Comscore Tracker

8 Tips Mengontrol Gula Darah agar Tetap Normal, Gak Pakai Ribet!

Gula darah normal penting bagi kesehatan tubuh

Gula darah atau glukosa merupakan bagian penting yang dihasilkan oleh tubuh dari makanan yang dikonsumsi. Gula darah sangat penting bagi kesehatan karena nantinya akan dibawa keseluruh tubuh melalui pembuluh darah untuk menghasilkan energi ke semua sel di dalam tubuh.

Meskipun sangat berperan penting dalam proses fisiologis tubuh, namun kamu perlu untuk mengontrol gula darahmu agar tetap berada dalam kisaran normal. Hal ini karena kadar glukosa yang tinggi dapat memicu munculnya berbagai penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Nah berikut delapan tips mudah untuk menurunkan gula darah dalam tubuh.

1. Tertawa

8 Tips Mengontrol Gula Darah agar Tetap Normal, Gak Pakai Ribet!unsplash.com/Sewn Apart

Tak banyak yang tahu, ternyata tertawa merupakan suatu tindakan yang dapat mengontrol gula darah dalam tubuh. Sebuah hasil eksperimen dari Jepang menunjukan bahwa tertawa merupakan hal termurah dan termudah yang bisa dilakukan untuk mengontrol kadar gula darah pada level yang baik.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penderita diabetes yang menonton film komedi setelah makan malam diketahui memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dibandingkan mereka yang menyaksikan berita atau tayangan yang bersifat membosankan.

2. Mengonsumsi produk berbahan susu

8 Tips Mengontrol Gula Darah agar Tetap Normal, Gak Pakai Ribet!unsplash.com/Vera Cho

Langkah lainnya yang dapat kamu lakukan untuk mengontrol gula darahmu adalah dengan mengonsumsi produk susu. Sebuah studi menemukan bahwa orang kelebihan berat badan yang mengonsumsi susu atau produk susu lainnya, 70% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan resistensi insulin dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya. Hal ini karena laktosa, protein, dan lemak dalam produk susu dapat memperbaiki gula darah dengan dan memperlambat konversi gula makanan ke gula darah.

3. Memenuhi kebutuhan magnesium dalam tubuh

8 Tips Mengontrol Gula Darah agar Tetap Normal, Gak Pakai Ribet!unsplash.com/PHÚC LONG

Sebuah penelitian menemukan bahwa asupan tinggi magnesium dapat mengurangi risiko diabetes sebesar 10% secara keseluruhan, dan sekitar 20% pada wanita yang mengalami kelebihan berat badan. Kamu bisa memenuhi kebutuhan magnesium tubuhmu dengan mengonsumsi beberapa bahan makanan seperti alpukat, bayam, sayuran hijau, kacang-kacangan dan ikan.

Baca Juga: Waspada Diabetes, 8 Makanan Enak Ini Mampu Turunkan Gula Darah!

4. Mengonsumsi kayu manis

8 Tips Mengontrol Gula Darah agar Tetap Normal, Gak Pakai Ribet!pixabay.com/Daria-Yakovleva

Tips berikutnya yang dapat kamu lakukan dalam mengontrol gula darahmu adalah dengan mengonsumsi kayu manis. Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 1 g/ 3gr/ 6gr kayu manis diketahui mengalami penurunan kadar gula darah antara 18-29% tergantung dari jumlah yang dikonsumsi.

5. Cukup tidur

8 Tips Mengontrol Gula Darah agar Tetap Normal, Gak Pakai Ribet!pixabay.com/Claudio_Scott

Selain mengonsumsi kayu manis, cara mudah lainnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan menyisihkan waktu yang cukup untuk tidur. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa kurang tidur memiliki efek yang serius terhadap gula darah dan tingkat insulin dalam tubuh. Kebutuhan waktu tidur yang cukup adalah berkisar 6-8 jam per hari. 

6. Berjalan kaki

8 Tips Mengontrol Gula Darah agar Tetap Normal, Gak Pakai Ribet!unsplash.com/Raychan

Berjalan kaki merupakan salah satu tips yang mudah untuk dilakukan ketika kamu ingin mengontrol gula darahmu.  Sebuah studi skala besar di Amerika menunjukkan bahwa berjalan 2 km sehari akan mengurangi risiko kematian akibat diabetes. Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa berjalan 10 km dalam seminggu juga akan mengurangi kesempatan kematian akibat penyakit jantung sebesar 34% pada penderita diabetes.

7. Mengonsumsi legume secara teratur

8 Tips Mengontrol Gula Darah agar Tetap Normal, Gak Pakai Ribet!unsplash.com/Peter Hershey

Legume merupakan bahan makanan yang termasuk dalam keluarga kacang-kacangan. Contoh legume atau kacang kacangan yang populer adalah kacang tanah, kacang lentil, buncis, kacang hijau, kacang merah, kacang polong, kacang kedelai, dan lain sebagainya. Penelitian menunjukkan bahwa makan 75 g kacang-kacangan sehari bisa menstabilkan gula darah dan insulin dalam tubuh.

8. Bikin rileks otot tubuh

8 Tips Mengontrol Gula Darah agar Tetap Normal, Gak Pakai Ribet!unsplash.com/Kyson Dana

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan merilekskan otot tubuhmu. Hal ini sesuai dengan sebuah hasil penelitian yang menunjukan bahwa setelah menegangkan otot tubuh selama 10 menit setiap hari, kemudian merilekskannya, secara signifikan dapat memperbaiki kadar gula darah terutama pada orang yang gula darahnya tinggi.

Baca Juga: 5 Manfaat Biji Kelor, dari Kesehatan Mata hingga Stabilkan Gula Darah

Bife SoE Photo Community Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You