Comscore Tracker

Sering Gak Disadari, Ini 6 Tanda Kamu Mengalami Penuaan Dini

Kamu termasuk?

Pada dasarnya setiap manusia pasti akan mengalami penuaan seiring bertambahnya usia. Kendati demikian, dalam keseharian kita juga sering menjumpai orang yang meskipun masih muda namun sudah menunjukan tanda-tanda penuaan. Bukan gak mungkin kamu salah satunya. Penuaan dini gak hanya kelihatan dari kulit saja, namun juga ada banyak faktor lain. 

Biar gak penasaran, simak deh tujuh tanda kamu mengalami penuaan dini berikut ini. 

1. Kulit kering dan mudah iritasi

Sering Gak Disadari, Ini 6 Tanda Kamu Mengalami Penuaan DiniPexels.com/Jenna Hamra

Salah satu tanda paling jelas kulit kamu mengalami penuaan bisa kamu lihat pada kulitmu. Kulit yang mengalami penuaan biasanya menunjukkan ciri seperti kering, pucat, dan mudah iritasi. Pola hidup yang tidak sehat seperti banyak konsumsi makanan cepat saji, alkohol serta paparan polusi dan sinar matahari menjadi penyebab utama kulit cepat menua. 

2. Penumpukan lemak di perut

Sering Gak Disadari, Ini 6 Tanda Kamu Mengalami Penuaan Dinimenshealth.com

Penumpukan lemak di perut dipercaya banyak ahli dapat menyebabkan penuaan dini. Hal ini karena penumpukan lemak dapat memicu penyakit seperti jantung dan diabetes yang memperpendek usia. Kondisi seperti ini lebih sering terjadi pada wanita yang telah memasuki masa menopause. 

Baca Juga: 9 Makanan Ini Bisa Mempercepat Proses Penuaan Dini, Kurang-kurangi Ya!

3. Selalu merasa lelah

Sering Gak Disadari, Ini 6 Tanda Kamu Mengalami Penuaan DiniUnsplash.com/Adrian Swancar

Bagi kamu yang sering merasa lelah, bisa jadi kamu sedang berada dalam fase penuaan dini nih. Menurut ahli, rasa lelah tersebut muncul akibat kurangnya kualitas tidur yang baik. Berkurangnya kualitas tidur ini membuat otak tidak dapat melakukan detoksifikasi sehingga menyebabkan neurodegeneratif. Ini membuat tubuh akan terlihat kurang bertenaga dan membuat kondisi kulit tidak sehat. 

4. Mata selalu merah dan iritasi

Sering Gak Disadari, Ini 6 Tanda Kamu Mengalami Penuaan DiniMedicalnewstoday. com

Mata merah dan iritasi bisa disebabkan karena terlalu terpapar cahaya atau radiasi baik dari ponsel maupun layar komputer. Menurut ahli, kondisi mata merah yang terus menerus terjadi dapat berpengaruh pada area kulit sekitar mata yang tipis, di mana kulit akan cepat keriput dan menua. 

5. Senang duduk berjam-jam

Sering Gak Disadari, Ini 6 Tanda Kamu Mengalami Penuaan DiniPexels.com/Andrea Piacquadio

Duduk berjam-jam ternyata membawa dampak buruk bagi kesehatan lho. Tak hanya berkenaan dengan penyakit jantung, obesitas, dan diabetes, namun penuaan dini juga dapat terjadi. Menurut para ahli, duduk terlalu lama dapat meningkatkan stress oksidatif yang menyebabkan penuaan dini. Oleh karena itu, dianjurkan untuk selalu melakukan aktivitas fisik agar tubuh tetap bugar. 

6. Pelupa dan kurang konsentrasi

Sering Gak Disadari, Ini 6 Tanda Kamu Mengalami Penuaan DiniPexels.com/Nathan Cowley

Menurunnya ingatan dan konsentrasi bisa menjadi tanda kamu mengalami tanda penuaan dini. Kurangnya kemampuan mengingat di usia muda biasanya karena banyak faktor, seperti kurang istirahat, stres berlebihan, hingga kurang asupan nutrisi. Pola hidup sehat berperan penting untuk mengurangi risiko kehilangan daya ingat. 

Itulah beberapa tanda yang tanpa kita sadari dapat mempercepat proses penuaan. Apa kamu memiliki tanda-tanda di atas? Segera ubah pola hidupmu, ya! 

Baca Juga: 6 Kebiasaan ini Ternyata Dapat Mempercepat Penuaan Dini

Arya Sarimata Photo Verified Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming" -Dory-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya