Comscore Tracker

Sering Ada di Lalapan, Ini 8 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatanmu

Mampu mengobati flu lho!

Kemangi merupakan salah satu tanaman tropis yang paling banyak dijumpai. Kemangi biasanya dimanfaatkan sebagai obat, pestisida nabati, penghasil minyak atsiri, sayuran dan minuman penyegar.

Tak hanya itu, kandungan kimia daun kemangi juga memiliki banyak manfaat yang bagi kesehatan tubuh. Nah berikut 8 manfaat daun kemangi bagi kesehatan! Check this out guys!

1. Mampu menangkal radikal bebas

Sering Ada di Lalapan, Ini 8 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatanmuunsplash.com/freestocks.org

Khasiat daun kemangi sangat baik untuk melawan radikal bebas. Hal ini dikarenakan daun kemangi memiliki antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Antioksidan tersebut berupa kandungan flavonoid dan juga eugenol yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur.

2. Berperan dalam membantu pertumbuhan tulang

Sering Ada di Lalapan, Ini 8 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatanmuunsplash.com/freestocks.org

Khasiat lainnya yang dimiliki daun kemangi adalah dapat membantu pertumbuhan tulang kita. Hal ini berhubungan dengan kandungan kalsium dan fosfor dalam daun kemangi yang berperan penting dalam mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. 

Tak hanya itu, kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi juga mampu berperan aktif dalam merangsang fungsi kerja dari hormon serta mencegah pengeroposan tulang.

3. Membantu melancarkan aliran darah

Sering Ada di Lalapan, Ini 8 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatanmuunsplash.com/christian ferrer

Manfaat lain yang dimiliki daun kemangi adalah dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh. Ini dilihat dari daun kemangi yang memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu merilekskan jantung dan juga pembuluh darah sehingga menjaga aliran darah untuk tetap lancar.

4. Berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh

Sering Ada di Lalapan, Ini 8 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatanmuunsplash.com/Hudson Hintze

Khasiat daun kemangi dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Daun kemangi memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten tersebut juga dapat membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan dapat memperbaiki sel-sel yang rusak.

Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut dapat membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengagumkan Daun Kelor untuk Kesehatan

5. Mampu mengobati panu

Sering Ada di Lalapan, Ini 8 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatanmuunsplash.com/Valerie Elash

Daun kemangi juga memiliki manfaat berupa mengobati panu dengan cara cukup mudah. Caranya adalah ambil segenggam daun kemangi dan cuci bersih, setelah itu haluskan. Beri sedikit air campuran kapur sirih dan selanjutnya balurkan pada bagian kulit yang terserang panu. Sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari.

6. Mampu mengobati sariawan

Sering Ada di Lalapan, Ini 8 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatanmuunsplash.com/Tamara Bellis

Tak hanya sebatas untuk mengobati panu, daun kemangi juga bermanfaat untuk mengobati sariawan.

Sama halnya dengan mengobati panu, untuk mengobati sariawan caranya juga sangat mudah. Ambil daun kemangi kira-kira 50 helai dan cuci hingga bersih. Selanjutnya kunyah daun tersebut kurang lebih dua hingga tiga menit. Setelah halus, telah daun kemangi tersebut dan langsung minum air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan maksimal 3 kali dalam sehari.

7. Mampu menghilangkan mual dan flu

Sering Ada di Lalapan, Ini 8 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatanmuunsplash.com/Alexandra Gorn

Tak banyak yang tahu bahwa daun kemangi juga memiliki khasiat untuk menghilangkan mual dan flu. Caranya pun cukup mudah. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah keringkan daun kemangi dan kemudian seduh layaknya teh. Minum air teh kemangi tersebut dua kali dalam sehari dan badan kamu akan sembuh dari mual serta menghalau flu datang.

8. Meredakan perut kembung

Sering Ada di Lalapan, Ini 8 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatanmupixabay.com/derneuemann

Manfaat terakhir yang dimiliki daun kemangi adalah mampu meredakan perut kembung. Caranya, rebus daun kemangi dengan bawang merah yang kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut segera dioleskan pada perut yang dirasa kembung.

Nah itulah 8 manfaat daun kemangi bagi kesehatan. Mulai sekarang jangan sepelekan daun kemangi lagi ya!

Baca Juga: 5 Resep Daun Pepaya yang Bikin Kamu Makan Makin Lahap

Bife SoE Photo Verified Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya