Comscore Tracker

Selain Kulit Wajah, 5 Kulit Bagian Ini Juga Penting Dirawat

Hayo, siapa yang baru tahu?

Selama ini mungkin kamu berpikir bahwa kulit wajah adalah bagian tubuh yang paling penting untuk dirawat. Wajar aja sih, karena wajah adalah bagian tubuh yang pertama kali dilihat orang ketika bertemu.

Eits, tapi jangan salah, sebenarnya ada kulit di bagian tubuh lain yang juga harus kamu rawat lho. Jika tidak dijaga dengan baik, justru akan menimbulkan berbagai permasalahan kulit yang bisa membuat tubuhnya tidak nyaman. 

Kira-kira, bagian kulit apa saja ya yang perlu dirawat selain kulit wajah? Cari tahu yuk, guys!

1. Kulit siku

Selain Kulit Wajah, 5 Kulit Bagian Ini Juga Penting DirawatIlustrasi seorang perempuan sedang merawat kulit siku (Shutterstock/Sorapop Udomsri)

Sering tertutup pakaian, siku menjadi salah satu bagian tubuh yang kerap luput dari perawatan. Akibatnya, sel-sel kulit mati yang ada di area ini lama-lama menumpuk dan membuat kulit terlihat kering bahkan menghitam. 

Oops.. kalau sudah begini, kamu pasti jadi gak pede ‘kan mau keluar rumah pakai baju tanpa lengan? Makanya, supaya kulit di area siku kembali cerah dan lembap, kamu harus mulai rajin merawatnya nih.

Kamu bisa scrubbing setidaknya seminggu sekali untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada siku. Jangan lupa gunakan body lotion secara rutin agar kulit di daerah siku tetap lembap ya.

Baca Juga: 5 Produk Hair Care untuk Rambut Kering, Merawat sampai Kulit Kepala

2. Kulit ketiak

Selain Kulit Wajah, 5 Kulit Bagian Ini Juga Penting DirawatIlustrasi seorang perempuan sedang merawat kulit ketiak (Shutterstock/metamorworks)

Kalau gak dirawat secara rutin, kulit di bagian tubuh yang satu ini juga bisa bikin seseorang kehilangan rasa percaya dirinya lho. Terutama buat cewek-cewek yang gemar memakai pakaian sleeveless nih.

Ada yang bisa tebak? Yap, apalagi kalau bukan kulit ketiak. Jarang membersihkan kulit ketiak akan menimbulkan berbagai permasalahan seperti bau badan hingga ketiak yang tampak menghitam. 

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa rutin mencukur bulu ketiak secara rutin, melakukan scrubbing, dan memakai deodoran yang tepat.

3. Kulit kepala

Selain Kulit Wajah, 5 Kulit Bagian Ini Juga Penting DirawatIlustrasi seorang laki-laki sedang merawat rambut (Shutterstock/Makistock)

Gak cuma wajah dan tubuh saja, kulit di bagian kepala juga perlu dirawat. Kulit kepala kerap kali terlupakan karena tak terlihat dan tertutup rambut. Padahal, perawatan di area ini juga tak kalah penting lho. 

Jika rambut jarang dibersihkan, bukan tidak mungkin kalau kotoran seperti sebum, kulit mati, bahkan ketombe akan mempengaruhi pertumbuhan rambutmu.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan kulit kepala sangatlah penting untuk menghindari masalah seperti gatal-gatal, kulit kepala mengelupas, hingga rambut rontok.

Selain Kulit Wajah, 5 Kulit Bagian Ini Juga Penting DirawatERHAIR Scalperfect (Dok. ERHAIR)

Merawat kulit kepala bukan hal yang sulit kok. Apalagi kalau kamu pakai rangkaian perawatan kulit kepala dari ERHAIR Scalperfect. Sebagai brand perawatan rambut dan kulit kepala yang direkomendasikan oleh ahli dermatologi, ERHAIR Scalperfect secara efektif dapat mengurangi gatal, ketombe, dan bau hanya dalam 7 hari saja lho. 

Untuk pemula, ada 3 produk ERHAIR Scalperfect yang IDN Times rekomendasikan untuk kamu coba nih, yaitu:

  • Scalperfect Exfoliating Gel
Selain Kulit Wajah, 5 Kulit Bagian Ini Juga Penting DirawatScalperfect Exfoliating Gel (Dok. ERHAIR)

Scalperfect Exfoliating Gel mengandung 2% Salicylic Acid yang berfungsi sebagai chemical exfoliator, sehingga dapat membersihkan kulit kepala dari ketombe serta mengurangi minyak dan kotoran secara menyeluruh hingga ke dalam pori.

Kamu akan merasakan kulit kepalamu jauh lebih bersih dalam 7 hari. Oh iya, produk Scalperfect Exfoliating Gel ini aman kok digunakan untuk kulit kepala yang sensitif. Caranya mudah:

1. Sebelum keramas, aplikasikan pada kulit kepala terutama pada area yang berketombe dan gatal
2. Pijat lembut secara merata, diamkan selama 5 menit hingga mengering
3. Bilas hingga bersih dan lanjutkan keramas dengan ERHAIR Scalperfect Anti Dandruff Shampoo
4. Gunakan 2-3x seminggu

  • Scalperfect Anti Dandruff Shampoo
Selain Kulit Wajah, 5 Kulit Bagian Ini Juga Penting DirawatScalperfect Anti Dandruff Shampoo (Dok. ERHAIR)

Shampoo anti ketombe dengan Dual Actives Anti Dandruff yang teruji klinis mengurangi ketombe dalam 2 minggu. Scalperfect Anti Dandruff Shampoo ampuh mengatasi ketombe hingga dermatitis seboroik ringan.

Shampoo ini juga efektif mengurangi bau pada kulit kepala, memberikan efek sejuk dan nyaman di kulit kepala, serta mampu menghilangkan gatal. Untuk cara pakainya, kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

1. Busakan dan gosok perlahan pada rambut dan kulit kepala yang sudah dibasahi
2. Diamkan selama 1 menit
3. Bilas hingga bersih

  • Scalperfect Soothing Serum
Selain Kulit Wajah, 5 Kulit Bagian Ini Juga Penting DirawatScalperfect Soothing Serum (Dok. ERHAIR)

Scalperfect Allantoin & Silk Protein Scalp Soothing Serum berfungsi untuk membantu menenangkan sekaligus mengurangi gatal dan minyak berlebih. Kulit kepala terasa lebih sehat, lembap, dan segar dalam 7 hari.

Cara pakainya juga gampang banget kok. Simak ya guys:

1. Aplikasikan 2-3 pipet pada kulit kepala yang sudah dibersihkan
2. Aplikasikan terutama di area yang terasa gatal dan mengalami iritasi
3. Pijat lembut untuk membantu penyerapan. Tidak perlu dibilas
4. Untuk hasil yang lebih optimal, gunakan bersama rangkaian Scalperfect lainnya

Nah, itu tadi beberapa produk ERHAIR Scalperfect yang IDN Times rekomendasikan untuk pemula. Gimana guys, tertarik untuk mencobanya? Kalau iya, kamu bisa langsung beli rangkaian produk ERHAIR Scalperfect di seluruh jaringan ERHA Clinic atau di ERHA official store di e-commerce favoritmu ya.

4. Kulit leher

Selain Kulit Wajah, 5 Kulit Bagian Ini Juga Penting DirawatIlustrasi seorang perempuan sedang merawat kulit leher (Shutterstock/aslysun)

Meskipun letaknya dekat dengan wajah, namun faktanya masih banyak orang yang abai untuk merawat kulit leher. Padahal, kulit leher yang tidak terawat dengan baik akan menimbulkan berbagai dampak buruk lho.

Mulai dari warna kulit yang tidak signifikan dengan kulit wajah alias belang, hingga kulit yang mengendur. Agar tetap sehat, kamu bisa mengoleskan krim leher secara rutin, memakai skincare wajah hingga ke area leher, dan mengeksfoliasi dengan bantuan scrub badan secara rutin.

5. Kulit tumit

Selain Kulit Wajah, 5 Kulit Bagian Ini Juga Penting DirawatIlustrasi seorang perempuan sedang merawat kulit tumit (Shutterstock/gpointstudio)

Tumit kering, kasar, dan pecah-pecah bisa jadi tanda kalau kulit di area tersebut memerlukan perawatan. Tapi tenang, kamu bisa mulai merawat punggung kaki dengan rutin menggunakan body lotion.

Nah, itu tadi lima bagian kulit tubuh yang layak dirawat, seperti kamu menjaga kulit wajahmu. Yuk, mulai rawat kulit dan anggota tubuhmu dengan rutin supaya bisa tampil lebih percaya diri! (WEB)

Baca Juga: 5 Cara Merawat Kulit Kepala Berminyak, Sehat dan Bebas Ketombe!

Topic:

  • Asri Muspita Sari

Berita Terkini Lainnya