Comscore Tracker

6 Gejala dan Penyebab Impetigo Pada Anak, Ibu Harus Tahu

Infeksi kulit yang paling sering menyerang anak

Impetigo adalah infeksi kulit yang merupakan salah satu bentuk pioderma atau infeksi akibat bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes yang mengakibatkan kulit yang melepuh atau luka yang mirip cacar air. Penyakit ini paling umum menyerang bayi dan anak-anak dan dapat menular melalui kontak fisik secara langsung ataupun melalui barang perantara.

Impetigo sendiri dibagia atas 2 jenis, yaitu impetigo krustosa atau impetigo yang ditandai dengan keropeng dan impetigo bulosa yang dapat diidentifikasikan dari adanya benjolan yang berisi cairan pada kulit. Untuk lebih tahu mengenai penyakit ini, yuk simak gejala dan penyebabnya berikut

1. Awal munculnya berupa bintik merah pada kulit yang terasa gatal

6 Gejala dan Penyebab Impetigo Pada Anak, Ibu Harus Tahutirto.id

Salah satu penyebab impetigo adalah lemahnya sistem kekebalan tubuh anak, namun penyebab utamanya adalah bakteri. Bakteri yang masuk pada pori-pori kulit akan lebih mudah menginfeksi jika terdapat luka pada kulit, seperti luka bekas gigitan serangga ataupun jenis luka lainnya. Bakteri ini kemudian menyebabkan timbulnya bintik kemerahan pada kulit yang terasa gatal. Tempat awal munculnya bintik kemerahan ini biasanya pada area wajah, hidung, mulut dan lengan bagian bawah.

2. Kulit melepuh dan menyebar dengan cepat ketika disentuh atau digaruk

6 Gejala dan Penyebab Impetigo Pada Anak, Ibu Harus Tahukumparan.com

Munculnya bintik kemerahan yang gatal tentunya sangat mengganggu kenyamanan anak, sehingga anak akan menggaruk tubuhnya. Namun ruam akan menyebar ke bagian kulit yang lain apabila disentuh atau digaruk. Penyebaran impetigo pada bagian tubuh yang lain dapat terjadi dengan cepat dan dapat menular kepada orang lain melalui interaksi baik itu secara langsung antara kulit dengan kulit maupun dengan barang-barang yang telah terkontaminasi bakteri seperti baju atau handuk.

3. Setelah beberapa hari, kulit yang melepuh akan pecah

6 Gejala dan Penyebab Impetigo Pada Anak, Ibu Harus Tahucaraobati.com

Pecahnya lepuhan kulit pada anak yang menderita impetigo biasanya terjadi 3-4 hari setelah munculnya lepuhan dan harus diwaspadai, karena penularan penyakit ini melalui cairan lepuhan yang pecah.

Baca Juga: 8 Fakta Penyakit Cacar Monyet yang Sudah Masuk ke Singapura

4. Bekas kemerahan akan sembuh dalam jangka waktu beberapa hari atau minggu

6 Gejala dan Penyebab Impetigo Pada Anak, Ibu Harus Tahuhellosehat.com

Selama proses penyembuhan ini, area kulit harus dibersihkan secara teratur dengan kain kasa bersih dan sabun antiseptik. Rentang waktu sembuhnya bekas kemerahan ini biasanya hingga 10 hari.

5. Menjaga kebersihan kulit anak secara teratur

6 Gejala dan Penyebab Impetigo Pada Anak, Ibu Harus Tahumedium.com

Pencegahan penyakit impetigo dapat dimulai dari menjaga kebersihan kulit anak terutama pada kulit yang memiliki luka dan biasakan anak untuk selalu menjaga kebersihan diri sendiri yang dapat dimulai dengan kebiasaan mencuci tangan.

6. Kebersihan lingkungan juga harus lebih diperhatikan

6 Gejala dan Penyebab Impetigo Pada Anak, Ibu Harus Tahuteknofora.com

Lingkungan juga memegang peran penting dalam penyebaran infeksi atau penyakit pada anak khususnya impetigo, untuk itu sangat perlu untuk menjaga kebersihan lingkungan. Tempat umum juga menjadi salah satu tempat rawan penularan impetigo melalui interaksi anak disekolah atau taman beramain.

Salah satu cara pengobatan penyakit impetigo adalah menggunakan antibiotik oles dan antibiotik minum. Antibiotik oles digunakan jika gejala infeksi masih ringan dan belum menyebar sedangkan antibiotik minum untuk kondisi yang sebaliknya. Jika impetigo kambuh lagi, sebaiknya memeriksakan anak ke dokter dan lakukan pemeriksaan laboratorium.

Itulah beberapa gejala dan penyebab impetigo pada anak yang wajib orang tua ketahui agar pencegahan maupun pengobatan infeksi dapat dilakukan secara benar. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Waspada, 7 Hal Berikut Bisa Membuat Kamu Terinfeksi Penyakit Cacar Air

Beatrice Sidik Photo Community Writer Beatrice Sidik

A Random Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You