Comscore Tracker

Studi: 3 Penyakit Mata Ini Bisa Sebabkan Alzheimer & Demensia

Jangan dianggap remeh, ya!

Kalau kamu atau anggota keluargamu ada yang menderita sakit mata, jangan dianggap remeh. Pasalnya, sebuah studi terbaru mengatakan bahwa beberapa gangguan mata berpotensi meningkatkan risiko Alzheimer dan demensia.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, ada beberapa gangguan mata yang memiliki hubungan dengan risiko demensia dan Alzheimer. Kondisi tersebut antara lain glaukoma, degenerasi makula, serta diabetic retinopathy.

1. Glaukoma punya risiko tertinggi

Studi: 3 Penyakit Mata Ini Bisa Sebabkan Alzheimer & Demensiamedicalnewstoday.com

Studi yang diterbitkan pada tahun 2019 ini menuturkan bahwa diagnosis glaukoma dikatakan memiliki risiko 44 persen untuk mengembangkan demensia. Glaukoma sendiri adalah meningkatnya tekanan pada mata yang bisa mengakibatkan kehilangan penglihatan.

2. Risiko penderita diabetic retinopathy juga sama

Studi: 3 Penyakit Mata Ini Bisa Sebabkan Alzheimer & Demensiaiapb.org

Masih menurut penelitian yang sama, mereka dengan diabetic retinopathy pun dikatakan punya kemungkinan 44 persen mengembangkan demensia. Ini adalah penyakit mata yang sering dikeluhkan oleh para penderita diabetes.

Baca Juga: Hindari Risiko, Ini 5 Faktor yang Bisa Tingkatkan Penyakit Alzheimer!

3. Ini risiko untuk degenerasi makula

Studi: 3 Penyakit Mata Ini Bisa Sebabkan Alzheimer & Demensiatilteddisco.com

Sementara, untuk mereka yang mengalami degenerasi makula terkait usia, disebutkan punya kemungkinan 20 persen untuk mengembangkan penyakit demensia. Selain itu, gangguan ini juga dikaitkan dengan risiko penyakit jantung.

4. Penderita katarak lebih minim risiko

Studi: 3 Penyakit Mata Ini Bisa Sebabkan Alzheimer & Demensiamedicalnewstoday.com

Namun, berbeda hasilnya untuk penderita katarak. Orang dengan gangguan lensa mata kabur ini, biasanya menyerang orang tua, malah tampaknya tidak meningkatkan risiko Alzheimer, penyakit jantung, atau jenis demensia lainnya.

5. Pemeriksaan mata mungkin membantu

Studi: 3 Penyakit Mata Ini Bisa Sebabkan Alzheimer & Demensiashippeefamilyeyecare.com

Albert Hofman, ketua epidemiologi di Harvard T.H. Chan School of Public Health, mengatakan bahwa studi ini memang tidak menyebutkan apakah pemeriksaan mata dapat membantu meminimalkan risiko demensia atau tidak.

Namun, menurutnya, pemeriksaan mata bisa sangat membantu dalam mendeteksi gangguan sejak dini. Selain itu, salah satu cara untuk mencegah Alzheimer adalah mencegah penyakit terkait kardiovaskular.

Nah, yuk jaga kesehatan mata kita biar di masa tua nanti tidak berakibat buruk pada kesehatan. Jangan menatap layar laptop maupun handphone lama-lama ya!

Baca Juga: 7 Fakta Penyebab Demensia, Juga Bisa Terjadi di Usia Muda

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You