Comscore Tracker

Sehat, Ini 5 Rempah yang Buat Suasana Natal Kamu Makin Spesial

Cocok untuk disantap saat makan bersama keluarga!

Meski suasana Natal tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dirayakan saat pandemik COVID-19, tetapi hari raya umat Kristen ini tetap identik dengan kumpul keluarga dan tentunya makan-makan, yang penuh dengan kehangatan dan kegembiraan.

Sajian Natal apa yang kamu siapkan? Agar hidangan beraroma dan punya cita rasa yang lezat, kamu bisa menambahkan rempah-rempah  berikut ini. Sebagai bonus, hidangan Natalmu jadi punya banyak manfaat kesehatan!

1. Kayu manis

Sehat, Ini 5 Rempah yang Buat Suasana Natal Kamu Makin Spesialfreepik.com/Racool_studio

Dikenal sebagai salah satu rempah populer yang banyak digunakan dalam berbagai macam makanan dan minuman, kayu manis (cinnamon) mampu membawa kehangatan. Rempah aromatik dengan rasa manis dan sedikit pedas ini bisa jadi bumbu pelengkap makanan asin maupun manis.

Sebuah laporan berjudul "Cinnamon: Mystic powers of a minute ingredient" yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacognosy Research tahun 2015 menjelaskan bahwa kayu manis mempunyai banyak manfaat kesehatan, seperti adanya kandungan antiinflamasi dan mampu menurunkan gula darah, bila dikonsumsi dalam dosis tinggi dalam bentuk suplemen.

Namun, para peneliti menemukan bahwa kayu manis jenis Cassia cinnamon atau Chinese cinnamon mengandung coumarin dalam jumlah tinggi, yang mana punya efek beracun bila dikonsumsi dalam dosis tinggi. Asupan harian lebih dari 0,1 mg per kg dari berat badan dapat menyebabkan efek yang mencolok pada profil pembekuan darah, apabila pasien menggunakan obat-obatan seperti warfarin secara bersamaan. 

2. Jahe 

Sehat, Ini 5 Rempah yang Buat Suasana Natal Kamu Makin Spesialfreepik.com/jcomp

Dengan tonik pencernaan yang dimilikinya, jahe menjadi salah satu rempah yang seimbang dan tepat bila disajikan dalam makanan yang berat. Mengonsumsi jahe memiliki banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh, yang mana jahe punya khasiat antiinflamasi, antioksidan, antimikroba, dan antikanker.

Selain itu, jahe dalam bentuk suplemen juga banyak digunakan sebagai pengobatan natural untuk asma, infeksi, dan kondisi lainnya. 

Menurut laporan berjudul "Ginger and Its Constituents: Role in Prevention and Treatment of Gastrointestinal Cancer" dalam jurnal Gastroenterology Research and Practice tahun 2015, diketahui bahwa jahe juga memiliki sifat antikanker yang kuat. Ini tentunya dapat membantu menghambat pertumbuhan sel dan menyebabkan kematian sel pada jenis kanker tertentu, seperti kanker gastrointestinal dan kanker ovarium.

Baca Juga: 8 Manfaat Jahe bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

3. Bunga lawang

Sehat, Ini 5 Rempah yang Buat Suasana Natal Kamu Makin Spesialgreatbritishchefs.com

Bunga lawang (star anise) adalah rempah asli yang berasal dari Tiongkok (Illicium verum) yang manfaat kesehatannya sudah terbukti. Sementara itu, bunga Lawang asal Jepang (Illicium anisatum) memiliki kandungan beracun.

Bunga lawang dapat menambah cita rasa manis dan pedas dalam makanan. Dijadikan bahan minuman juga bisa, yaitu ditambahkan ke dalam teh atau turmeric latte.

Senyawa asam shikimic yang dimiliki bunga lawang bisa bermanfaat untuk melawan flu dan punya khasiat anti jamur dan anti Candida.

4. Pala

Sehat, Ini 5 Rempah yang Buat Suasana Natal Kamu Makin Spesialwellandgood.com

Pala (nutmeg) punya rasa khas dan sedikit pedas, yang mana sentuhan dan rasa ini cocok untuk sajian seperti custard, sari buah apel, dan daging panggang. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Phytochemistry Reviews tahun 2016, pala mengandung sejumlah besar antioksidan kuat seperti terpen, sianidin, dan senyawa fenolik.

Selain itu, berkat khasiat antiinflamasi dan antibakteri tinggi, pala banyak memiliki manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kontrol terhadap gula darah dan menjaga kesehatan jantung bila dikonsumsi dalam dosis tinggi.

5. Peppermint 

Sehat, Ini 5 Rempah yang Buat Suasana Natal Kamu Makin Spesialhealthline.com

Membuat secangkir teh peppermint hangat bisa jadi penutup malam Natalmu setelah menyantap makan malam. Dengan aromanya yang menyegarkan, peppermint memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Ini karena peppermint memiliki kandungan antioksidan, antialergi, dan anti mikroba, sehingga peppermint dapat membantu dalam mengobati sakit kepala dan sakit perut.

Selain itu, berdasarkan sebuah laporan dalam jurnal Environment and Behavior tahun 2020, aroma peppermint secara langsung dapat meningkatkan daya ingat informasi dan mengurangi penurunan kewaspadaan, terutama saat kamu sedang merasa lelah. Emisi intermiten menunjukkan efek yang lebih kuat dibandingkan emisi berkelanjutan dalam jumlah yang sedikit, yang mana hal ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan memori.

Itulah jenis rempah-rempah yang bisa kamu tambahkan ke dalam berbagai sajian Natalmu. Dengan cita rasa khas yang dimiliki tiap remah, bukan cuma makanan dan minuman jadi lebih lezat, tetapi juga membawa manfaat bagi kesehatan tubuhmu.

Baca Juga: Bisa Bantu Obati Hipertensi, Tambahkan 10 Rempah Ini ke dalam Masakan

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya