Comscore Tracker

5 Risiko yang Terjadi Bila Kamu Tidur dalam Kondisi Perut Lapar

Tidak baik untuk kesehatan tubuh dan mental

Tidur dengan perut keroncongan punya dampak yang beragam pada setiap orang. Tapi menurut banyak ahli medis, tidur dalam kondisi lapar akan lebih berpengaruh buruk terhadap kesehatan tubuh dan mental seseorang.

Berikut adalah lima risiko yang bisa terjadi jika kamu tidur dalam kondisi lapar. Simak ulasannya!

1. Mata susah terpejam

5 Risiko yang Terjadi Bila Kamu Tidur dalam Kondisi Perut Laparlivemint.com

Pergi tidur tanpa makan malam bisa menyebabkan kamu sempoyongan di pagi hari. Kamu mungkin akan merasa baik-baik saja setelah melewatkan makan malam, tapi saat akhirnya kamu tertidur, respon dari rasa lapar tetap akan membuat otakmu bekerja, menyebabkan tidurmu tidak nyenyak di malam hari.

2. Bobot tubuh bisa naik

5 Risiko yang Terjadi Bila Kamu Tidur dalam Kondisi Perut Laparthehealthy.com

Banyak orang mengira mereka sedang berdiet dengan tidur dalam kondisi lapar, tapi sebenarnya semakin kamu merasa lapar, semakin menambah nafsu makan. Jika kamu menunggu sampai benar-benar kelaparan untuk makan, kadar gula darahmu akan turun sangat rendah yang bisa memicu kamu memakan apa saja yang dijumpai.

Bahkan dalam kondisi lebih buruk, tidur dengan perut kosong bisa memicu kamu untuk makan besar di tengah malam, meningkatkan kadar gula darahmu sampai level tidak sehat dan merusak metabolisme sepanjang esok hari.

Baca Juga: Selain Kurang Tidur, Ini 5 Hal Penyebab Ngantuk Sepanjang Hari

3. Kehilangan massa otot

5 Risiko yang Terjadi Bila Kamu Tidur dalam Kondisi Perut Laparshape.com

Membentuk otot di gym bisa tidak berarti apa-apa jika kamu tidur dalam kondisi lapar. Tidur dengan perut kosong menyebabkan kamu tidak punya nutrisi yang dibutuhkan untuk mengubah protein menjadi otot, dan tubuhmu akan mulai mengurai otot untuk menghasilkan energi.

Untuk memaksimalkan potensi latihan ototmu, cobalah untuk makan malam beberapa jam sebelum tidur, pastikan tubuhmu tercukupi dengan makanan yang mengandung cukup protein agar bisa diubah menjadi otot.

4. Kekurangan sumber energi

5 Risiko yang Terjadi Bila Kamu Tidur dalam Kondisi Perut Laparirishnews.com

Bayangkan tubuhmu tidak mendapat asupan makanan di malam hari! Tubuhmu secara konstan mengonsumsi energi selama 24 jam, membakar kalori sepanjang waktu, artinya kamu perlu menjaga proses itu tetap pada level yang efisien meski kamu sedang tidur.

Menurut riset Florida State University, laki-laki yang mengonsumsi 30 gram protein sebelum tidur punya tingkat energi pagi hari yang lebih baik dibanding mereka yang tidak mengonsumsi apa-apa sebelum tidur.

Jika kamu tidur dalam kondisi lapar, level energimu akan turun dan memicu dampak buruk pada esok hari, jadi usahakan untuk makan malam beberapa jam sebelum tidur.

5. Menjadikan orang sensitif

5 Risiko yang Terjadi Bila Kamu Tidur dalam Kondisi Perut Laparthehealthy.com

Beraktivitas dengan perut kosong bisa membuat siapa pun jadi sensitif, khususnya jika kamu berangkat kerja tanpa sarapan dan malam sebelumnya kamu pergi tidur dalam kondisi lapar, kamu bisa menjadi seorang pemarah.

Bahkan ada bukti saintifik dari riset University of Cambridge yang menemukan bahwa level serotonin, hormon yang mengatur perilaku mulai naik-turun saat seseorang belum makan, berdampak pada bagian otak yang membantu orang mengendalikan amarah mereka.

Nah, itu tadi lima risiko yang bisa timbul karena tidur dalam kondisi perut kosong. Selain berdampak pada fisik, tidur dalam kondisi lapar juga berpengaruh pada kondisi mental.

Baca Juga: Mengapa Kamu Merasa Kelaparan Setelah Berenang? Ketahui Penjelasannya

Bayu Widhayasa Photo Community Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You