Comscore Tracker

Wajib Kamu Konsumsi! 10 Makanan yang Bagus untuk Kesehatan Pankreas

Pankreas sangat penting untuk membantu sistem pencernaan

Pankreas adalah salah satu organ penting yang ada dalam tubuh dan berfungsi membantu sistem pencernaan. Seperti ditulis dalam laman Hopkins Medicine, pankreas berfungsi memecah gula, lemak, dan senyawa lainnya yang berasal dari makanan atau minuman.

Selain itu, pankreas juga berfungsi sebagai penghasil hormon insulin yang berguna menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Nah, untuk menjaga pankreas agar tetap sehat, ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi secara tepat dan benar. Apa saja? Inilah sepuluh jenis makanan yang bagus untuk kesehatan pankreas.

1. Brokoli

Wajib Kamu Konsumsi! 10 Makanan yang Bagus untuk Kesehatan PankreasUnsplash.com/Louis Hansel

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang terkenal dengan segudang manfaatnya. Tak salah jika ada banyak orang yang menganggap sayuran hijau ini sebagai superfood. Brokoli memiliki kandungan serat, karbohidrat, protein, kalium, magnesium, dan berbagai macam jenis vitamin.

Ditulis dalam laman Pancreatic Cancer Action Network, sayur brokoli sudah terbukti membawa dampak positif bagi kesehatan pankreas. Brokoli memiliki senyawa glukosinolat fitokimia yang bagus untuk membantu kinerja pankreas supaya tidak terlalu berat. Hebatnya lagi, sayuran lezat ini bisa menekan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker pankreas.

2. Anggur merah

Wajib Kamu Konsumsi! 10 Makanan yang Bagus untuk Kesehatan PankreasPexels.com/Bruno Scramgnon

Melansir sebuah artikel dalam laman Healthline, anggur merah mengandung senyawa resveratrol yang selain bersifat antioksidan, juga sanggup menjaga kesehatan pankreas. Lagi, anggur merah memiliki segudang nutrisi lainnya seperti serat, asam folat, zat besi, kalsium, dan vitamin lainnya.

3. Bayam

Wajib Kamu Konsumsi! 10 Makanan yang Bagus untuk Kesehatan PankreasUnsplash.com/Gil Ndjouwou

Bayam dikenal sebagai sayuran serbaguna dan memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Selama dikonsumsi dengan tepat dan benar, sayuran yang mudah didapat ini akan memberikan manfaat positif bagi pankreas kamu.

Dicatat dalam laman Pancare Foundation, bayam bisa dipilih sebagai menu sayuran jika kamu ingin menjaga kesehatan pankreas kamu. Bayam memiliki kandungan vitamin B yang baik untuk kesehatan tubuhmu secara umum, termasuk pankreas.

4. Kangkung

Wajib Kamu Konsumsi! 10 Makanan yang Bagus untuk Kesehatan Pankreasscmp.com

Sama seperti bayam, sayuran kangkung juga memiliki kandungan tinggi akan vitamin B. Jika dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan, tentu kangkung bisa memberikan nutrisi yang sangat lengkap, terutama buat pankreas kita.

Layaknya sayuran hijau lainnya, kangkung mengandung beberapa nutrisi dan vitamin seperti serat, asam folat, riboflavin, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan magnesium. Selain murah, tentunya kangkung juga sangat mudah didapatkan.

5. Bawang putih

Wajib Kamu Konsumsi! 10 Makanan yang Bagus untuk Kesehatan PankreasPexels.com/Buenosia Carol

Studi berjudul Preventive Effect of Garlic on Serum Biochemical Factors and Histopathology of Pancreas and Liver in Streptozotocin-Induced Diabetic Rats yang diterbitkan pada 2013 lalu menyimpulkan bahwa bawang putih efektif menurunkan kadar gula darah dari beberapa sampel hewan yang diteliti.

Namun, bagaimana dengan manusia? Faktanya, bawang putih juga memiliki khasiat yang sama bagusnya jika dikonsumsi oleh manusia. Menurut laman Mediterranean Hospital, bawang putih dapat merangsang pankreas supaya bisa memproduksi insulin yang cukup untuk mengimbangi kadar gula darah.

Namun, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi bawang putih. Kandungan bawang putih yang berlebihan dalam tubuh justru akan membuat sistem pencernaan terganggu. Bau napas juga menjadi tidak sedap jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan super ini.

Baca Juga: 7 Sayuran Ini Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuhmu!

6. Cherry atau ceri

Wajib Kamu Konsumsi! 10 Makanan yang Bagus untuk Kesehatan PankreasUnsplash.com/T.Q

Cherry atau buah ceri merupakan buah yang umumnya dijumpai pada pohon-pohon yang tumbuh secara liar di banyak negara. Kandungan antioksidan yang tinggi membuat buah yang mirip anggur ini sangat berperan penting untuk pencegahan kanker, termasuk kanker pankreas.

Melansir laman Healthline, buah ceri sangat bagus dikonsumsi karena memiliki nutrisi yang dapat menjaga kesehatan pankreas dan organ tubuh lainnya. Pilihlah buah ceri yang segar dan bebas dari pestisida, serta konsumsilah dalam batasan wajar dan benar.

7. Ubi jalar

Wajib Kamu Konsumsi! 10 Makanan yang Bagus untuk Kesehatan Pankreasthespruceeats.com

Ubi jalar adalah salah satu jenis makanan yang mudah didapatkan. Bahkan, harganya juga cukup murah. Dengan rasanya yang cenderung manis, ubi jalar bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan ringan.

Nah, salah satu kehebatan ubi jalar adalah kemampuannya dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Menurut laman Cleveland Clinic, ubi jalar bisa dikonsumsi sebagai makanan yang tinggi protein namun tidak banyak mengandung lemak. Dengan mengonsumsi ubi jalar secara tepat dan benar, maka kesehatan pankreas juga akan terjaga dengan baik.

8. Kunyit

Wajib Kamu Konsumsi! 10 Makanan yang Bagus untuk Kesehatan PankreasUnsplash.com/Chinh Le Duc

Sebuah jurnal sains berjudul Curcumin as a Treatment for Pancreatitis yang diterbitkan oleh University of California menyatakan bahwa senyawa kurkumin yang biasanya ada pada kunyit mampu menghambat penyakit yang berhubungan dengan pankreatitis. Bahkan, kurkumin pada kunyit mampu membantu penyembuhan radang sendi dan inflamasi.

Memang, rasa dari kunyit begitu kuat dan tidak semua orang bisa mengonsumsinya. Namun, dengan segudang manfaat yang ada pada kunyit, tak ada salahnya kamu mulai mencoba mengonsumsinya dengan benar dan tidak berlebihan.

9. Kiwi

Wajib Kamu Konsumsi! 10 Makanan yang Bagus untuk Kesehatan PankreasUnsplash.com/K8

Kiwi adalah buah dengan banyak nutrisi seperti vitamin K, vitamin C, vitamin A, asam amino, folat, dan kalium. Nah, salah satu kehebatan buah yang aslinya berasal dari Tiongkok ini adalah untuk kesehatan pankreas. Makanlah buah kiwi secara langsung setelah dikupas. Jika tidak bisa memakannya langsung, kamu bisa mencampurkan kiwi ke dalam es buah tanpa gula.

10. Yogurt probiotik

Wajib Kamu Konsumsi! 10 Makanan yang Bagus untuk Kesehatan PankreasUnsplash.com/Sara Cervera

Dilansir Pancare Foundation, yogurt probiotik adalah salah satu jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pankreas. Yogurt probiotik adalah yogurt yang rendah lemak dan mengandung bakteri yang menguntungkan bagi tubuh.

Mengonsumsi yogurt probiotik secara teratur dan sesuai porsi, akan membantu sistem pencernaan supaya tidak bekerja terlalu berat. Di sisi lain, yogurt probiotik juga memiliki kandungan vitamin B, vitamin B12, potasium, magnesium, dan fosfor.

Itulah 10 makanan super yang sangat baik untuk kesehatan pankreas kamu. Perlu diingat bahwa mengonsumsi apapun sebaiknya tidak berlebihan. Jika memiliki alergi, kamu bisa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman Ini Ampuh Pulihkan Stamina

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya