Comscore Tracker

9 Makanan Ini Berkhasiat Untuk Menyehatkan dan Memelihara Rambut

Bye bye rambut rontok

Banyak faktor yang berkaitan dengan kualitas rambut berdasarkan pada genetika dan usia. Kamu tidak bisa memilih apakah rambut ikal atau lurus, atau apa warna rambut yang tumbuh secara alami. Tekstur, ketebalan dan kecepatan pertumbuhan juga dikendalikan secara alami.

Tetapi ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang kuat serta mencegah rambut rontok yang berlebihan. Berikut ini adalah 9 makanan terbaik untuk dikonsumsi untuk rambut sehat.

1. Telur

9 Makanan Ini Berkhasiat Untuk Menyehatkan dan Memelihara Rambutseriouseats.com

Telur mengandung banyak protein dan biotin, serta nutrisi lain seperti zinc dan selenium. Folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein. Biotin adalah nutrisi penting untuk produksi jenis protein tertentu yang disebut keratin. Jika kamu memiliki kekurangan biotin, mengonsumsi lebih banyak telur dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

2. Buah Beri

9 Makanan Ini Berkhasiat Untuk Menyehatkan dan Memelihara Rambutfoodeatsafe.com

Buah beri mengandung senyawa dan vitamin tertentu yang meningkatkan pertumbuhan rambut. Salah satu yang terbesar adalah vitamin C, yang memiliki sifat antioksidan kuat. Antioksidan membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan oleh radikal bebas, yang ada secara alami di dalam tubuh dan terkait dengan penuaan. Tubuh kita juga menggunakan vitamin C untuk menghasilkan kolagen, protein yang diperlukan untuk mencegah rambut menjadi rapuh dan patah. Vitamin C juga membantu tubuh menyerap zat besi dan mencegah anemia, yang juga dikaitkan dengan kerontokan rambut.

3. Bayam

9 Makanan Ini Berkhasiat Untuk Menyehatkan dan Memelihara Rambutirishtimes.com

Bayam adalah sumber nutrisi terbaik seperti folat, zat besi, vitamin A dan C. Masing-masing memiliki peran dalam pertumbuhan rambut yang sehat. Vitamin A terutama membantu kelenjar kulit menghasilkan sebum, suatu zat berminyak yang melembabkan kulit kepala dan menjaga rambut tetap sehat.

Zat besi sangat bagus untuk membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk membantu pertumbuhan dan perbaikan rambut. Satu cangkir bayam memberi kamu 54 persen konsumsi harian dari vitamin A yang direkomendasikan, ditambah 4 persen RDA untuk zat besi pada wanita dan 10 persen dari RDA untuk pria.

Baca Juga: 12 Makanan Tinggi Serat yang Bagus Banget untuk Pencernaan Kamu

4. Ikan berlemak

9 Makanan Ini Berkhasiat Untuk Menyehatkan dan Memelihara Rambutfifteenspatulas.com

Ikan berlemak seperti salmon, herring, dan mackerel meningkatkan pertumbuhan rambut karena konsentrasi asam lemak omega-3 yang dikandungnya. Sebuah penelitian yang melibatkan 120 wanita yang mengonsumsi suplemen minyak ikan plus antioksidan menemukan bahwa rambut mereka, rata-rata lebih padat dan lebih sedikit rambut yang rontok.

Studi lain menyimpulkan bahwa suplemen minyak ikan dapat secara signifikan mengurangi kerontokan rambut pada wanita dengan penipisan rambut. Jika kamu bukan penggemar ikan, suplemen minyak ikan adalah alternatif yang sangat baik. Namun, ikan juga mengandung nutrisi sehat untuk rambut lainnya, termasuk protein, selenium, vitamin D3 dan vitamin B.

5. Ubi jalar

9 Makanan Ini Berkhasiat Untuk Menyehatkan dan Memelihara Rambuthealth.com

Ubi jalar mengandung beta karoten. Senyawa ini diubah oleh tubuh menjadi vitamin A, yang kita tahu membantu dalam produksi sebum. Sebum sangat penting untuk kesehatan kulit kepala dan pertumbuhan rambut serta membantu menjaga rambut tetap lembab.

Vitamin A juga dapat meningkatkan laju pertumbuhan rambut dan menghasilkan rambut yang lebih tebal, serta mencegah kerusakan folikel rambut. Kamu bisa mendapatkan lebih dari 4x RDA beta karoten dalam satu ubi jalar ukuran sedang.

6. Alpukat

9 Makanan Ini Berkhasiat Untuk Menyehatkan dan Memelihara Rambutbbcgoodfood.com

Alpukat mengandung lemak sehat dan vitamin E dalam jumlah yang banyak. Seperti halnya dengan vitamin C, vitamin E adalah antioksidan yang bagus untuk menetralkan radikal bebas berbahaya dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Satu penelitian terhadap orang-orang yang mengalami kerontokan rambut menemukan bahwa partisipan mengalami pertumbuhan rambut 34,5% lebih banyak setelah delapan bulan mengonsumsi suplemen vitamin E. Vitamin E juga memainkan peran dalam melindungi kulit kepala dari stres dan kerusakan oksidatif. 

7. Tiram

9 Makanan Ini Berkhasiat Untuk Menyehatkan dan Memelihara Rambuthamahamaoysters.com

Tiram sangat bagus untuk pertumbuhan rambut karena kandungan zinc nya, tetapi zinc juga dapat ditemukan dalam jumlah tinggi dalam makanan seperti daging merah, kacang-kacangan, susu, telur, gandum utuh dan biji-bijian.

Zinc adalah mineral yang mendukung siklus pertumbuhan dan perbaikan rambut. Kekurangan zinc berkaitan dengan rambut rontok yang disebut telogen effluvium, yang untungnya, dapat dicegah dengan memasukkan lebih banyak zinc ke dalam makanan kamu. Perlu diketahui, bahwa terlalu banyak zinc juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

8. Udang

9 Makanan Ini Berkhasiat Untuk Menyehatkan dan Memelihara Rambuthealthline.com

Udang adalah makanan yang bagus untuk rambut sehat karena mengandung protein, vitamin B, zinc, zat besi dan vitamin D. Udang juga mengandung asam lemak omega-3, meskipun secara umum sangat rendah lemak.

9. Kacang-kacangan

9 Makanan Ini Berkhasiat Untuk Menyehatkan dan Memelihara Rambutsweetcsdesigns.com

Jika kamu ingin mengurangi konsumsi daging tetapi tidak ingin mengabaikan asupan protein, kacang adalah solusi yang sempurna. Tetapi di luar jumlah protein yang baik, kacang-kacangan menghasilkan zat besi, biotin, zinc dan folat, yang semuanya penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Lebih baik lagi, kacang sangat fleksibel dan cukup murah, sehingga kamu bisa makan banyak.

Jika kamu berjuang dengan kerontokan rambut yang tidak bersifat genetik atau hormonal atau jika rambut kamu tumbuh jauh lebih lambat dari rata-rata (0,5 inci per bulan atau 6 inci per tahun), diet mungkin menjadi bagian dari penyebabnya. Fokus pada makan makanan yang tinggi protein, vitamin A, C, D, E, asam lemak esensial, dan zat besi. Zinc, folat dan biotin juga terkait dengan pertumbuhan rambut yang sehat. 

Jika kamu ingin rambut yang sehat, indah dan berkilau, ada baiknya kamu konsumsi 9 makanan diatas.

Baca Juga: Sering Salah Kaprah, 7 Makanan Sehat Ini Justru Bikin Badanmu Melar!

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Night Hunter. Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You