Comscore Tracker

Kaya Akan Zat Gizi, Ini 5 Manfaat Labu Kuning bagi Kesehatan!

Mampu menghambat penuaan dini

Tanaman labu kuning merupakan suatu jenis tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Pucuk daun dan daun muda dapat digunakan bahan sayuan yang lezat, bisa dimakan sebagai sayuran bersantan, oseng-oseng, atau gado-gado. Selain daun, bagian buah dari labu juga bisa dikonsumsi.

Labu kuning merupakan bahan pangan yang kaya vitamin A, B, dan C, mineral, serta karbohidrat. Kandungan zat gizi yang dimiliki labu kuning tersebut membuatnya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Nah, berikut 5 manfaat labu kuning bagi kesehatan!

1. Mencegah penuaan dini

Kaya Akan Zat Gizi, Ini 5 Manfaat Labu Kuning bagi Kesehatan!pixabay.com/ivanovgood

Penuaan dini merupakan salah satu masalah kulit yang paling sering ditakuti wanita. Banyak pakar mengatakan biji labu kuning mempunyai potensi untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Hal inilah yang membuat biji labu kuning banyak diolah menjadi minyak yang mengandung senyawa-senyawa sebagai anti aging.

2. Sebagai anti kanker

Kaya Akan Zat Gizi, Ini 5 Manfaat Labu Kuning bagi Kesehatan!pixabay.com/StockSnap

Secara umum, labu kuning memiliki potensi dan kandungan gizi yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Diketahui labu kuning kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, mineral, dan karbohidrat serta antioksidan yang bermanfaat sebagai anti kanker.

Selain itu kandungan serat yang dimiliki labu kuning juga cukup tinggi, sehingga sangat berguna untuk memperlancar pencernaan dan menurunkan risiko kanker.

Baca Juga: 8 Cara Kreatif Agar Anak Mau Memakan Lebih Banyak Sayuran

3. Membantu menurunkan kolesterol

Kaya Akan Zat Gizi, Ini 5 Manfaat Labu Kuning bagi Kesehatan!pixabay.com/bearinthenorth

Tak hanya itu, labu kuning juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan labu mengandung vitamin C yang dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat. Aktivitas tersebut juga dapat menghambat penggumpalan darah sehingga baik untuk mereka yang menderita pasca serangan stroke.

4. Berfungsi sebagai antioksidan

Kaya Akan Zat Gizi, Ini 5 Manfaat Labu Kuning bagi Kesehatan!unsplash.com/christian ferrer

Labu kuning mempunyai kandungan serat pangan dan aktivitas antioksidan yang tinggi. Pada labu kuning mengandung beta karoten sebesar 6,9 mg per 100 gram yang mempunyai kemampuan sebagai antioksidan yang dapat berperan penting dalam menstabilkan radikal bebas.

5. Menetralkan racun dan meningkatkan kekebalan tubuh

Kaya Akan Zat Gizi, Ini 5 Manfaat Labu Kuning bagi Kesehatan!unsplash.com/Jonas Svidras

Zat kimia yang terdapat dalam air buah dari labu kuning diketahui berguna sebagai penawar racun binatang berbisa.

Selain itu, pada buah labu kuning terdapat kandungan kimia seperti saponin, flavonoid, dan tanin yang akan berfungsi untuk mengurangi kadar gula dalam darah serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nah itulah 5 manfaat dari labu kuning yang jarang diketahui. Mulailah untuk rajin mengonsumsi labu kuning secara teratur dan buat kesehatanmu semakin terjaga.

Baca Juga: 6 Makanan yang Dilarang Dikombinasikan dengan Minuman Bersoda 

Bife SoE Photo Community Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You