Comscore Tracker

6 Tips Kesehatan Biar Kamu Gak Sakit Saat Kembali dari Mudik

Siapkan dirimu untuk perjalanan panjang

Berencana mudik melalui jalur darat dengan kendaraan pribadi? Kamu perlu mengerti kiat-kiat menjalaninya agar kamu tetap fit sepanjang perjalanan. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Sleepy's, sebanyak 60 persen pengendara merasa sangat kelelahan dalam perjalanan panjang, yang sangat berisiko menyebabkan perjalanan. Ini merupakan dampak dari "hipnosis jalanan" yang bisa membuat tubuhmu makin lelah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah 7 tips untuk memastikanmu tetap sehat di sepanjang perjalanan mudikmu!

1. Kamu harus selalu terhidrasi dengan baik

6 Tips Kesehatan Biar Kamu Gak Sakit Saat Kembali dari Mudikaol.com

Bawalah air minum sebanyak mungkin yang kamu bisa, jangan sampai kamu dehidrasi. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membuat metabolisme tubuhmu tetap terjaga normal dan kamu bisa berkonsentrasi untuk menyetir.

2. Tidur yang cukup sejak dua hari sebelum kamu mulai mudik

6 Tips Kesehatan Biar Kamu Gak Sakit Saat Kembali dari Mudiksharonpeaslee.com

Jangan sampai kamu kelelahan bahkan sebelum menjalani mudik itu sendiri. Setidaknya dua sampai tiga hari sebelumnya, usahakan kamu telah tidur malam dengan cukup. Tidur malam yang cukup adalah 7-8 jam.

3. Rencanakan beberapa tempat pemberhentianmu dan laksanakan sesuai rencana

6 Tips Kesehatan Biar Kamu Gak Sakit Saat Kembali dari Mudikjakarta100bars.com

Menurut para ahli, kamu memang harus sesekali keluar dari mobilmu atau turun dari motormu dalam perjalanan mudik yang sangat panjang. Kamu perlu meregangkan otot-ototmu yang menjadi kaku karena terus menerus menyetir dengan posisi statis. Posisi statis dalam waktu yang sangat lama memiliki beragam risiko kesehatan.

4. Gunakan wewangian favoritmu baik parfum badan maupun parfum kendaraanmu

6 Tips Kesehatan Biar Kamu Gak Sakit Saat Kembali dari Mudikaliexpress.com

Wangi favoritmu akan menenangkan pikiranmu dalam perjalanan mudik yang berisiko membuatmu emosi dan kehilangan kendali. Selain akan membuatmu rileks, wangi favoritmu akan membuatmu tetap terjaga dan berenergi. Ketika kamu seakan butuh asupan energi, hiruplah wewangian favoritmu itu.

5. Kunyahlah sesuatu yang tidak cepat habis, seperti permen karet

6 Tips Kesehatan Biar Kamu Gak Sakit Saat Kembali dari Mudikengadget.com

Proses repetitif dari mengunyah akan meningkatkan sirkulasi dan keawasanmu. Kunyahlah permen karet yang rendah gula kalau kamu menghindari manis. Atau setidaknya kamu bisa membuat mulutmu tetap sibuk dengan menyemil sesuatu.

6. Duduk dengan sangat tegak

6 Tips Kesehatan Biar Kamu Gak Sakit Saat Kembali dari Mudikquickanddirtytips.com

Pastikan tempat dudukmu telah diatur sesuai dengan tubuhmu dan kenyamananmu yang tetap bisa berkonsentrasi. Ini akan membuat aliran darah tubuhmu bekerja maksimal. kalau kamu mulai merasa ada tanda lelah, duduk lebih tegak lagi, hirup nafas dalam-dalam dan rasakan bagian tubuh yang perlu peregangan. Regangkan lah!

7. Stimulus otakmu untuk tetap "awas" dengan suara-suara tertentu

6 Tips Kesehatan Biar Kamu Gak Sakit Saat Kembali dari Mudikchicagoartontrack.com

Mendengarkan musik atau podcast tidak akan mendistraksi konsentrasimu dalam menyetir. Para ahli menyarankan pengemudi untuk mendengarkan radio atau podcast yang bernuansa komedi. Menurut mereka, tertawa akan membuatmu terus terjaga.

Itulah beberapa tips untuk tetap prima di perjalanan mudik. Kalau kamu punya tips lain yang belum disertakan di atas, silakan sertakan di kolom komentar ya, supaya pembaca lain juga bisa ikut merasakan manfaatnya. Bagi yang menjalani mudik tahun ini, semoga sehat dan selamat sampai tujuan ya!

Line IDN Times

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Tania

Just For You