Comscore Tracker

7 Hal Positif yang Terjadi Bila Kamu Rutin Minum 8 Gelas Air

Sudah minum air putih berapa gelas hari ini?

Para ahli kesehatan tak bosan-bosannya untuk terus mengingatkan kan pentingnya hidrasi tubuh. Meski demikian, beberapa orang mungkin butuh lebih banyak ataupun lebih sedikit karena kondisi tertentu.

Ada cara mudah untuk mengetahui seberapa banyak tubuhmu butuh cairan. Salah satunya adalah dengan melihat tingkat kejernihan urine. Bila urine berwarna jernih atau pucat, selamat, tandanya kamu memiliki hidrasi yang baik. Namun, bila warnanya kuning atau kuning cerah, kamu mungkin butuh menenggak lebih banyak air.

Bila tidak ada kondisi medis tertentu, kita disarankan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas atau 2 liter per hari. Nah, inilah hal positif yang akan terjadi pada tubuh bila kamu rutin minum sebanyak itu setiap harinya.

1. Secara stamina, otot kamu akan lebih kuat

7 Hal Positif yang Terjadi Bila Kamu Rutin Minum 8 Gelas Airpexels.com/Pixabay

Salah satu dari banyak manfaat air minum adalah membantu latihan fisik. Otot butuh keseimbangan elektrolit yang baik seperti natrium, kalium, dan magnesium agar berfungsi dengan baik. Tanpa hidrasi yang memadai, elektrolit tidak dapat bertukar dengan mudah, dan otot dapat kehilangan kekenyalan dan lebih rentan mengalami kram. 

Jika kamu sedang melatih pembentukan otot, kamu tidak akan mendapatkan intensitas itu jika kamu tidak terhidrasi, karena otot membutuhkan air. Makanya, minumlah 8 ons atau 236 liter air sebelum berolahraga.

Kamu mungkin tak perlu membawa botol minuman selama berolahraga intensitas ringan atau sedang. Namun, siapkan air putih atau minuman olahraga bila melakukan olahraga atau aktivitas fisik berat, atau saat berolahraga saat cuaca panas.

2. Membuatmu lebih berenergi

7 Hal Positif yang Terjadi Bila Kamu Rutin Minum 8 Gelas Airpexels.com/AndreaPiacquadio

Sel di dalam tubuh butuh air untuk bisa berfungsi dengan baik. Saat mengalami dehidrasi, membran sel menjadi kurang permeabel, menghambat aliran hormon dan nutrisi ke dalam sel dan mencegah produk limbah yang menyebabkan kerusakan sel mengalir keluar. Ketika itu terjadi, energi akan habis dan kamu bisa mengalami kelelahan. Ini tertuang dalam sebuah ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Reviews tahun 2011.

3. Menjaga pencernaan tetap terkontrol

7 Hal Positif yang Terjadi Bila Kamu Rutin Minum 8 Gelas AirIlustrasi Anggota Tubuh (Perut) (IDN Times/Mardya Shakti)

Setiap sel dalam tubuh kita membutuhkan air, dan jika tubuh kekurangan hidrasi di satu area, imbasnya akan kesulitan buang air besar alias sembelit. Mengapa bisa demikian?

Ketika tubuh membutuhkan lebih banyak air di area tertentu, secara alamiah tubuh akan mengambil sumber mineral dari area yang kurang membutuhkan air tapi banyak kandungan airnya, dan ini berarti akan mengambil dari sistem pencernaan. 

Maka dari itu, bila kamu terhidrasi dengan baik, kamu bisa terhindar dari sembelit.

Baca Juga: Kenali 7 Ciri Tubuh Kamu Mulai Dehidrasi, Segera Minum Jangan Tunda!

4. Membantu mengusir patogen

7 Hal Positif yang Terjadi Bila Kamu Rutin Minum 8 Gelas Airpexels.com/AndreaPiacquadio

Salah satu manfaat minum air secara cukup lainnya adalah membantu kamu pulih lebih cepat saat sedang sakit, misalnya saat sedang flu.

Tubuh kita harus meningkatkan asupan cairan untuk meluncurkan serangan terhadap kuman penyakit, yang berarti sel tubuh membutuhkan lebih banyak kalori dan cairan untuk memenuhi permintaan ini.

Misalnya, ketika kamu kehilangan cairan kita hidung meler saat sedang flu untuk mengeluarkan patogen. Karena kamu butuh fungsi yang kuat untuk melawan patogen tersebut, kamu butuh hidrasi yang cukup untuk mendukungnya.

5. Akan lebih jarang mengalami sakit kepala

7 Hal Positif yang Terjadi Bila Kamu Rutin Minum 8 Gelas AirIlustrasi sakit kepala (IDN Times/Mardya Shakti)

Melansir Medical News Today, dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala. Nyeri yang dirasakan bisa ringan atau parah seperti migrain.

Tubuh butuh keseimbangan cairan dan elektrolit yang tepat agar berfungsi dengan baik. Setiap hari, tubuh kehilangan air melalui aktivitas sehari-hari, seperti berkeringat dan buang air kecil.

Sering kali, jumlah cairan yang hilang dengan mudah diimbangi melalui minum atau makan makanan berkuah. Namun, kadang tubuh kehilangan cairan lebih cepat. Pada masa-masa ini, tubuh bisa mengalami dehidrasi yang dapat memicu sakit kepala

Saat tubuh mengalami dehidrasi, otak dapat berkontraksi sementara atau menyusut karena kehilangan cairan. Mekanisme ini menyebabkan otak menarik diri dari tengkorak, menyebabkan rasa sakit dan menyebabkan sakit kepala dehidrasi.

Ketika kembali terhidrasi, otak akan kembali ke ukuran semula dan meredakan sakit kepala. Jadi, bila kamu cukup minum air, kamu akan terhindar dari sakit kepala akibat dehidrasi.

6. Jantungmu akan bekerja lebih baik

7 Hal Positif yang Terjadi Bila Kamu Rutin Minum 8 Gelas AirIlustrasi jantung sehat. freepik.com/pressfoto

Melansir WebMD, jantung tak akan bekerja lebih keras bila kamu minum cukup air. Faktanya, dehidrasi ringan pun memengaruhi pembuluh darah, membuatnya kurang elastis, hampir sama efeknya dengan merokok.

Kurang minum air juga dapat menyebabkan lebih sedikit darah di tubuh, yang mana ini bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan detak jantung. Maka dari itu, minum air dengan cukup, ya!

7. Kamu akan lebih glowing

7 Hal Positif yang Terjadi Bila Kamu Rutin Minum 8 Gelas AirPexels/MannQuang

Status hidrasi tubuh sangat memengaruhi kulit. Melansir The Healthy, kulit adalah organ terbesar di tubuh yang bergantung pada air untuk menghasilkan sel-sel baru dan memberi kesan glowing

Kulit juga butuh air untuk melakukan tugasnya dalam mengatur suhu tubuh. Memperbanyak minum air akan berdampak baik untuk kulit, membuatnya lebih elastis dan lembap.

Itulah tujuh hal positif yang terjadi dalam tubuh bila kamu rutin minum air putih delapan gelas setiap harinya. Sebetulnya masih banyak lagi, lho, manfaatnya, misalnya menyehatkan ginjal, melubrikasi sendi, mengeluarkan racun dalam tubuh, menurunkan berat badan, dan lain-lain. Namun, pastikan untuk tidak minum air secara berlebihan karena ada ancaman hiponatremia.

Baca Juga: Ini 7 Hal yang Terjadi Jika Kamu Rajin Minum Susu Setiap Hari!

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya