Comscore Tracker

Punya Keringat Berlebih? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya Lho!

Sudah tahu belum?

Keringat merupakan reaksi yang normal terjadi pada tubuh. Keringat dapat membantu mendinginkan suhu tubuh dan mengeluarkan zat-zat sisa dalam tubuh. Namun, pernahkah kamu mengalami kondisi dimana pengeluaran keringatmu sangat berlebihan? 

Tentu, keringat yang berlebih dapat membuatmu tidak nyaman. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk tahu apa penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa memicu keringat berlebih.

1. Stres

Punya Keringat Berlebih? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya Lho!Sciencemag.org

Stres ternyata tidak hanya berpengaruh negatif bagi mental, tapi juga dapat bertransformasi dalam bentuk keringat lho. Keringat yang berlebih bisa menjadi tanda bahwa kamu sedang stres berat. Lebih parah lagi, keringat yang dihasilkan akibat stres biasanya mengeluarkan bau tak sedap karena mengandung lemak dan protein yang tercampur dengan bakteri di kulit.

2. Hipertiroidisme

Punya Keringat Berlebih? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya Lho!prevention.com

Hipertiroidisme adalah kondisi dimana kelenjar tiroid menjadi hiperaktif sehingga menghasilkan banyak hormon tiroid. Kondisi ini menyebabkan proses dalam tubuh dipercepat. Percepatan proses dalam tubuh inilah yang menghasilakan keringat yang berlebihan. Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan penurunan berat badan serta rasa cemas berlebih.

3. Gula darah rendah (hipoglikemia)

Punya Keringat Berlebih? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya Lho!medicalnewstoday.com

Kekurangan gula darah dalam tubuh bisa menjadi penyebab keringat berlebih. Kondisi yang dinamakan hipoglikemia ini bisa menyebabkan pusing, rasa lapar, kegelisahan, masalah penglihatan hingga membuat tubuh menghasilakan keringat yang banyak. Oleh karena itu, usahakan agar gula darah dalam tubuh berada dalam ambang batas normal ya.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Kesehatan Makanan Pedas, Bikin Kamu Bercucuran Keringat

4. Hiperhidrosis fokal

Punya Keringat Berlebih? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya Lho!livescience.com

Kamu mungkin pernah mengalami kondisi di mana di bagian tubuh tertentu seperti leher, ketiak, telapak tangan maupun telapak kaki menghasilkan keringat yang banyak. Kondisi ini dinamakan hiperhidrosis fokal.

Hiperhidrosis fokal disebabkan karena tingginya konsentrasi kelenjar keringat dan seringnya terjadi pada area-area tubuh tertentu. Hal ini memang tidak berbahaya, namun dianjurkan agar diperiksakan ke dokter karena kondisi ini sering membuat kulit mudah iritasi.

5. Efek samping obat

Punya Keringat Berlebih? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya Lho!washingtonpost.com

Beberapa obat tertentu seperti antibiotik, obat tekanan darah atau obat psikiatri bisa mempunyai efek samping yaitu keringat yang berlebihan. Namun, hal ini adalah hal yang normal dan tidak perlu ditakutkan.

6. Menopause

Punya Keringat Berlebih? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya Lho!medicalnewstoday.com

Ketika memasuki masa-masa menopause, kamu akan mengalami gejala seperti perubahan siklus menstruasi, migrain, hot flashes atau sensasi panas dari dada hingga kepala yang menyebabkan keringat berlebih. Gejala-gejala ini terjadi akibat adanya perubahan kadar hormon estrogen.

7. Demam tanpa penyebab yang jelas (FUO: Fever Of Unknown Origin)

Punya Keringat Berlebih? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya Lho!popsci.com

Demam FUO adalah demam yang terjadi tanpa penjelasan dan berlangsung lama (bisa selama tiga minggu). Ada empat jenis demam FUO ini yaitu, klasik (mempengaruhi orang sehat), nosokomial (akibat rawat inap), demam akibat lemahnya sistem kekebalan tubuh, dan demam terkait HIV. Gejala dari demam ini adalah suhu tinggi, sakit kepala, menggigil, dan keringat berlebih. Apabila mengalami demam berkepanjangan seperti ini, dianjurkan untuk segera periksakan diri ke dokter.

8. Kegemukan

Punya Keringat Berlebih? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya Lho!news.sky.com

Obesitas atau kegemukan bisa menjadi penyebab keringat berlebih lho. Hal ini dikarenakan orang yang obesitas memiliki banyak kelenjar keringat di permukaan tubuh dibanding orang dengan berat badan ideal. Dianjurkan agar orang dengan kondisi obesitas dapat rajin berolahraga dan menjaga pola makan agar tidak menjurus ke penyakit yang lebih serius.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab keringat berlebih. Yuk, lebih sadar akan kesehatanmu dengan menjaga pola hidup sehat.

Baca Juga: 5 Fakta Mengejutkan Tentang Keringat yang Jarang Diketahui

Arya Sarimata Photo Community Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming" -Dory-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You