Comscore Tracker

4 Manfaat Mengonsumsi Udang Bagi Kesehatan Tubuhmu

Baik untuk tulang lho!

Udang merupakan salah satu produk perikanan yang istimewa, yang banyak disukai masyarakat. Selain karena rasanya yang nikmat, udang juga memiliki aroma spesifik dan mempunyai nilai gizi cukup tinggi yang membuatnya semakin banyak digemari.

Memiliki nilai gizi yang tinggi, membuat udang sangat bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi secara teratur. Nah, berikut 4 manfaat mengonsumsi udang bagi kesehatan tubuhmu. Check its out!

1. Membantu pembentukan tulang dan gigi

4 Manfaat Mengonsumsi Udang Bagi Kesehatan Tubuhmuunsplash.com/Larm Rmah

Mengonsumsi udang secara teratur mampu membentuk dan memperkuat pembentukan tulang dan gigi. Hal ini dikaitkan dengan kandungan fosfor yang tinggi, yaitu sekitar 170mg fosfor dalam 100 gram udang. Berdasarkan fungsinya tersebut maka udang sangat baik diberikan bagi anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan.

2. Mencegah osteoporosis dan mengurangi risiko kanker usus

4 Manfaat Mengonsumsi Udang Bagi Kesehatan Tubuhmuunsplash.com/freestocks.org

Selain mengandung fosfor yang tinggi, udang juga kaya akan kalsium. Diketahui bahwa dalam 100gr udang terdapat sekitar 136mg kalsium. Dengan mengonsumsi udang, maka kalsium yang terdapat dalam udang tersebut mampu mencegah osteoporosis yang berisiko terjadinya patah tulang. Kalsium tersebut juga dapat mengurangi risiko kanker usus besar, dengan cara menekan efek iritasi pada usus.

Baca Juga: 5 Manfaat Tersembunyi Kubis untuk Kesehatan Tubuh 

3. Berperan dalam kekebalan tubuh

4 Manfaat Mengonsumsi Udang Bagi Kesehatan Tubuhmuunsplash.com/christian ferrer

Fungsi lainnya dari udang bagi kesehatan adalah berperan dalam kekebalan tubuh. Vitamin A yang terdapat dalam udang membuatnya memiliki peran penting dalam perkembangan sel-sel kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A pada udang juga mampu melindungi tubuh dari serangan benda asing seperti virus, bakteri, dan sel dari organisme lainnya.

4. Pencegahan kanker

4 Manfaat Mengonsumsi Udang Bagi Kesehatan Tubuhmuunsplash.com/freestocks.org

Tak hanya berperan dalam sistem kekebalan tubuh, kandungan vitamin A pada udang juga mampu mencegah kanker dan penyakit jantung. Kemampuan vitamin A dalam meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tersebut, juga berpengaruh dalam pencegahan kanker terutama kanker kulit.

Nah, itulah 4 fungsi dari mengonsumsi udang, gak nyangka kan? Mulailah rajin menginsumsi udang secara teratur agar kebutuhan zat gizimu semakin terpenuhi dan membuat kesehatanmu semakin terjaga.

Baca Juga: 5 Trik Jitu Membuat Kaldu dari Kepala & Kulit Udang yang Bebas Amis

Bife SoE Photo Verified Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You