Comscore Tracker

Tahu Gak? Sindrom Patah Hati Bisa Picu Kanker Lho

Jangan galau berkepanjangan

Patah hati mungkin hal yang biasa. Namun, kalo kamu gak bisa move on dari yang namanya broken heart, ada banyak masalah yang bakal mendera, termasuk dari sisi kesehatan.

Sudah banyak studi yang meneliti efek sindrom patah hati (Takotsubo cardiomyopathy) terhadap kesehatan tubuh. Umumnya, penelitian menemukan kalo patah hati berkepanjangan berdampak buruk pada kesehatan jantung.

Nah, selain jantung, analisis terbaru pada Juli 2019 menemukan kalo sindrom patah hati ternyata juga berisiko kanker. Bahkan, cuma sedikit kemungkinan pasien untuk bisa sembuh setelah didagnosis kanker.

1. Patah hati sebelumnya dikaitkan dengan sakit jantung

Tahu Gak? Sindrom Patah Hati Bisa Picu Kanker Lhomedicalnewstoday.com

Patah hati bisa membuat nyeri mendadak pada dada dan sesak napas. Akibatnya, orang yang broken heart berisiko tinggi untuk terkena serangan jantung, menurut AHA (American Heart Association).

2. Sindrom patah hati ternyata juga bisa sebabkan kanker

Tahu Gak? Sindrom Patah Hati Bisa Picu Kanker Lhocancercenter.com

Dirilis di Journal of American Heart Association pada Juli 2019, sindrom patah hati dikatakan dapat memicu kanker. Menurut studi ini, jenis kanker yang paling umum menyerang adalah kanker payudara.

Dr. Christian Templin, penulis studi sekaligus direktur perawatan jantung akut di Rumah Sakit Universitas Zurich, mengatakan bahwa insiden kasus kanker karena sindrom patah hati jauh lebih tinggi dari biasanya. Itu berlaku baik untuk pria (22%) maupun wanita (8%).

3. Penyebab sindrom patah hati beragam

Tahu Gak? Sindrom Patah Hati Bisa Picu Kanker Lhothelist.com

Masih menurut studi yang sama, broken heart syndrome bisa dipicu berbagai faktor. Biasanya, gangguan ini terjadi setelah orang mengalami pengalaman emosional dengan intensitas tinggi.

Beberapa hal negatif yang bisa memicu sindrom patah hati adalah kematian orang yang dicintai, putus cinta, stres fisik, trauma fisik, dan masalah keuangan. Bahkan, pengalaman positif seperti menang lotre juga bisa picu gangguan ini.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Stres karena Patah Hati, Jangan Pernah Kamu Sepelekan

4. Kanker karena sindrom patah hati sulit sembuh

Tahu Gak? Sindrom Patah Hati Bisa Picu Kanker Lhopexels.com/Ivan Obonlensky

Analisis tersebut menemukan bahwa satu dari enam orang dengan sindrom patah hati juga menderita kanker. Buruknya, kemungkinan untuk selamat dari penyakit ini lebih kecil setelah didiagnosis.

5. Direkomendasikan melakukan screening

Tahu Gak? Sindrom Patah Hati Bisa Picu Kanker Lhoeverydayhealth.com

Dr. Christian Templin menuturkan, untuk para pasien sindrom patah hati, sebaiknya melakukan screening kanker yang bertujuan meningkatkan kelangsungan hidup. Toh, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Di sisi lain, Guy Mintz, direktur kesehatan kardiovaskular dan lipidologi di Northwell Health's Sandra Atlas Bass Heart Hospital, bilang kalo studi ini masih terlalu kecil. Namun, penting bagi dokter untuk mewaspadai hubungan keduanya.

Nah, kalo kamu sekarang sedang mengalami patah hati, nggak usah galau berkepanjangan. Lekas move on, guys!

Baca Juga: Ini 7 Cara Mencegah Kanker Serviks Menurut Ahli, Wanita Perlu Tahu!

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya