Comscore Tracker

4 Gejala Radang Usus Buntu yang Belum Kamu Ketahui

Sebelum Nyawa Melayang

Apa yang dimaksud dengan usus buntu? Usus buntu yang dikenal oleh masyarakat adalah suatu penyakit pada perut. Tetapi dalam hal ini terdapat istilah misnomer pada pengertian usus buntu sebagai penyakit. usus buntu adalah bagian kecil pada usus yang sifatnya seperti kantung kecil silinder. Ibaratnya seperti jalan menyimpang kecil yang buntu, dalam istilah anatomi disebut sebagai appendix.

Usus buntu dapat menimbulkan gajala penyakit hanya apabila ia meradang, dalam medis istilah ini disebut appendisitis (appendix + itis). Perjalanan penyakitnya terbilang cepat dalam waktu hitungan jam hingga hari, dan harus segera ditangani karena apabila terlambat nyawa bisa jadi taruhan. Maka, penting bagi kita semua mengetahui sedikit banyaknya mengenai penyakit ini agar keptusan yang diambil tepat. Berikut 4 gejala yang harus kamu identifikasi.

1. Nyeri Perut yang Berpindah dari Sekitar Pusat ke Perut Kanan Bawah.

4 Gejala Radang Usus Buntu yang Belum Kamu Ketahuiwww.clipartkid.com

Pada permulaan timbul nyeri, nyeri dirasakan disekitar pusat, nyeri dapat sakit maag biasa atau nyeri perut sembelit. apabila dalam rentang waktu 8-12 jam nyerinya bermigrasi dari sekitar perut menuju perut kuadran kanan bawah, makan kemungkinan besar adalah appendisitis. sifat nyeri dari nyerinya ialah; nyeri dirasakan terus menerus, tidak terdapat penjalaran nyeri ke bagian tubuh lain, apabila sedikit bergerak menjadi semakin nyeri, sehingga mereka cenderung membungkuk dan menahan perut kanan bawah. dan penderita cenderung akan terbaring ditempat tidur dan membatasi gerakan perutnya.

2. Mual dan muntah

4 Gejala Radang Usus Buntu yang Belum Kamu Ketahuiaskapid.blogspot.co.id

Mual dan muntah untuk gejala penyakit ini kurang spesifik. spesifik apabila mual dan muntah terjadi setelah mulainya onset nyeri perut pada penjelasan no.1. Apabila sebelum itu diduga mual muntah tersebut penyebabnya bukan appendisitis.

3. Anorexia

4 Gejala Radang Usus Buntu yang Belum Kamu Ketahui4.bp.blogspot.com

Anorexia adalah kondisi dimana seseorang tidak nafsu makan. gejala ini pun kurang spesifik. Tetapi apabila onsetnya setelah nyeri perut kuadran kanan bawah, gejala anorexia sangat bermakna. dikarenakan adanya bagian usus yang meradang, keinginan untuk memasukkan ke saluran pencernaan sangat tidak ada. 

4. Demam

4 Gejala Radang Usus Buntu yang Belum Kamu Ketahuihttp://www.besthealthmag.ca

Demam, merupakan tanda adanya peradangan atau infeksi pada tubuh kita. untuk demam sendiri tidak sensitiv dan spesifik terhadap appendisitis. tetapi apabila terdapat keluahan tiga diatas lalu disertai demam dengan suhu diatas 36.3 derajat selsius. kemungkinan besar adalah appendisitis.

Kamu Harus Segera ke IGD Rumah Sakit

4 Gejala Radang Usus Buntu yang Belum Kamu Ketahuihttp://rsusmc.com

Untuk appendisitis termasuk keadaan emergency, jadi untuk penatalaksanaan harus ke IGD. karena terapi untuk appendisitis akut adalah pembedahan dengan cara melakukan pengangkatan pada appendix yang meradang dan tentu saja pemberian antibiotik dan obat-obatan lainnya. Intinya apabila ada keluhan seperti di atas segera di bawa ke fasilitas kesehatan terdekat, untuk memastikan diagnosis dan menentukan recana terapi selanjutnya.

Bahana Valenta Photo Writer Bahana Valenta

penulis adalah seorang dokter muda di salah perguruan tinggi di Indonesia yang dalam hitungan bulan akan menyelesaikan studi kedokterannya. di sela kesibukan berusaha menghadirkan informasi kesehatan kepada masyarakat umum, agar mengetahui hal-hal penting dalam suatu penyakit dan tidak terlambat mengambil keputusan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya