Comscore Tracker

Jadi Ibu Pintar, Inilah 5 Aplikasi Edukasi Kesehatan Ibu dan Anak

Gambaran fitur umum, fitur spesifik, dan keunggulannya

Peran ibu sangat mulia bagi anak-anaknya. Ia mengandungnya dengan bersusah payah, melahirkannya penuh perjuangan, menyusui, membesarkan, dan mendidiknya dengan kasih sayang hingga si anak dewasa. Meski menjadi ibu adalah kodrat bagi perempuan, tetapi sesungguhnya tidaklah gampang untuk bisa menjadi ibu yang berhasil.

Perjalanan menjadi ibu adalah proses penuh tantangan. Dimulai dari menjalani program hamil, melewati masa kehamilan selama sekitar 40 minggu, persalinan, masa nifas dan menyusui, hingga mendampingi proses tumbuh kembang anak. Masa penting tersebut tentunya akan lebih mudah dilalui jika didampingi oleh media edukasi yang mumpuni.

Bagi para calon ibu dan ibu yang memiliki anak balita, juga para suami dan calon suami, ketahuilah bahwa saat ini tersedia cukup banyak aplikasi mobile berbasis Android yang bisa diunduh di smartphone untuk mendapatkan informasi edukasi mengenai kesehatan ibu, bayi, dan balita.

Berikut ini adalah lima aplikasi edukasi kesehatan ibu dan anak berbahasa Indonesia yang telah diunduh oleh lebih dari sepuluh ribu pengguna Android.

1. Diary Bunda

Jadi Ibu Pintar, Inilah 5 Aplikasi Edukasi Kesehatan Ibu dan Anakplay.google.com/Diary Bunda

Diary Bunda diperuntukkan bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, masa hamil, ataupun yang melakukan perawatan bayi dan anak. 

Aplikasi ini punya fitur untuk pengecekan jadwal ke dokter kandungan secara berkala, menghitung hari perkiraan lahir, kalender kehamilan, history atau riwayat kehamilan, catatan hasil USG, catatan berat badan harian, panduan nutrisi ibu, dan informasi lainnya seputar kehamilan.

Ragam fitur yang terdapat di Diary Bunda akan sangat membantu pengguna pada pasca melahirkan, yaitu jadwal dokter anak, pengisian informasi dokter dan perawat, jadwal imunisasi dan vaksin, dan informasi parenting.

Saat ini, aplikasi Dairy Bunda sudah diunduh oleh lebih dari 100.000 kali. Pembaruan terakhir aplikasi di Google Play, tanggal 24 Oktober 2020 sudah sampai versi 2. Dari 2.837 review yang masuk, aplikasi ini mendapat rating 4,6 dari 5.

2. HalloBumil

Jadi Ibu Pintar, Inilah 5 Aplikasi Edukasi Kesehatan Ibu dan Anakplay.google.com/Hallobumil

HalloBumil adalah aplikasi interaktif untuk mendampingi ibu melewati masa persiapan kehamilan, kehamilan, dan tumbuh kembang anak. Fitur aplikasi ini termasuk cukup banyak.

Ada Kalender Kesuburan untuk memperkirakan masa subur dalam persiapan kehamilan. Ada pula Timeline Kehamilan yang memberikan informasi yang sesuai usia kehamilan. Selain itu, ada juga Kuis Depresi Masa Nifas untuk menilai seberapa jauh kesehatan psikologis saat setelah persalinan. Fitur Timeline Perkembangan anak juga tersedia, dilengkapi tracker pertumbuhan mencatat dan memantau perkembangan berat badan, panjang atau tinggi badan, dan lingkar kepala selama masa perkembangan anak. Pengguna juga bisa berbincang dengan tim ahli kesehatan ibu dan anak.

Fitur Tracker Tidur berguna untuk mencatat dan memantau proses perkembangan tidur anak. Tracker Menyusui untuk mencatat dan memantau proses menyusui. Fitur Kontrol Kehamilan untuk mencatat hasil pemeriksaan kondisi ibu yang dilengkapi dengan informasi terkait dengan kondisi yang dirasakan. Kick Counter bisa buat menghitung gerakan janin dalam perut untuk memantau pertumbuhan dan kesehatan janin. Tersedia artikel sesuai dengan topik persiapan kehamilan dan usia kehamilan yang sedang dijalani. Fitur Album Foto juga disediakan.

Aplikasi HalloBumil sudah diunduh oleh lebih dari satu juta kali. Saat ini sudah sampai pada versi 2 dengan pembaruan terakhir tanggal 16 Desember 2020. Review yang sudah masuk sebanyak 13.283 dan aplikasi ini mendapat rating yang sangat baik, yaitu 4,5 dari 5.

Baca Juga: Estrogen Lindungi Ibu Hamil dari COVID-19? Ini Kata Dokter Obgyn!

3. Teman Bumil

Jadi Ibu Pintar, Inilah 5 Aplikasi Edukasi Kesehatan Ibu dan Anakplay.google.com/Teman Bumil

Aplikasi Teman Bumil dirancang untuk menjadi teman bagi ibu dalam setiap fase, yaitu program hamil, kehamilan, hingga parenting dan merawat si Kecil.

Fitur Rekam Medis berfungsi untuk menyimpan data ibu dan anak. Fitur ini memudahkan meninjau pertumbuhan janin serta tumbuh kembang anak setiap bulannya. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan konten untuk memantau tumbuh kembang anak hingga 5 tahun.

Melalui fitur Forum, pengguna bisa berkonsultasi secara langsung dan real-time dengan dokter spesialis, bidan, psikolog, dan ahli lainnya. Pengguna juga bisa menonton banyak video edukatif dari para ahli.

Teman Bumil menyediakan artikel serta tips, pembagian artikel di Teman Bumil dibuat kronologis sesuai fase, sehingga lebih mudah diakses dan mengikuti kebutuhan para ibu. Pengguna juga bisa menyimpan foto-foto kehamilan dan perkembangan anak di fitur Jurnal.

Teman Bumil didedikasikan sebagai "Teman Ibu Milenial". Aplikasi Teman Bumil juga sudah diunduh oleh lebih dari satu juta kali. Saat ini sudah sampai pada versi 2 dengan update terakhir tanggal 8 Desember 2020. Dari review yang sudah masuk sebanyak 16.842, aplikasi ini mendapat rating 4,5 dari 5.

4. PrimaKu

Jadi Ibu Pintar, Inilah 5 Aplikasi Edukasi Kesehatan Ibu dan Anakplay.google.com/PrimaKu

Berbeda dengan tiga aplikasi sebelumnya, aplikasi ini hanya terkait ekukasi kesehatan anak. PrimaKu dapat mempermudah orang tua dalam memantau tumbuh kembang anak sejak dini secara berkala dan berkelanjutan.

Aplikasi gratis ini memiliki fitur utama: Imunisasi, Pertumbuhan, Perkembangan, ditambah Artikel. Melalui aplikasi PrimaKu, orang tua dapat memperoleh informasi yang diperlukan seputar kesehatan anak dengan praktis dan cepat dalam genggaman tangan.

Dengan klaim mendapat dukungan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), aplikasi ini tentunya bisa bermanfaat bagi orang tua untuk mendampingi membesarkan anak menjadi anak sehat. 

Aplikasi PrimaKu sudah diunduh oleh lebih dari seratus ribu kali. Saat ini sudah sampai pada versi 1.1.2 dengan update terakhir tanggal 14 Februari 2019. Sepertinya kurang rutin pembaharuannya. Dari review yang sudah masuk sebanyak 1.074, aplikasi ini mendapat rating 4,4 dari 5.

5. KMS Balita dan Bunda

Jadi Ibu Pintar, Inilah 5 Aplikasi Edukasi Kesehatan Ibu dan Anakplay.google.com/KMS Balita dan Bunda

Aplikasi kartu menuju sehat (KMS) memudahkan ibu ataupun keluarga untuk memantau status tumbuh perkembangan balita usia 0 hingga 60 bulan atau 5 tahun.

Terdapat fitur utama pelacak aktivitas, rincian dan log aktivitas balita. Sejumlah fitur yang dimiliki dan istilah yang digunakan masih terkesan "teknis medis". Misalnya fitur Status Antropometri (metode yang digunakan untuk menilai ukuran, proporsi, dan komposisi tubuh manusia) untuk menentukan status gizi balita, dan menentukan makrosefali ataupun mikrosefali pada balita.

Aplikasi dilengkapi kuisioner pra-skrining, yang terdiri atas kuesioner pra-skrining perkembangan, kemandirian dan sosialisasi, kuesioner untuk tes daya dengar, deteksi dini gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas, kuesioner masalah mental emosional, dan deteksi dini autisme pada anak. Terkait imunisasi, aplikasi ini bisa memberikan rekaman, jadwal, dan program imunisasi optimal, lanjutan, dan endemis untuk balita.

Fitur Momen untuk merekam momen penting balita dan ibunya. Fitur Minggu Ajaib mencatat aktivitas dan melihat lompatan pertumbuhan bayi. Aplikasi juga dilengkapi dengan pengingat aktivitas yang ingin dilakukan pada waktu mendatang.

Aplikasi KMS Balita dan Bunda ini sudah diunduh lebih dari sepuluh ribu kali. Saat ini sudah sampai pada versi 2 dengan update terakhir tanggal 15 Oktober 2020. Dari review yang sudah masuk sebanyak 128, aplikasi ini mendapat rating 4,3 dari 5. 

Demikianlah lima aplikasi yang bisa jadi pendamping bagi ibu hamil dan suami. Secara umum, Diary Bunda, HalloBumil, dan TemanBumil punya cukup banyak kesamaan fitur. Sementara itu, aplikasi PrimaKu dan KMS Balita dan Bunda lebih banyak berisi fitur terkait kesehatan anak (bayi dan balita). Silahkan pilih salah satu atau beberapa sesuai kebutuhan, ya.

Baca Juga: 5 Gejala Kehamilan yang Tidak Boleh Dibiarkan, Bisa Jadi Tanda Bahaya!

Carwoto Saan Photo Writer Carwoto Saan

Saya menuliskan dan saya ingat!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya