Comscore Tracker

5 Pola Hidup yang Wajib Diterapkan oleh Penderita Hipertensi!

Jangan lupa rajin olahraga ya

Hipertensi adalah suatu keadaan ketika tekanan darah di pembuluh darah meningkat secara kronis.

Terdapat beberapa penyebab terjadinya hipertensi yang bersifat dapat dikontrol dan tidak dapat dikontrol. Faktor risiko yang dapat dikontrol berupa perilaku atau gaya hidup seperti obesitas, kurang aktivitas, stres dan pola makan.

Hipertensi dapat dicegah atau dikurangi dengan menerapkan pola hidup sehat. Nah berikut 5 pola hidup yang wajib diterapkan oleh penderita hipertensi. Check this out!

1. Mengontrol pola makan

5 Pola Hidup yang Wajib Diterapkan oleh Penderita Hipertensi!unsplash.com/Jay Wennington

Pola makan merupakan salah satu gaya hidup yang berpengaruh terhadap kejadian hipertensi. Konsumsi makanan yang dapat memicu terjadinya hipertensi di antaranya adalah konsumsi makanan asin, konsumsi makanan manis, konsumsi makanan berlemak serta makanan siap saji.

Garam atau natrium yang dikonsumsi melebihi takaran normal per hari dapat menyebabkan kondisi yang merusak ginjal, arteri, jantung dan otak.

Sedangkan mengonsumsi makanan kadar lemak yang tinggi secara berlebihan dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah sehingga menyebabkan gangguan sistem kardiovaskuler tapi tidak secara langsung memicu hipertensi.

Meskipun demikian, jenis makanan tersebut bukan harus dihindari dan tidak boleh disentuh melainkan dikurangi porsinya. Hal ini karena tubuh juga membutuhkan lemak dan NaCl untuk menjaga organ tubuh tetap bekerja dan berfungsi dengan baik.

Konsumsi garam yang disarankan adalah sebanyak satu sendok teh per hari. Sedangkan kebutuhan lemak sangat kecil, disarankan kurang dari 30% dari konsumsi kalori setiap harinya. 

2. Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung potasium dan magnesium

5 Pola Hidup yang Wajib Diterapkan oleh Penderita Hipertensi!unsplash.com/Brooke Lark

Pola hidup lainnya yang dapat diterapkan oleh penderita hipertensi adalah meningkatkan konsumsi potasium dan magnesium. Pola makan yang rendah potasium dan magnesium menjadi salah satu faktor pemicu hipertensi. Efek magnesium terhadap tekanan darah sangat berperan terhadap pencegahan penyakit kardiovaskuler.

Bila konsentrasi magnesium dalam darah menurun, maka otot jantung tidak dapat bekerja secara maksimal sehingga mempengaruhi tekanan darah. Buah-buahan dan sayur segar merupakan sumber terbaik bagi kedua nutrisi tersebut.

Baca Juga: Waspadai 5 Komplikasi Hipertensi, Si Pembunuh Senyap Gak Terdeteksi

3. Konsumsi makanan jenis padi-padian

5 Pola Hidup yang Wajib Diterapkan oleh Penderita Hipertensi!unsplash.com/Annie Spratt

Pola hidup berikutnya yang wajib dijaga adalah mengatur sumber zat gizi yang berperan untuk proses metabolisme atau bekerjanya fungsi organ tubuh. 

Salah satu pola makan yang sangat dianjurkan demi memenuhi kebutuhan zat gizi adalah makanlah makanan sumber karbohidrat, setengah dari kebutuhan energi.

Dianjurkan menggunakan sumber karbohidrat kompleks seperti padi-padian. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa satu langkah penting menurunkan hipertensi dan menghindari komplikasi akibat hipertensi adalah mengonsumsi roti gandum dan makan beras tumbuh atau beras merah.

4. Rajinlah berolahraga

5 Pola Hidup yang Wajib Diterapkan oleh Penderita Hipertensi!unsplash.com/CATHY PHAM

Olahraga yang teratur dapat menurunkan risiko aterosklerosis yang merupakan salah satu penyebab hipertensi. Olahraga akan membantu kerja obat menjadi lebih efektif pada penderita hipertensi yang harus minum obat.

Jenis olahraga yang dianjurkan untuk penderita hipertensi adalah olahraga yang bersifat aerobik, jalan kaki, jogging, bersepeda, renang, dan yoga. 

5. Berhenti merokok dan hindari konsumsi alkohol

5 Pola Hidup yang Wajib Diterapkan oleh Penderita Hipertensi!unsplash.com/Julia Nastogadka

Merokok dapat menyebabkan hipertensi akibat zat-zat kimia yang terkandung di dalam tembakau yang dapat merusak lapisan dalam dinding arteri, sehingga arteri lebih rentan terjadi penumpukan plak (arterosklerosis).

Selain merokok, kebiasaan konsumsi minuman beralkohol menjadi salah satu penyebab hipertensi. Hal ini karena alkohol memiliki efek yang sama dengan karbondioksida yang dapat meningkatkan keasaman darah.

Selain itu, konsumsi alkohol yang berlebihan dalam jangka panjang akan berpengaruh pada peningkatan kadar kortisol dalam darah sehingga mengakibatkan tekanan darah meningkat.

Nah itulah 5 pola hidup yang bisa diterapkan oleh penderita hipertensi. Yuk terapkan dan cegahlah sebelum semuanya terjadi.

Baca Juga: 5 Pilihan Menu Buka Puasa Sehat untuk Penderita Hipertensi

Bife SoE Photo Community Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You