Comscore Tracker

5 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Jaga Berat Badan

Tidak harus olahraga ekstrem, kok

Berat badan yang ideal merupakan impian bagi kebanyakan orang. Namun terkadang meskipun diet ekstrem sudah dilakukan, berat badan justru tidak terkontrol, bisa bertambah dan bisa juga turun drastis di bawah normal.

Namun tahukah kamu jika terdapat cara sederhana untuk mempertahankan berat badan ideal? Yup, jika kamu ingin berat badanmu bertahan secara ideal, kamu bisa melakukan lima cara sederhana ini. Apa saja, ya?

1. Jangan lewatkan sarapan pagi

5 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Jaga Berat BadanUnsplash/Louis Hansel

Jika kamu ingin berat badanmu selalu ideal, sebaiknya kamu tidak melewatkan sarapan pagi. Selain berguna untuk energi tubuh kamu, sarapan juga akan mencegahmu mengalami lapar ekstrem di siang hari, yang justru akan membuatmu makan siang berlebihan.

Laman Eatingwell.com menjelaskan bahwa ada beberapa jenis makanan yang baik untuk dijadikan sarapan. Oatmeal, yogurt, dan telur adalah beberapa jenis makanan yang bagus untuk kamu yang ingin mempertahankan berat badan ideal.

Jangan terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, sebab terlalu banyak karbohidrat justru akan membuat produktivitasmu menurun.

2. Olahraga teratur secukupnya

5 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Jaga Berat BadanUnsplash/Bruce Mars

Tidak harus melakukan olahraga keras dan ekstrem untuk mempertahankan berat badan ideal. Olahraga ringan yang dilakukan secara rutin juga bisa kok membuat tubuhmu tetap sehat.

Olahraga permainan seperti tenis, basket, dan lainnya bisa kamu lakukan jika kamu memang suka dengan olahraga permainan. Renang, lari, atau bersepeda juga bisa kamu pilih sebagai kegiatan rutin yang menyehatkan, seperti ditulis dalam Livestrong.com.

3. Tidak mengonsumsi kudapan secara berlebihan

5 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Jaga Berat BadanUnsplash/Ricardo Henrique Vergilio

Sebetulnya hanya dengan makan tiga kali sehari dan tanpa kudapan (snack), tubuh manusia sudah tercukupi nutrisinya. Namun terkadang rasa lapar terasa sangat intens membuat banyak orang berlebihan mengonsumsi kudapan.

Jika kamu tidak bisa hidup tanpa makanan ringan, maka sebaiknya pilihlah kudapan yang menyehatkan. laman Medicalnewstoday.com menuliskan bahwa buah, beberapa jenis sayuran, telur rebus, edamame, dan beberapa jenis kacang sangat bagus untuk dijadikan kudapan sehat.

Baca Juga: 5 Komplikasi Kesehatan Serius Akibat Kekurangan Berat Badan, Ngeri!

4. Kelola stres dengan baik

5 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Jaga Berat BadanUnsplash/Jeshoots.com

Ternyata stres berlebihan juga dapat membuat berat badanmu tak terkontrol, bisa naik dan bisa turun drastis. Hal ini terjadi karena ada beberapa hormon stres yang aktif dalam tubuh dan itu membuat metabolisme tubuh tidak dapat berjalan dengan baik.

Jadi sebaiknya kamu harus bisa untuk mengelola stres dengan baik. Meskipun terkadang cara ini tidak mudah, namun kamu harus lebih memperhatikan kesehatanmu.

5. Jaga kualitas tidur malam kamu

5 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Jaga Berat BadanUnsplash/Gregory Pappas

Selain menyehatkan, tidur malam yang berkualitas akan membuat berat badanmu tetap terjaga dalam angka yang ideal. Seperti ditulis dalam Sleepfoundation.org, tidur malam yang nyenyak dan berkualitas akan membantu tubuh berada dalam berat badan yang stabil.

Jadi jika kamu ingin selalu sehat, sebaiknya kamu jangan terlalu sering begadang. Dengan tidur malam yang berkualitas, metabolisme tubuhmu juga akan berjalan dengan baik, dan berarti itu akan membuat tubuhmu sehat dan berat badanmu juga akan terjaga di angka ideal.

Itulah lima cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga berat badanmu di angka ideal. Semoga artikel ini dapat menginspirasi kamu, ya!

Baca Juga: Apa Benar Berat Badan Bertambah, kalau Pasangan Saling Mencintai  

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya