Comscore Tracker

5 Rutinitas Pagi Hari yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tetap Prima

Coba deh diterapkan!

Rutinitas pagi hampir sama pada setiap orang di seluruh dunia. Tapi hanya sedikit yang menyadari bahwa ada aktivitas lain yang jika dilakukan saat memulai hari akan sangat bermanfaat. Berikut adalah manfaat beberapa ritual pagi yang kadang sering kita dengar tapi jarang diterapkan.

1. Memijat telinga

5 Rutinitas Pagi Hari yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tetap Primawell.org

Memijat telingamu bisa membantu terbangun sepenuhnya dari tidur. Hal ini bisa dilakukan untuk mengawali pagi saat kamu masih di tempat tidur. Memberi stimulasi pada bagian sensitif telinga dan bisa menghasilkan dampak positif pada tenaga serta semangat.

2. Minum segelas air hangat dengan lemon

5 Rutinitas Pagi Hari yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tetap Primawinslettwalls.com

Ada banyak alasan kenapa kamu jangan langsung minum kopi di pagi hari, lebih baik diganti dengan air hangat. Hal ini akan meningkatkan kerja sistem pencernaan, ginjal, dan usus. Selain itu, manfaat lain adalah bisa mengurai racun dalam tubuh dan meningkatkan imunitas.

Kamu juga tidak perlu memeras jus lemon, cukup potong-potong lemon, bersihkan, dan rendam pada air hangat yang akan diminum. Minum air hangat dengan lemon ini 20-30 menit sebelum sarapan.

Baca Juga: 8 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bikin Perut Buncitmu Jadi Rata, Simpel!

3. Bersihkan lidah

5 Rutinitas Pagi Hari yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tetap Primayubacitydentistry.com

Kita semua tahu bahwa kamu harus menggosok gigi minimal dua kali sehari. Tapi itu tidak cukup, sejumlah bakteri juga bisa terakumulasi di lidahmu, memicu bau mulut, gigi berlubang, dan masalah pada gusi.

Untuk membersihkan lidahmu cukup gunakan sikat gigi standar. Hati-hati untuk tidak menyikat lidah terlalu keras, atau kamu bisa membahayakan permukaan lidahmu.

4. Konsumsi satu sendok madu

5 Rutinitas Pagi Hari yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tetap Primamomjunction.com

Madu bisa memberimu tenaga, menstimulasi daya ingat dan produktivitas, meringankan batuk, dan mengurangi gejala alergi. Karena alasan tersebut, mulailah harimu dengan satu sendok teh madu.

Idealnya, madu yang dikonsumsi masih segar, alami, dan dikonsumsi 10-15 menit sebelum sarapan. Jika terlalu manis, kamu bisa melarutkannya dalam segelas air, dan manfaatnya masih sama.

5. Sikat gigi dengan bahan yang mengandung hidrogen peroksida

5 Rutinitas Pagi Hari yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tetap Primajennifersilveradds.com

Kamu bisa mengakhiri rutinitas pagi dengan sikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung hidrogen peroksida. Prosedur ini bermanfaat untuk memutihkan gigi, menghilangkan bau mulut, dan melindungi serta merawat gusi.

Apakah kamu sudah melakukan kebiasaan tersebut di atas? Awali pagi harimu dengan rutinitas sederhana di atas tapi manfaatnya sangat besar untuk kesehatan.

Baca Juga: 10 Tanda Kamu Sudah Mulai Jenuh dengan Rutinitas Sehari-hari 

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya