Comscore Tracker

Ingat, 6 Kesalahan Ini Bisa Membuat Periode Menstruasimu Terganggu

Kalau lagi stres, besar kemungkinan kamu akan telat dapetnya

Setiap bulan, seorang wanita normal yang usia reproduksi akan mengalami menstruasi selama sekitar 2 sampai 7 hari. Walaupun sekarang kamu mungkin tahu berapa banyak pembalut dan tampon yang kamu butuhkan, berapa lama periodenya berlangsung, dan apa yang harus digunakan untuk mengobati gejala sindrom pramenstruasi (PMS), tapi tiba-tiba periodenya tidak teratur. 

Kamu mungkin telah memperbuat yang bisa membuatnya tidak teratur. Ya, beberapa kebiasaan selama sebulan dapat memengaruhi aliran menstruasi ke depannya.

1. Kamu membersihkan dari belakang ke depan

Ingat, 6 Kesalahan Ini Bisa Membuat Periode Menstruasimu Tergangguilustrasi tisu (pexels.com/JulianPaoloDayag)

Apakah kamu sedang menstruasi atau tidak, tindakan yang terbaik adalah mengusap dari depan ke belakang. Metode ini sangat penting untuk menjaga kesehatan area V. 

Cara ini juga agar kamu tidak membawa bakteri dari daerah dubur ke uretra. Hal ini membuat Anda rentan terhadap infeksi saluran kemih.

2. Terlalu membersihkan area V

Ingat, 6 Kesalahan Ini Bisa Membuat Periode Menstruasimu Tergangguilustrasi air bersih (pexels.com/Pixabay)

Menstruasi berbau dan beberapa orang berpikir untuk perlu menutupi baunya dengan bedak, sabun, lap atau apa pun yang sekiranya bisa menyamarkan aroma tak sedap. Namun, menggunakan produk wangi ini justru bisa mengiritasi area V.

Cara terbaik untuk menjaga flora vagina tetap sehat dan bahagia adalah dengan membersihkan bagian dalam dengan air saja yang tentunya bersih. Sebaiknya hindari sabun, tisu basah, dan sabun mandi yang wangi. Sedangkan untuk bagian luar, gunakan sabun berbahan alami yang tidak memiliki label 'wewangian' atau 'parfum' untuk membantumu merasa segar.

3. Kesalahan menggunakan produk feminin

Ingat, 6 Kesalahan Ini Bisa Membuat Periode Menstruasimu Tergangguilustrasi pembalut (pexels.com/KarolinaGrabowska)

Hindari produk yang secara salah mengiklankan hal-hal seperti 'vagina dengan pH seimbang' atau 'pelembap vagina tahan lama',  karena produk tersebut dapat dengan mudah mengganggu keasaman alami V dan membunuh bakteri baik.

Hal yang kamu butuhkan hanyalah produk yang menyerap darah. Jadi, gunakan pembalut dan tampon tanpa pewangi.

Baca Juga: [OPINI] Menstruasi Bukan Hal yang Perlu Kita Sembunyikan

4. Kurang mengonsumsi zat besi

Ingat, 6 Kesalahan Ini Bisa Membuat Periode Menstruasimu Tergangguilustrasi daging ayam siap makan (pexels.com/ArtemBeliaikin)

Wanita yang sedang menstruasi bisa kehilangan sedikitnya lima sampai 12 sendok teh darah setiap siklus, tergantung pada seberapa berat aliran mereka. Saat seseorang kehilangan darah yang kaya zat besi, suplai zat besi juga berkurang. Padahal zat besi membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh, yang memberi tubuh energi yang dibutuhkannya.

Menanggapi penipisan zat besi bulanan ini, tubuh kamu hampir tiga kali lipat melakukan penyerapan zat besinya setiap hari, yang berarti kamu menggunakan lebih banyak zat besi dan perlu meningkatkan asupan zat besi untuk memastikan tubuh memiliki cukup zat besi untuk berfungsi dengan baik. Karena itu, sebaiknya usahakan mengkonsumsi asupan yang kaya akan zat besi seperti tiram, daging merah, atau aprikot kering.

5. Membiarkan emosi negatif menguasai diri

Ingat, 6 Kesalahan Ini Bisa Membuat Periode Menstruasimu Tergangguilustrasi pasangan tengah berdebat (pexels.com/BudgeronBach)

Dulunya setiap bulan selalu teratur, namun kini jadi terlambat, coba perhatikan apakah kamu stres. Apakah kamu punya beban hidup yang berat dalam beberapa seminggu terakhir?

Kamu perlu sadar bahwa emosi bisa mempengaruhi periode menstruasi kamu. Apalagi jika kamu memasukkan emosi yang negatif. Sebaliknya, kurangi gejala PMS dengan mencoba melakukan hal-hal yang membuat kamu bahagia seperti mendengarkan lagu favorit, jogging ringan, atau menonton acara Netflix favorit kamu.

6. Konsumsi air minum yang kurang

Ingat, 6 Kesalahan Ini Bisa Membuat Periode Menstruasimu Tergangguilustrasi menuangkan air ke gelas (pexels.com/cottonbro)

Saat kamu sedang menstruasi, kamu akan mengalami fluktuasi hormon dalam kadar estrogen dan progesteron. Saat kadar estrogen dan progesteron ini surut dan mengalir sepanjang siklus menstruasi, tubuh akan menahan lebih banyak air dan memperlambat pencernaannya, yang dapat menyebabkan sembelit, gas dan kembung yang tidak nyaman.

Tetapi ada solusi sederhana untuk masalah ini: air. Tetap terhidrasi selama periode adalah cara yang bagus untuk melawan kembung dan membuang darah hasil menstruasi tersebut. Makan protein tanpa lemak, mengemil almond, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau seperti bayam juga dapat membantu menghindari kembung

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya