Comscore Tracker

Berbahaya! Hindari 5 Kebiasaan Buruk Setelah Makan, Termasuk Rokok

Berisiko terkena kanker usus dan paru-paru

Makan merupakan salah satu kebutuhan dasar yang setiap harinya kita lakukan. Untuk menjaga kesehatan tubuh, seseorang perlu makan sebanyak 3 kali sehari. Namun ada beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan setelah makan. Kebiasaan ini merusak kesehatan dan mengganggu pencernaan. 

Nah apa saja kebiasaan buruk yang harus dihindari? Yuk simak ulasan berikut ini. 

1. Siapa sangka konsumsi air putih setelah makan memicu risiko gangguan pada proses pencernaan

Berbahaya! Hindari 5 Kebiasaan Buruk Setelah Makan, Termasuk RokokPixabay.com/Bru-no

Pada dasarnya mengonsumsi air setelah makan merupakan urutan yang tepat. Rupanya di balik kebiasaan tersebut, konsumsi air berlebih tanpa jeda setelah makan memicu terjadinya gangguan pada proses pencernaan. 

Selain gangguan pencernaan, minum air setelah makan bisa mengakibatkan penggumpalan makanan sehingga menimbulkan kram perut. Sebaiknya minum air putih 30 menit -1 jam setelah makan. 

2. Mengonsumsi buah setelah makan, bisa menghilangkan nutrisinya

Berbahaya! Hindari 5 Kebiasaan Buruk Setelah Makan, Termasuk RokokPixabay.com/Couleur

Vitamin dan nutrisi yang terdapat di dalam buah sudah tidak diragukan lagi. Namun ketika mengonsumsi buah setelah makan, tidak akan menghasilkan nutrisi melainkan berdampak buruk di dalam tubuh. 

Mengonsumsi buah setelah makan bisa menimbulkan proses pencernaan terhambat dan sulit berproses ke usus. Akhirnya apa yang kita makan akan membusuk dan menghasilkan gas di dalam perut. 

Sebaiknya konsumsi buah sebelum makan atau pada saat perut kosong. Buah-buahan yang kita makan hanya membutuhkan 20 menit untuk dicerna.

3. Tidur setelah makan berisiko mengalami stroke

Berbahaya! Hindari 5 Kebiasaan Buruk Setelah Makan, Termasuk RokokLivemint.com

Tidur setelah makan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Berbagai penelitian menyatakan bahwa orang yang tidur setelah makan akan berisiko menderita stroke. 

Hal ini disebabkan karena banyak cairan pencernaan yang berlawanan sehingga merusak lapisan di dalam perut. Sebaiknya lakukan aktivitas lain seperti nonton TV atau ngobrol bersama teman. Tunggu hingga 2 jam setelahnya kamu bisa tidur. 

Baca Juga: Selain Terlambat, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Dipandang Sebelah Mata

4. Merokok setelah makan merusak tubuh dua kali lebih mematikan

Berbahaya! Hindari 5 Kebiasaan Buruk Setelah Makan, Termasuk RokokPixabay.com/Free-Photos

Merokok setelah makan merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Kajian penelitian membuktikan bahwa kerusakan satu batang rokok setelah makan sama halnya dengan merokok 10 batang. 

Merokok setelah makan akan mengakibatkan iritasi usus. Jika dilakukan beriringan maka potensi kanker usus dan kanker paru-paru semakin tinggi. 

Pada umumnya merokok mengandung enam puluh zat yang bisa menimbulkan kanker, zat ini disebut sebagai zat karsinogen. Ketika merokok setelah makan hal ini dua kali lipat lebih mematikan dengan proses yang sangat cepat. 

Bahaya! Harus dihindari ya. 

5. Peredaran darah tidak teratur ketika mandi setelah makan

Berbahaya! Hindari 5 Kebiasaan Buruk Setelah Makan, Termasuk RokokIndependent.co.uk

Mandi setelah makan, apakah kamu sering melakukannya? Jika sering, sebaiknya dihentikan.

Ketika selesai makan, darah dari kaki dan tangan akan bergerak menuju sistem pencernaan. Sama halnya ketika mandi, darah mengalir ke tangan dan kaki. Jika dilakukan beriringan darah lebih sedikit mengalir ke perut. 

Akibatnya jumlah darah akan berkurang di area lambung, sehingga sistem pencernaan melemah dan makanan yang masuk ke dalam tubuh berproses secara lambat.

Sebaiknya tunggu selama 2 jam hingga makanan dicerna di dalam perut. 

Nah dari lima kebiasaan buruk di atas, yang mana sering kamu lakukan? Sebelum berdampak buruk, ada baiknya kebiasaan tersebut dihentikan mulai sekarang. 

Baca Juga: Karang Gigi Bisa Timbul Menumpuk akibat 7 Kebiasaan Buruk Kamu Ini

Cahaya Padang Photo Verified Writer Cahaya Padang

We have only today, Let us begin! | Penulis konten di situs blog lapakkorea.com| https://www.linkedin.com/in/cahaya-padang-45152a1b1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya