Comscore Tracker

Selain Enak Dimakan, Berikut 6 Manfaat Terong Untuk Kesehatan 

Si ungu yang kaya akan nutrisi

Terong merupakan buah yang berasal dari India dan Sri Lanka yang sekarang sudah menyebar di seluruh dunia. siapa tak kenal buah yang banyak diolah sebagai masakan, yang sangat mudah kita dijumpai di pasar.

Terong memiliki kandungan kalori dan glikemik indeks rendah. Kandungan lemak dalam terong juga sangat rendah, sebaliknya kadar air dan serat yang tinggi. Terong juga kaya antioksidan dan memiliki berbagai macam kandungan vitamin dan mineral. 

1. Membantu menurunkan berat badan

Selain Enak Dimakan, Berikut 6 Manfaat Terong Untuk Kesehatan instagram.com/mo.mo.matrix

Terong yang memiliki kandungan rendah kalori dan tinggi serat tentunya sangat cocok untuk anda konsumsi ketika ingin menurunkan berat badan. Bagi anda yang sedang diet dapat menambahkan terong sebagai salah satu menu anda.

2. Dapat mencegah kanker

Selain Enak Dimakan, Berikut 6 Manfaat Terong Untuk Kesehatan instagram.com/invivoantibody

Mencegah kanker juga merupakan manfaat terong terkhususnya terong ungu. Dilansir dari Health Line, dalam terong terkandung zat yang bernama solasodine rhamnosyl glycoside dan telah diteliti bahwa zat tersebut dapat memicu kematian pada sel kanker dan dapat mencegah kanker tertentu kambuh. Zat tersebut juga diketahui dapat melawan kanker kulit jika diaplikasikan secara topikal.

3. Mengontrol kadar gula darah

Selain Enak Dimakan, Berikut 6 Manfaat Terong Untuk Kesehatan instagram.com/ayearofsmallchanges

Terong yang memiliki kandungan serat membantu proses pencernaan menjadi lebih lambat sehingga penyerapan gula juga melambat. Dalam terong terkandung polifenol yang merupakan antioksidan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa polifenol dapat membantu mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan seksresi insulin, dengan begitu, kadar gula darah pun dapat tetap terkendali.

Baca Juga: Menarik, 5 Manfaat Terong Ini Bikin Kamu Makin Semangat Makan

4. Mengontrol kolesterol

Selain Enak Dimakan, Berikut 6 Manfaat Terong Untuk Kesehatan instagram.com/gracefilled_nutrition

Ternyata terong juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Umumnya makanan yang mampu untuk menurunkan kadar gula darah juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol. Kondisi kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat serta trigliserida meningkat.

5. Menjaga kesehatan jantung

Selain Enak Dimakan, Berikut 6 Manfaat Terong Untuk Kesehatan instagram.com/tysonswestortho

Kandungan antioksidan dalam terong juga memiliki peran dalam memelihara kesehatan jantung. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa terong dapat meningkatkan fungsi jantung dan menurunkan risiko serangan jantung.

6. Nutrisi untuk otak

Selain Enak Dimakan, Berikut 6 Manfaat Terong Untuk Kesehatan instagram.com/sapnudinherbal sapnudinherbal

Antosianin dalam terong dapat melancarkan peredaran darah ke otak sehingga fungsi otak tetap terjaga. Konsumsi makanan tinggi antioksidan seperti terong dapat memperlambat penurunan kemampuan kognitif otak yang umumnya akan terjadi seiring dengan bertambahnya usia seseorang.

Nah, sudah tahu kan manfaat yang dapat kamu peroleh dari terong buat kesehatan. Jadi jangan lupa mengonsumsi terong, dan tentunya tetap konsumsi pada batas wajarnya agar manfaatnya tetap dapat diperoleh.

Baca Juga: 5 Tips Olahan Terong Panggang ala Bule, Berasa Lagi di Eropa 

Nifa Photo Verified Writer Nifa

sun

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You