Comscore Tracker

5 Penyebab Terjadinya Sembelit Selama Liburan

Susah buang air besar sungguh mengganggu

Mengalami sembelit saat liburan? Kenapa mesti malu? Menurut hasil riset diketahui bahwa sekitar 40 persen orang menderita karena sembelit saat liburan, susah buang air besar adalah masalah yang sangat lumrah. Berikut adalah beberapa alasan kita sering mengalami sembelit saat sedang liburan. Simak ulasannya!

1. Rutinitas harian berubah

5 Penyebab Terjadinya Sembelit Selama Liburanthehealthy.com

Masalah terbesar terjadinya sembelit saat liburan adalah perubahan rutinitas. Perbedaan kebiasaan terjadi ketika kamu liburan, atau kamu tidak punya waktu ke toilet selama tiga sampai empat hari. Ketika jadwalmu tidak teratur, tubuhmu bisa jadi tidak bisa menyesuaikan.

2. Peringatan dari tubuh diabaikan

5 Penyebab Terjadinya Sembelit Selama Liburanhealth.clevelandclinic.org

Pada rutinitas harian, kita sangat memperhatikan gejala dari tubuh yang menandakan waktunya buang air besar. Tapi saat liburan, misalnya di pantai atau di gunung, akan mudah sekali kita mengabaikan perut mulas. Banyak sekali orang tidak sadar mereka mengalami sembelit saat liburan.

3. Tidak nyaman di toilet asing

5 Penyebab Terjadinya Sembelit Selama Liburanlifehacker.com

Merasa nyaman adalah kunci utama kita bisa buang air besar dengan lancar, sehingga memakai toilet yang asing atau sulit menemukan toilet yang bersih (atau alasan privasi lain) bisa menyebabkan kita menahan perut mulas sehingga memicu terjadinya sembelit saat liburan.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Cegah Sembelit, Atasi Segera Pencernaan yang Gak Lancar

4. Kebiasaan makan dan minum berubah

5 Penyebab Terjadinya Sembelit Selama Liburanjenbroyles.com

Mengganti makanan favorit kaya serat yang biasa kita makan dengan makanan lain mungkin tampak variatif, tapi hal itu sebenarnya bisa menghalangi sistem pencernaan bekerja secara efisien. Sembelit selama liburan juga bisa disebabkan dehidrasi karena kurang minum air. Kapan pun saat terjadi perubahan jenis makanan, maka siklus buang air besar juga akan terganggu.

5. Merasa stres dan khawatir

5 Penyebab Terjadinya Sembelit Selama Liburanhealthination.com

Takut terbang dengan pesawat atau merasa kerepotan mempersiapkan liburan bisa memicu stres dan rasa khawatir, dua hal tersebut juga bisa jadi penyebab kamu mengalami sembelit selama liburan.

Nah, itu tadi lima penyebab terjadinya sembelit selama liburan. Jangan sampai masalah susah buang air besar mengganggu liburanmu.

Baca Juga: Duh, 10 Kebiasaan Ini Malah Bikin Sembelit Makin Parah

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya