Comscore Tracker

5 Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Siapa yang suka makan buah kecut ini?

Buah cermai memiliki ukuran kecil  dengan warna hijau saat masih muda, dan hijau kekuningan saat sudah tua.  cermai sebenarnya termasuk dalam jenis buah berry, karena itu buah ini memiliki nama internasional Gooseberry. buah dengan rasa masam dan sepat itu sering diolah menjadi manisan, ternyata memiliki banyak manfaat yang belum banyak diketahui.

Berikut kandungan manfaat yang terkandung dalam buah cermai:

5 Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan yang Jarang Diketahuideherba.com

buah cermai memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu Anda bisa menemukan kandungan vitamin A, B6, B6, B9, dan B1. Kandungan mineralnya juga cukup lengkap. Yang paling banyak adalah kalium atau potasium, lalu kalsium, fosfor, tembaga, kromium, magnesium, juga mangan.

Dalam buah cermai juga tersimpan kandungan tannin, quercetin, dan flavonoid yang cukup tinggi baik di saat muda ataupun matang. Meski tak populer, kandungan antioksidan di dalam cermai termasuk cukup tinggi. Tambah lengkap dengan kandungan serat di dalam buah cermai serta sejumlah enzim yang membantu kinerja pencernaan. Belum banyak diulas apa saja enzim yang terkandung dalam cermai ini, namun peran-perannya sudah banyak diungkap dalam beberapa tulisan.

Berikut 5 manfaat buah cermai untuk kesehatan :

1. Membantu mengatasi infeksi

5 Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan yang Jarang Diketahuipexels.com/@victoria-borodinova

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah cermai dapat berperan melawan serangan bakteri dan virus, serta menstimulasi fungsi imunitas. Cermai juga memiliki asam laktat yang memiliki kemampuan anti bakteri. Cermai juga bekerja sebagai astringent yang meredakan efek inflamasi. Tannin sendiri memiliki pengaruh baik pada kelenjar tiroid dan menstimulasi tubuh lebih peka terhadap serangan infeksi

2. Baik untuk diet

5 Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan yang Jarang Diketahuiinstagram.com/mo.mo.matrix

kadar kalori dalam buah cermai hanya sekitar 44 kalori untuk 100 gram. Namun nutrisinya cukup tinggi ditambah kemampuannya meningkatkan daya serap protein, selain itu buah cermai juga baik untuk diet berkat kadar seratnya yang juga cukup besar. Ada peran buah cermai pula untuk menstimulasi pembakaran dan meningkatkan daya serap sel terhadap glukosa darah. Inilah yang menjadikannya salah satu buah favorit dalam diet yang lazim diterapkan di India.

3. Baik untuk pencegahan kanker

5 Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan yang Jarang Diketahuiinstagram.com/invivoantibody

dalam buah cermai yang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dengan jenisnya yang cukup beragam yang membuat buah cermai masuk dalam kategori buah anti kanker.

Baca Juga: 5 Manfaat Hebat Buah Kundur, Ampuh Atasi Panas Dalam

4. Membantu pasien diabetes

5 Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan yang Jarang DiketahuiPixabay/TesaPhotography

Dalam buah cermai terkandung kromium, sejenis senyawa mineral yang berperan terhadap proses penyerapan glukosa dan meningkatkan sensitivitas sel terhadap sinyal insulin. Buah cermai sudah banyak digunakan secara tradisional sebagai buah pilihan dalam menu diet pengidap diabetes di India.

5. Membantu mengatasi sembelit

5 Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan yang Jarang Diketahuiinstagaram.com/meenahaari

Dalam buah cermai ditemukan kadar serat yang tinggi, kebanyakan adalah jenis serat larut air yang memiliki daya dorong cukup kuat melancarkan BAB. Di kawasan Sumatera, mereka biasanya mengonsumsi cermai muda yang asam untuk mengatasi konstipasi. Namun berlebihan dengan cermai muda akan menyebabkan masalah pada lambung dan usus.

Itu dia 5 manfaat buah cermai untuk kesehatan. Buat kalian yang memiliki tanaman ini di pekarangan rumah jangan segan-segan untuk mengonsumsinya karena rasa masamnya, tapi ingat untuk mengonsumsi tetap pada batas kewajarannya, agar manfaatnya tetap dapat diperoleh.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Kecapi Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Nifa Photo Community Writer Nifa

sun

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You