Comscore Tracker

5 Sumber Makanan Hewani Ini Kaya Akan Kalsium!

Enak dan bergizi lho

Kalsium merupakan salah satu mineral yang sangat penting bagi manusia. Tak hanya sebatas untuk pembentukan tulang maupun gigi, kalsium memiliki fungsi yang lebih luas bagi kesehatan tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh, kamu perlu suplemen kalsium dalam bentuk makanan. Sumber kalsium dari makanan tersebut dapat diperoleh dari sumber nabati maupun hewani. Nah berikut ini 5 sumber makanan hewani yang mengandung tinggi kalsium.

1. Ikan bandeng presto

5 Sumber Makanan Hewani Ini Kaya Akan Kalsium!Instagram.com/rbandengrorodofficial

Ikan bandeng merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Kota Semarang. Pengolahan ikan dengan teknik presto merupakan salah satu cara yang baik untuk meningkatkan asupan kalsium. Kalsium yang dimiliki ikan bandeng adalah 1422mg dalam 100gram daging ikan

2. Udang kering

5 Sumber Makanan Hewani Ini Kaya Akan Kalsium!pixabay.com/cegoh

Udang kering merupakan salah satu bentuk awetan udang yang diolah dengan cara perembesan dan penjemuran. Udang kering diketahui memiliki kalsium 1209mg dalam 100gr udang. Kalsium yang dimiliki udang kering tersebut memiliki fungsi dalam pembekuan darah maupun kestabilan otot.

Baca Juga: 5 Sayuran Ini Dapat Kamu Jadikan Sebagai Sumber Kalsium

3. Ikan teri kering

5 Sumber Makanan Hewani Ini Kaya Akan Kalsium!femina.co.id

Ikan teri merupakan salah satu sumber protein hewani yang cepat mengalami pembusukkan. Maka biasanya ikan teri diawetkan dengan cara dikeringkan untuk mengurangi kadar air dalam tubuh ikan, sehingga tidak memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak.

Tak hanya mampu menunda pembusukan, ikan teri kering kaya akan kalsium. Dalam 100gr ikan terdapat 1200mg kalsium.

4. Keju

5 Sumber Makanan Hewani Ini Kaya Akan Kalsium!pixabay.com/JillWellington

Keju adalah produk pangan olahan yang dibuat dari dadih susu. Keju dapat dikreasikan menjadi berbagai olahan yang nikmat dan menggugah lidah. Tak hanya enak, keju diketahui juga tinggi akan kalsium yaitu sekitar 777mg dalam 100gram keju.

5. Tepung susu

5 Sumber Makanan Hewani Ini Kaya Akan Kalsium!unsplash.com/Kristiana Pinne

Susu merupakan bahan makanan sumber hewani yang kaya akan nutrisi. Susu biasanya diolah menjadi berbagai bentuk salah satunya adalah tepung susu. Tepung susu berasal dari susu segar yang dikeringkan, yang memiliki kandungan nutrisi tinggi. Salah satu kandungan nutrisinya adalah kalsium.

Diketahui kalsium dalam tepung susu cukup tinggi yaitu 770mg dalam 100gram tepung.

Nah itulah 5 makanan sumber hewani yang tinggi akan kalsium. Untuk itu, rajinlah mengonsumsi bahan makanan tersebut secara teratur untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuhmu.

Baca Juga: 5 Seafood yang Mengandung Protein Tinggi, Baik untuk Kekebalan Tubuh

Bife SoE Photo Community Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You