Comscore Tracker

10 Manfaat Dari Buah Feijoa, Jambu Biji dengan Rasa Nanas

Buah jambu namun dengan rasa buah nanas

Feijoa secara ilmiah dikenal sebagai Acca sellowiana, tanaman yang menghasilkan buah ini adalah semak atau pohon kecil . Berasal dari Argentina, Paraguay, Uruguay, Brasil dan Kolombia. Buahnya berwarna hijau dan berbentuk ellipsoid dan kira-kira seukuran plum atau alpukat kecil. Rasa yang unik dan pasokan nutrisi yang mengesankan membuat feijoa sangat dicari.

Feijoa memiliki rasa yang sangat unik, dengan elemen manis dan pahit, yang banyak orang bandingkan dengan jambu biji dan nanas serta ada juga sedikit rasa strawberry. Tapi tahukah kamu, buah feijoa ini kaya sekali akan manfaat yang sangat baik bagi tubuh manusia. Berikut adalah 10 manfaat dari feijoa.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

10 Manfaat Dari Buah Feijoa, Jambu Biji dengan Rasa Nanasbite.co.nz

Dengan pasokan vitamin dan mineral yang banyak dalam buah feijoa, konsumsi feijoa secara teratur dapat memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan bagi sistem kekebalan tubuh. Vitamin C mampu merangsang produksi sel darah putih dan juga bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Satu porsi feijoa mengandung lebih dari 50% vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Mengatur tekanan darah

10 Manfaat Dari Buah Feijoa, Jambu Biji dengan Rasa Nanasseeds-gallery.shop

Makanan kaya kalium penting bagi orang yang menderita tekanan darah tinggi dan karena hal itu juga bersiko memicu penyakit lain seperti kardiovaskular, aterosklerosis dan stroke. Kalium adalah vasodilator, yang berfungsi dapat mengurangi ketegangan di pembuluh darah dan arteri serta berfungsi meredakan ketegangan pada sistem kardiovaskular.

3. Tinggi serat

10 Manfaat Dari Buah Feijoa, Jambu Biji dengan Rasa Nanaswomansday.com

Feijoa adalah buah dengan kandungan serat yang tinggi, sekitar 17% dari serat harian yang diperlukan. Berarti bahwa buah ini mampu mengoptimalkan pencernaan dengan merangsang gerakan peristaltik dan meningkatkan penyerapan nutrisi. Feijoa dapat membantu meredakan gejala gangguan pencernaan, sembelit, kembung, kram dan sakit perut.

4. Menurunkan kadar kolesterol

10 Manfaat Dari Buah Feijoa, Jambu Biji dengan Rasa Nanasspecialtyproduce.com

Selain melancarkan pencernaan, makanan tinggi serta juga secara langsung dikaitkan dengan kadar kolesterol yang lebih rendah, khususnya kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Dengan membuang kolesterol ini dari arteri dan pembuluh darah, kamu mengurangi risiko pembekuan darah, serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: 9 Manfaat Buah Nanas yang Menyehatkan, Bisa Cegah Kanker!

5. Meningkatkan daya ingat

10 Manfaat Dari Buah Feijoa, Jambu Biji dengan Rasa Nanastuigarden.co.nz

Antioksidan yang terdapat dalam feijoa dikaitkan dengan peningkatan memori, retensi, fokus yang lebih baik dan pengurangan risiko penyakit neurodegeneratif seperti demensia. Antioksidan dapat mencari dan menetralkan radikal bebas di jalur saraf sebelum dapat menyebabkan penumpukan plak pada otak.

6. Meningkatkan metabolisme

10 Manfaat Dari Buah Feijoa, Jambu Biji dengan Rasa Nanasmebiotic.com

Vitamin B sangat penting untuk fungsi keseluruhan tubuh, terutama ketika menyangkut kegiatan metabolisme seperti menyintesis protein, sel darah merah, mengarahkan produksi hormon, merangsang fungsi sistem saraf dan menghasilkan energi di dalam sel. Untungnya, feijoa memiliki kadar vitamin B dalam jumlah sedang.

7. Memperkuat tulang

10 Manfaat Dari Buah Feijoa, Jambu Biji dengan Rasa Nanasjeanhailes.org.au

Dengan kadar mangan, magnesium, zet besi, kalsium dan kalium yang cukup tinggi, buah tropis ini sangat efektif untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang dan membantu mencegah timbulnya osteoporosis seiring bertambahnya usia. Feijoa dapat meningkatkan tingkat energi dan membuat kamu lebih aktif dalam beraktivitas.

8. Mengontrol diabetes

10 Manfaat Dari Buah Feijoa, Jambu Biji dengan Rasa Nanaseverydayhealth.com

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan buah feijoa dapat membantu mengatur kadar gula darah, karena rendahnya kalori dan karbohidrat yang dapat membantu mengatur produksi dan pelepasan insulin dalam tubuh.

9. Meningkat sirkulasi

10 Manfaat Dari Buah Feijoa, Jambu Biji dengan Rasa Nanastuigarden.co.nz

Meskipun kandungan zat besi dalam feijoa relatif sedikit, buah ini masih dapat membantu produksi dan sirkulasi sel darah merah kamu, sementara peningkatan metabolisme vitamin B juga dapat merangsang aliran darah. Ini berarti peningkatan oksigenasi ke area kritis tubuh dan memberikan tingkat energi yang lebih tinggi.

10. Menurukan berat badan

10 Manfaat Dari Buah Feijoa, Jambu Biji dengan Rasa Nanasexpress.co.uk

Hanya ada 55 kalori dalam 100 gram feijoa. Dikombinasikan dengan tingkat karbohidrat yang rendah, ini berarti bahwa tubuh akan merasa kenyang dan mengakses pasokan nutrisi yang signifikan tanpa mengambil terlalu banyak kalori atau gula untuk asupan harian. Hal ini berdampak positif pada tujuan penurunan berat badan dan mencegah makan berlebihan atau ngemil di antara waktu makan.

Nah buat kamu yang belum familiar dengan buah feijoa ini, buah ini mempunyai rasa yang unik. Di balik rasanya yang unik, buah ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Yuk coba konsumsi buah feijoa sekarang!

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Sukun, Gak Cuma Bikin Kenyang Tahan Lama

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Night Hunter. Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You