agar tidak menjadi sarang nyamuk. Kemudian kamu bisa menggunakan obat nyamuk yang dibakar atau oles untuk menghindari gigitan nyamuk.

3. Malaria

Jangan Anggap Remeh, 10 Penyakit ini Muncul Pada Musim Penghujanid.wikipedia.org

Malaria beda dengan Demam berdarah. Malaria adalah penyakit yang dibawa oleh nyamuk Anopheles yang terinfeksi parasit plasmodium. Apabila terkena gigitan nyamuk ini maka parasit yang ada pada nyamuk akan dibawa masuk kedalam hati dan berkembang biak. Kemudian akan masuk lagi ke sistem peredaran darah dan menginfeksi sel darah merah. Gejala penyakit ini seperti demam, mual, diare dan anemia apabila tidak tertangani dengan baik dapat berakibat fatal.

Tips buat kamu : Tidur dibawah kelambu, memakai pakaian tertutup sebelum tidur, dan menggosok atau membakar obat nyamuk. Apabila kamu hendak melakukan perjalanan ke suatu tempat endemik malaria maka kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat malaria.

Baca Juga: Apa Itu ALS? Penyakit yang Diidap Kreator SpongeBob Stephen Hillenburg

4. Leptospirosis

Jangan Anggap Remeh, 10 Penyakit ini Muncul Pada Musim Penghujanid.wikipedia.org

Leptospirosis adalah infeksi bakteri yang sering ditularkan melalui paparan banjir yang terinfeksi urin atau kotoran hewan yang terinfeksi, biasanya hewan pengerat. Kamu juga mungkin dapat terinfeksi oleh penyakit ini karena mengkonsumsi makanan dan air yang terkontaminasi. Gejala penyakit ini antara lain demam, mata kemerahan, nyeri otot, sakit kepala, serta pengeluaran urin yang rendah. Untuk kasus yang parah penyakit ini dapat menyebabkan gagal ginjal.

Tips buat kamu : Hindari berendam atau berenang di area banjir, kenakan sapu tangan dan sepatu boot kalau diperlukan, kontrol hewan pengerat dalam rumah, serta jagalah kebersihan.

5. Influenza

Jangan Anggap Remeh, 10 Penyakit ini Muncul Pada Musim Penghujantimesofmalta.com

Influenza atau flu adalah penyakit umum yang menyerang sistem pernapasan, disebabkan kebanyakan oleh virus. Setiap orang dapat dengan mudah terkena penyakit ini disaat pergantian musim. Penyakit ini dapat memicu sakit kepala, batuk & pilek, sakit tenggorokan dan kelelahan.

Tips buat kamu : Banyak minum air putih, perbanyak istirahat, minum obat parasetamol untuk demam, buat jarak dengan orang yang terkena flu, serta sering-seringlah mencuci tangan.

6. Hepatitis A

Jangan Anggap Remeh, 10 Penyakit ini Muncul Pada Musim Penghujanpublichealthontario.ca

Hepatitis A adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang mempengaruhi hati dan menyebabkan peradangan.Penyakit Ini dapat ditularkan melalui konsumsi makanan dan air yang terkontaminasi dengan kotoran manusia dan air kencing dari seorang pasien yang terinfeksi. Tanda-tanda yang mungkin terjadi mengindikasi penyakit ini adalah ketidaknyamanan perut, demam, kelelahan, urin berwarna gelap dan penyakit kuning. Penyakit ini tergolong dapat sembuh dengan atau tanpa pengobatan. Namun, kamu harus tetap waspada.

Tips buat kamu : Jaga kebersihan serta simpan makanan dan minuman dengan benar

7. Tifus

Jangan Anggap Remeh, 10 Penyakit ini Muncul Pada Musim Penghujanoutbreaknewstoday.com

Tifus adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh Salmonella Typhi, bakteri yang ditularkan akibat mengkonsumsi makanan dan air yang terkontaminasi kotoran manusia. Penyakit dapat menyebabkan demam tinggi, diare, kehilangan nafsu makan dan muntah, dan jika tidak segera diobati dapat menyebabkan dehidrasi.

Tips buat kamu: Jaga kebersihan, Banyak minum air bersih, cuci tangan sebelum mengkonsumsi makanan atau minuman

8. Skabies

Jangan Anggap Remeh, 10 Penyakit ini Muncul Pada Musim Penghujanid.wikipedia.org

Kudis adalah penyakit kulit yang sangat menular yang disebabkan oleh infeksi Sarcoptes scabiei, parasit kecil yang menggali dan bertelur di kulit. Penyakit ini juga dapat ditularkan melalui kontak kulit langsung atau kontak seksual. Kutu ini menyebabkan gatal parah dan reaksi alergi ditandai dengan benjolan kecil dan lecet merah.

Tips buat kamu : Hindari kontak yang lama dengan orang yang terinfeksi, Cuci pakaian, seprai dan handuk yang digunakan.

9. Pilek

Jangan Anggap Remeh, 10 Penyakit ini Muncul Pada Musim PenghujanUnsplash.com/Spencer Backman

Meskipun pilek adalah infeksi yang disebabkan oleh berbagai jenis virus, penelitian mengungkapkan bahwa virus ini berkembang biak dengan cepat dalam kondisi dingin. Ini adalah alasan mengapa lebih banyak orang yang terserang batuk dan pilek di musim hujan dan jika ini menjadi parah, pasien dapat menderita infeksi yang lebih serius termasuk bronkitis, infeksi telinga dan sinusitis.

Tips buat kamu : Makan makanan kaya vitamin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jaga jarak dari seseorang dengan pilek, Cuci tangan kapan pun diperlukan, Tidur yang cukup serta olahraga

10. Kaki Atlet

Jangan Anggap Remeh, 10 Penyakit ini Muncul Pada Musim Penghujandeherba.com

Kaki atlet adalah infeksi jamur yang menyebabkan gatal dan kurap. Hal ini ditandai dengan ruam merah bersisik dan biasanya di antara jari-jari kaki tetapi juga dapat menginfeksi tangan, kuku dan selangkangan. Penyakit ini juga dapat diakibatkan karena sering memakai kaos kaki basah atau sepatu ketat dan mengarungi air banjir. Pengobatan Kaki atlet dapat diobati dengan obat antijamur.

Tips buat kamu: Jagalah agar kaki tetap kering, Ganti kaos kaki secara teratur, Kenakan sepatu secara bergantian dan pakailah sepatu ringan dan berventilasi baik.

Nah itu dia penyakit-penyakit yang kamu perlu tahu juga di musim penghujan ini. Semoga sesibuk apapun kita, kesehatan terus dijaga ya! 

Baca Juga: Miris, 7 Penyakit Kejiwaan Ini Sering Kita Kira Hanya Kebiasaan Buruk

Arya Sarimata Photo Verified Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming" -Dory-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya