Comscore Tracker

5 Manfaat Serai untuk Kesehatan, Gak Sekadar Rempah Biasa

Aromanya sedap banget

Serai merupakan salah satu tanaman yang biasa dimanfaatkan masyarakat sebatas sebagai bumbu masak, minyak wangi dan bahan pencampur jamu. Tak hanya sebatas itu, bumbu dapur yang memiliki wangi khas ini juga memiliki manfaat lain yang jarang diketahui. Nah berikut 5 manfaat lain dari serai!

1. Menghilangkan bau badan

5 Manfaat Serai untuk Kesehatan, Gak Sekadar Rempah Biasaunsplash.com/freestocks.org

Bau badan merupakan salah satu masalah yang mengganggu kehidupan sehari‐hari. Tanaman serai memiliki manfaat untuk menghilangkan bau badan yang ditimbulkan. Serai memiliki kandungan senyawa saponin, flavonoid dan sitral yang mempunyai aktivitas antibakteri. Serai bekerja dengan cara menekan pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Hal ini membuat serai banyak digunakan menjadi salah satu bahan utama dalam produk deodoran.

2. Melancarkan sirkulasi darah

5 Manfaat Serai untuk Kesehatan, Gak Sekadar Rempah Biasaunsplash.com/Priscilla Du Preez

Serai juga memiliki manfaat lainnya yaitu untuk melancarkan sirkulasi darah. Adanya kelancaran sirkulasi darah yang baik, dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Manfaat ini ditimbulkan dari wangi khas yang dimiliki serai yang dapat membuat tubuh menjadi lebih rilex dan diketahui mampu melancarkan sirkulasi darah.

3. Mampu bersifat antioksidan dan antimikroba

5 Manfaat Serai untuk Kesehatan, Gak Sekadar Rempah Biasaunsplash.com/christian ferrer

Tak hanya itu, serai juga memiliki manfaat sebagai anti mikroba dan antioksidan. Hal ini berhubungan dengan kandungan flavonoid yang dimilikinya. Senyawa flavonoid lipofilik memiliki aktivitas antimikroba karena memiliki kemampuan penetrasi dalam membran sel.

Baca Juga: 5 Manfaat Serai yang Sering Diabaikan, Yakin Sudah Tahu?

4. Menurunkan kadar kolesterol

5 Manfaat Serai untuk Kesehatan, Gak Sekadar Rempah Biasaunsplash.com/Priscilla Du Preez

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa serai juga memiliki manfaat menurunkan kolesterol. Aktivitas kolesterol ditunjukkan dengan adanya senyawa flavonoid yang dimiliki oleh serai. Flavonoid tersebut bekerja dengan memperbaiki pembuluh darah dan dapat mengurangi kolesterol jahat akibat pengaruh radikal bebas.

5. Mengontrol rasa stres dan emosi

5 Manfaat Serai untuk Kesehatan, Gak Sekadar Rempah Biasaunsplash.com/Priscilla Du Preez

Manfaat terakhir yang juga dimiliki oleh serai adalah mampu mengontrol rasa stres dan emosi.

Hal ini berhubungan dengan minyak atsiri yang dihasilkan dari serai. Hasil penelitian menunjukan bahwa minyak atsiri yang disemprotkan ke udara membantu menghilangkan bakteri, jamur, bau pengap, dan bau yang tidak mengenakkan. Selain menyegarkan udara, aroma alami minyak atsiri juga dapat mempengaruhi emosi dan fikiran serta menciptakan suasana tentram dan harmonis.

Baca Juga: 5 Manfaat Serai untuk Perawatan Kecantikan Kulit

Bife SoE Photo Verified Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya