Comscore Tracker

Tak Disadari, 5 Kebiasaan Konyol Ini Berisiko Meningkatkan Berat Badan

Kalau mau berat badan turun, perhatikan ini, ya!

Ada beberapa hal yang kita lakukan sepanjang hari yang secara tidak sadar memengaruhi pola kehidupan kita. Dari sekian banyak efek, salah satunya adalah gaya dan kebiasaan makan yang ternyata dapat meningkatkan berat badan.

Banyak di antara kebiasaan di bawah ini yang mungkin jarang diperhatikan atau disadari. Bila diperhatikan secara saksama segera mengubahnya, dampaknya akan terasa!

1. Makan karena bosan

Tak Disadari, 5 Kebiasaan Konyol Ini Berisiko Meningkatkan Berat Badanpexels.com/RODNAEProductions

Kebiasaan makan karena bosan adalah salah satu faktor yang jarang dihiraukan, tetapi bisa berdampak signifikan dalam naiknya berat badan. Apalagi kalau kamu sering bosan, bisa-bisa jadi makin sering makan!

Makanya, saat kamu merasa bosan dan mulut rasanya ingin mengunyah makanan, tanyakan dulu pada dirimu apakah kamu benar-benar lapar?

Sebetulnya ada banyak cara untuk mengelabui nafsu makan saat dilanda kebosanan. Misalnya dengan melakukan kegiatan untuk menghilangkan rasa bosan tersebut, seperti olahraga.

Bila ingin menurunkan berat badan, coba komitmen untuk menghilangkan kebiasaan yang satu ini, ya. Bila memang merasa ingin ngemil, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan segar atau kacang-kacangan secukupnya.

2. Menghabiskan sisa makanan orang lain

Tak Disadari, 5 Kebiasaan Konyol Ini Berisiko Meningkatkan Berat Badanpexels.com/Andrea Piacquadio

Biasanya seseorang melakukan ini karena sayang bila makanan dibuang atau menganggapnya mubazir. Padahal, kalau kebiasaan ini terus dilakukan, tentu saja berat badan bisa bertambah karena porsi makan yang meningkat.

Maka dari itu, saat kamu memasak untuk keluarga, tentukan porsi makan untuk tiap anggota keluarga, jangan sampai berlebihan. 

Baca Juga: Life Hack! Terapkan Trik Ini supaya Berhasil Turun Berat Badan

3. Makan dengan piring berukuran besar

Tak Disadari, 5 Kebiasaan Konyol Ini Berisiko Meningkatkan Berat Badanpexels.com/Askar Abayev

Ada kemungkinan secara tidak sadar kita menyesuaikan rasio makanan dengan ukuran piring makan. Ketika kamu makan dengan piring berukuran besar, kamu tanpa sadar akan mengisi piring tersebut sesuai diameter piring. Rasanya kurang kalau piring makan tidak penuh sesuai ukurannya.

Mungkin kamu bisa mencoba mulai makan dengan piring yang lebih kecil, sehingga porsinya pun bisa disesuaikan dan membuatmu merasa puas.

4. Makan dengan cepat

Tak Disadari, 5 Kebiasaan Konyol Ini Berisiko Meningkatkan Berat Badanfreepik.com/tirachardz

Memang, ada orang yang punya kebiasaan makan cepat, ada pula yang lebih lambat. Sebetulnya soal kecepatan makan ini tidak terlalu jadi masalah bila porsi makanannya tidak berlebihan. Namun, perut faktanya butuh sekitar 20 menit untuk memberi sinyal ke otak bahwa kamu sudah kenyang, menurut sebuah laporan dalam Journal of the American Dietetic Association tahun 2008.

Itu menunjukkan bahwa makan secara perlahan bisa membantu memaksimalkan rasa kenyang dan mengurangi asupan energi dalam makanan. Maka dari itu, hindari makan terburu-buru dan nikmatilah tiap suapannya. Luangkan waktu sekitar 20 menit untuk menyelesaikan tiap porsi makan.

5. Makan dengan teman yang punya kebiasaan makan berlebihan

Tak Disadari, 5 Kebiasaan Konyol Ini Berisiko Meningkatkan Berat Badanpexels.com/cottonbro

Mungkin ini terdengar seperti body shaming. Namun, faktanya bila kita berada dalam kelompok sosial yang mendukung perilaku tertentu, kita akan lebih cenderung terlibat dalam perilaku tersebut.

Melansir Science Daily, sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition tahun 2009, saat kamu makan dengan mereka yang punya kebiasaan makan berlebihan, maka sekitar 57 persen kemungkinannya kamu akan melakukan kebiasaan makan seperti itu.

Bukannya mengatakan kalau kamu harus menghindari teman yang punya kebiasaan makan berlebih, tetapi setidaknya kamu harus menetapkan prinsip makan dengan porsi wajar dan bijak, siapa pun temanmu.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa berisiko meningkatkan berat badan. Jadi, bila kamu melakukan satu atau beberapa di antaranya, segera hentikan, ya. Terapkan pola makan sehat bergizi seimbang, olahraga rutin, tidur cukup, dan kelola stres dengan baik agar kamu mencapai dan menjaga berat badan yang diinginkan secara sehat.

Baca Juga: 13 Mindset Negatif Ini Bikin Makin Susah Turun Berat Badan

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya