Jangan Sampai Terjadi, Ini 5 Tips Mudah untuk Cegah Penyakit Campak

Terapkan tipsnya mulai sekarang!

Siapa yang kenal dengan penyakit campak? Campak adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi virus dengan ditandai munculnya ruam di seluruh tubuh. Campak juga merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir, pasalnya penyakit campak juga dapat dihindari dengan melakukan hal-hal sederhana yang tentunya sangat mudah untuk dilakukan.

Berikut adalah ulasan mengenai tips mudah untuk cegah terjadinya penyakit campak. 

1. Cucilah tangan sesering mungkin

Jangan Sampai Terjadi, Ini 5 Tips Mudah untuk Cegah Penyakit CampakPexels/Burst

Tips pertama adalah mencuci tangan sesering mungkin. Hal sederhana ini merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit campak. 

Pasalnya, dengan sering mencuci tangan, maka dapat meminimalkan penyebaran virus dan dapat membantu kamu agar terhindar dari penyebaran virus tersebut. Sehingga, risiko terjadinya penyakit campak akan semakin kecil. 

2. Melakukan vaksin

Jangan Sampai Terjadi, Ini 5 Tips Mudah untuk Cegah Penyakit CampakPexels/Pranidchakan Boonrom

Tips kedua adalah melakukan vaksin. Vaksin merupakan cara yang wajib kamu lakukan untuk dapat tercegah dari terjadinya penyakit campak. 

Vaksin MMR adalah vaksin yang dapat melindungi kamu dari terjadinya penyakit campak, sekaligus mencegah terjadinya gondok dan rubella. Untuk anak-anak dapat menerima vaksin MMR pada usia 12 bulan dan dosis kedua pada usia antara 4-6 tahun.

Serta untuk orang dewasa yang belum pernah mendapatkan vaksin MMR, kamu dapat meminta vaksin dari dokter untuk mencegah terjadinya penyakit campak.

Baca Juga: Gejala Penyakit Rubella dan 7 Fakta Penting Tentang Wabah Campak Ini

3. Gunakan masker

Jangan Sampai Terjadi, Ini 5 Tips Mudah untuk Cegah Penyakit Campakejinsight.com

Menggunakan masker terutama saat berada di tempat-tempat umum merupakan cara yang perlu kamu lakukan untuk mencegah dirimu dari serangan penyakit campak. Pasalnya, penyakit campak ini dapat menyebar melalui butiran-butiran air kecil yang terlempar ke udara saat si penderita campak batuk atau bersin. 

Sehingga, dengan sering menggunakan masker terutama saat berada di tempat-tempat umum dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit campak.

4. Menghindari kontak langsung dengan orang yang terinfeksi

Jangan Sampai Terjadi, Ini 5 Tips Mudah untuk Cegah Penyakit CampakPexels/Cytonn Photography

Menghindari kontak langsung dengan penderita penyakit campak adalah cara yang paling utama untuk dapat tercegah dari penyakit campak. Pasalnya, penyakit campak dapat menular dengan menyentuh si penderita atau bahkan barang yang disentuh oleh penderita penyakit campak. 

Sehingga jangan mudah bersalaman, berbagi pakaian, handuk, selimut, peralatan makan atau minuman dengan penderita penyakit campak.

5. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Jangan Sampai Terjadi, Ini 5 Tips Mudah untuk Cegah Penyakit CampakPexels/Ella Olsson

Tips yang terakhir adalah makan makanan yang sehat. Hal ini dikarenakan campak mudah menyerang seseorang yang memiliki kondisi imun tubuh yang rendah.

Sehingga untuk menjaga imun tubuh, kamu harus makan makanan yang sehat dan tentunya bergizi untuk menghindarkan kamu dari bahaya penyakit campak.

Nah, itu tadi lima tips yang dapat kamu terapkan untuk mencegah terjadinya penyakit campak. Yuk, mulai sekarang lakukan kelima tips di atas agar kamu dapat tercegah dari bahaya penyakit campak!

Baca Juga: 5 Penyakit Kronis Ini Bisa Disebabkan Rumah yang Kotor, Waspada!

Berkat Prima Photo Community Writer Berkat Prima

Smart Boy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You