Comscore Tracker

5 Manfaat Unik Jus Acar, Salah Satunya Bantu Turunkan Berat Badan!

Lain kali air atau jus dari acar jangan dibuang, ya

Jus acar mungkin salah satu daftar makanan sehat yang cukup random didengar. Padahal, acar dan makanan fermentasi lainnya memiliki beberapa manfaat kesehatan yang cukup mengesankan bagi tubuh.

Akan tetapi, kamu harus hati-hati apabila memiliki tekanan darah tinggi atau sensitif terhadap natrium atau garam dapat menaikkan tingkat tekanan darah. Bila kamu tidak punya kondisi tersebut, kamu bisa mencoba minum jus acar yang menawarkan beberapa manfaat kesehatan berikut ini.

1. Menyembuhkan kram otot

5 Manfaat Unik Jus Acar, Salah Satunya Bantu Turunkan Berat Badan!pexels.com/AndreaPiacquadio

Kandungan natrium yang tinggi pada jus acar — baik dalam versi fermentasi maupun cuka — sangat bermanfaat untuk membantu tubuh memaksimalkan cairan tubuh. Tentunya ini sangatlah berguna saat kamu berolahraga dalam jangka waktu yang lama. Olahraga dalam waktu lama, misalnya lebih dari 1 jam, bisa berdampak pada hilangnya cairan akibat keringat, yang nantinya bisa menyebabkan dehidrasi dan kram otot.

Sebuah penelitian dari Brigham Young University, Amerika Serikat (AS), yang diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise tahun 2010 menemukan bahwa jus acar terbukti dalam mengurangi kram otot dibanding air biasa. Para peneliti menyebut bahwa jus acar bisa meredakan kram otot sekitar 37 persen lebih cepat dibandingkan dengan minum air putih saja.

2. Mempercepat penurunan berat badan

5 Manfaat Unik Jus Acar, Salah Satunya Bantu Turunkan Berat Badan!Menimbang berat badan (IDN Times/Nurulia R. Fitri)

Bagi yang sedang diet tetapi belum membuahkan hasil, mungkin jus acar bisa menolongmu. Berdasarkan sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry tahun 2009, jus acar dapat membantu mempercepat penurunan berat badan mereka yang diet berkat komponen utamanya, yaitu asam asetat.

Menurut tim peneliti, asam tampaknya bisa mengganggu kemampuan tubuh mencerna pati. Gangguan tersebut ternyata berdampak baik, yaitu menghasilkan lebih sedikit pati yang dipecah menjadi kalori dalam aliran darah.

Baca Juga: Jangan Lakukan 7 Hal Ini kalau Kamu Minum Cuka Apel, Bahaya!

3. Bisa juga membantu meredakan kram perut saat PMS

5 Manfaat Unik Jus Acar, Salah Satunya Bantu Turunkan Berat Badan!pexels.com/SoraShimazaki

Manfaat ini sebetulnya mirip dengan yang dijelaskan pada poin pertama, yang mana bisa membantu meredakan kram otot. 

Banyak perempuan yang mengalami kram otot jelang ataupun saat menstruasi. Nah, jus acar bisa dimanfaatkan untuk meredakan nyeri haid tersebut. Kamu bisa meminum setengah cangkir jus acar untuk meredakan kram dan rasakan sensasinya.

4. Mengontrol gula darah

5 Manfaat Unik Jus Acar, Salah Satunya Bantu Turunkan Berat Badan!freepik.com/freepik

Seperti yang kita ketahui, kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan diabetes. Bila kadar gula darah tidak dikontrol dengan baik, bisa menyebabkan komplikasi atau penyakit kronis lainnya.

Nah, air acar, yaitu cuka, telah terbukti bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah lewat cara kerjanya yang meningkatkan respons tubuh terhadap insulin, dan secara signifikan membantu mengurangi kadar gula darah setelah makan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes Research tahun 2012 menemukan bahwa minum sedikit cuka sebelum makan dapat membantu menstabilkan kadar gula darah setelah makan pada orang-orang dengan diabetes tipe 2.

5. Melancarkan proses pencernaan

5 Manfaat Unik Jus Acar, Salah Satunya Bantu Turunkan Berat Badan!unsplash.com/little plant

Seiring dengan usaha penemuan obat alami dalam menyelesaikan masalah usus, makanan fermentasi telah menarik banyak perhatian karena potensi probiotik yang dimilikinya.

Nah, salah satu perhatian adalah jus acar. Mengonsumsinya dapat membantu meringankan gangguan pencernaan. Kandungan probiotik dalam air acar dapat mendukung pertumbuhan dan keseimbangan sehat dari bakteri baik yang menjaga ususmu tetap sehat. Hal ini sudah didukung lewat penelitian yang diterbitkan di jurnal Foods tahun 2018.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang tak terduga dari jus acar. Bagaimana, penasaran untuk mencobanya?

Baca Juga: 5 Manfaat Penting Makan Acar, Bukan Sekedar Camilan Biasa

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya