Comscore Tracker

Gak Perlu Meni Pedi! Makan Ini agar Kuku Kamu Sehat, Kuat, dan Cantik

Auto hemat karena tak perlu lagi sering-sering ke salon kuku

Dibandingkan wajah, kulit, atau rambut, kecantikan dan kesehatan kuku mungkin lebih jarang menjadi perhatian. Padahal, kalau kuku tak terawat, penampilan jadi kurang kece.

Merawat kuku bukan berarti kamu harus rutin seminggu sekali ke salon kuku. Faktanya, kamu bisa merawatnya sendiri di rumah, yaitu dengan memperhatikan asupan nutrisi dari makanan.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat menyehatkan dan mempercantik kuku-kuku jarimu.

1. Susu dan produk olahannya

Gak Perlu Meni Pedi! Makan Ini agar Kuku Kamu Sehat, Kuat, dan Cantikpixabay.com/Lubos Houska

Bertambah lagi, nih, alasan untuk kamu rutin mengonsumsi produk susu (dairy). Pasalnya, makanan tersebut kaya akan kandungan protein yang diperlukan oleh kuku.

Menurut sebuah studi dalam "Journal of Proteome Research" tahun 2010, kandungan protein yang terdapat dalam produk susu berperan penting dalam memperkuat matriks keratin kuku, memperkuat lempeng kuku, dan membuat kuku kamu tak mudah retak.

2. Telur 

Gak Perlu Meni Pedi! Makan Ini agar Kuku Kamu Sehat, Kuat, dan Cantikunsplash.com/Hello I'm Nik

Bisa mengisi piring makan kamu setiap hari, telur juga berkontribusi dalam menjaga kuku tetap sehat dan kuat. Kandungan protein dalam putih telur dapat membantu keratin kuku jadi lebih tebal dan kuat.

Selain itu, tertuang dalam "Journal of the American Academy of Dermatology" tahun 1990, kandungan biotin dalam kuning telur juga dapat memperkuat kuku. Dalam sebuah studi, tim peneliti memberikan suplemen biotin kepada partisipan. Ditemukan bahwa ketebalan kuku meningkat hingga 25 persen, ketimbang partisipan yang tidak diberikan suplemen biotin. Bukan itu saja, konsumsi biotin juga meminimalkan tanda kuku terbelah (nail splitting).

Baca Juga: 6 Bahan Alami untuk Melawan Infeksi Jamur Kuku

3. Ikan yang mengandung asam lemak omega-3

Gak Perlu Meni Pedi! Makan Ini agar Kuku Kamu Sehat, Kuat, dan Cantikunsplash.com/Elle Hughes

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Linus Pauling Institute, kandungan asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan di dasar kuku, menutrisi, serta menjaga kesehatan sel-selnya.

Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 ini juga bisa berfungsi sebagai pelumas dan pelembap, sehingga kuku kamu ternutrisi dengan baik dan tidak mudah kering.

Nah, salah satu jenis makanan sumber omega-3 terbaik adalah ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan ikan cod.

4. Biji wijen 

Gak Perlu Meni Pedi! Makan Ini agar Kuku Kamu Sehat, Kuat, dan Cantikunsplash.com/Tim-Luca Lagmöller

Kecil-kecil tapi ternyata biji wijen manfaatnya besar bagi kuku. Biji wijen diperkaya oleh kandungan zink yang dapat membantu kuku tak mudah retak dan mencegah munculnya bintik-bintik putih di kuku.

Khasiat tersebut didukung oleh sebuah laporan dari University of Maryland Medical Center, Amerika Serikat, yang mengatakan bahwa kondisi kulit seperti psoriasis dan dermatitis akibat kekurangan seng dapat mengakibatkan munculnya bintik-bintik putih atau flek pada kuku.

5. Biji-bijian utuh (whole grain)

Gak Perlu Meni Pedi! Makan Ini agar Kuku Kamu Sehat, Kuat, dan Cantikpixabay.com/Andrew Martin

Silika, bentuk alami dari silikon, adalah jenis mineral yang dapat membantu tubuh memanfaatkan kalsium dengan baik. Silika juga merupakan mineral utama dalam komposisi kuku.

Menurut sebuah penelitian di Brasil yang diterbitkan di jurnal "Anais Brasileiros de Dermatologia" tahun 2016, kuku yang lunak dan rapuh dapat mengindikasikan kekurangan silikon sistemik. Nah, produk biji-bijian untuh seperti gandum, barley, oat, dan millet adalah sumber silika terbaik.

6. Paprika

Gak Perlu Meni Pedi! Makan Ini agar Kuku Kamu Sehat, Kuat, dan Cantikunsplash.com/valentina galvis

Bicara tentang kuku yang sehat dan kuat, kolagen juga diperlukan. Nah, kamu bisa mengonsumsi paprika yang kaya akan vitamin C, yang dapat membantu memproduksi kolagen.

Selain itu, sifat antioksidannya juga dapat mencegah radikal bebas dan oksidasi pada sel-sel kuku.

7. Hati

Gak Perlu Meni Pedi! Makan Ini agar Kuku Kamu Sehat, Kuat, dan Cantikpixabay.com/Willfried Wende

Menurut "Indian Dermatology Online Journal" tahun 2015, oksigen dibutuhkan untuk kuku yang sehat. Khususnya pada penderita anemia, kekurangan zat besi dapat menyebabkan kuku bergelombang vertikal dan tampak cekung seperti sendok.

Zat besi bisa didapat dari makanan seperti hati. Bisa juga didapat dari daging sapi, daging ayam, ikan, dan telur. Pada sayuran, zat besi terkandung pada sayuran berdaun hijau tua, kacang-kacangan, polong-polongan, dan makanan lainnya yang sudah difortifikasi zat besi.

Nah, supaya nggak perlu keseringan dan buang-buang uang ke salon kuku untuk meni pedi, cobalah untuk rutin mengonsumsi makan-makanan di atas. Sebagai bonus, tubuhmu pun akan merasakan manfaatnya!

Baca Juga: Tidak Susah! 9 Tip Sederhana Menjaga Kuku supaya Tetap Sehat dan Indah

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya