Comscore Tracker

5 Jenis Makanan yang Bagus untuk Kesehatan Kulit, Didukung Sains!

Gak ribet, tinggal perbanyak asupan makanan ini

Kulit adalah salah satu bagian penting yang terdapat dalam tubuh. Secara umum, kulit berfungsi sebagai pelindung terluar dari tubuh kita. Bahkan, kulit juga berfungsi sebagai garda terdepan untuk melindungi tubuh dari kotoran dan kuman. 

Melansir DermSpecialists, kulit merupakan bagian terbesar dalam tubuh manusia yang memainkan peran penting dalam mendeteksi panas dan dingin. Nah, sayangnya, kulit adalah bagian tubuh yang paling sering diabaikan, terutama oleh laki-laki.

Untuk menjaga kesehatan kulit, salah satunya bisa melalui makanan yang kita konsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan kulitmu. Apa saja? Yuk, disimak!

1. Lemak ikan

5 Jenis Makanan yang Bagus untuk Kesehatan Kulit, Didukung Sains!pexels.com/Sebastian Coman

Sebuah laporan berjudul "Discovering the Link between Nutrition and Skin Aging" yang dipublikasikan dalam jurnal Dermato-Endocrinology tahun 2012, disebutkan bahwa kesehatan kulit yang berhubungan dengan penuaan rupanya berhubungan dengan asupan nutrisi. Nah, salah satu nutrisi yang baik untuk kulit adalah lemak ikan.

Salah satu jenis lemak ikan yang bagus untuk kesehatan kulit adalah lemak pada salmon. Ikan ini dikenal luas bernutrisi tinggi, seperti omega-3, protein, kalsium, kalori, dan tentu saja vitamin B12.

Semua nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk kulit dan organ tubuh lainnya, terutama jantung, karena lemak salmon juga mampu membantu mengontrol tekanan darah, seperti dijelaskan di laman Mayo Clinic.

Minyak ikan yang lain juga sebetulnya sama bagusnya. Hanya saja, khusus salmon memang disebut-sebut memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang lebih tinggi. Namun, mungkin beberapa efek samping yang sulit dicegah, yakni kandungan polutan pada ikan laut.

Bahan kimia seperti polychlorinated biphenyls (PCBs) dapat diserap oleh salmon dalam siklus hidup mereka. So, mengonsumsi ikan laut pun juga jangan berlebihan, sewajarnya saja.

2. Alpukat

5 Jenis Makanan yang Bagus untuk Kesehatan Kulit, Didukung Sains!unsplash.com/Kelly Sikkema

Alpukat adalah buah yang terkenal dengan segudang manfaat. Selain lezat, buah ini juga mengandung nutrisi yang lengkap, mulai dari protein, serat, karbohidrat, potasium, dan lemak yang baik bagi tubuh. Nah, kulitmu juga akan merasakan manfaat dari berbagai nutrisi buah yang satu ini.

Seperti ditulis dalam laman Natural Living Family, alpukat sangat baik untuk membuat kulit lebih cerah dan membantu mengontrol hormon dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya langsung, dicampurkan ke dalam smoothie, jadi topping oat atau salad, dan sebagainya.

Alpukat juga bisa dijadikan sebagai masker wajah, lho, yang mana praktik seperti ini sudah dilakukan sejak dulu.

Studi berjudul "Hass Avocado Composition and Potential Health Effects" yang diterbitkan dalam jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition tahun 2013 menjelaskan bahwa mengonsumsi alpukat secara tepat dan teratur mampu menjaga kulit dan jantung tetap sehat.

Baca Juga: Dari Kulit hingga Noda, Ini Fakta dan Manfaat Sabun Pepaya

3. Brokoli

5 Jenis Makanan yang Bagus untuk Kesehatan Kulit, Didukung Sains!unsplash.com/Louis Hansel @shotsoflouis

Brokoli terbukti ampuh untuk membantumu memiliki kulit yang sehat. Meskipun, dalam beberapa kasus, mengonsumsi brokoli tidak dianjurkan untuk orang-orang dengan kelainan kelenjar tiroid.

Melansir Medical News Today, salah satu keunggulan brokoli dibandingkan sayuran hijau lainnya adalah meningkatkan kesehatan kulit, karena brokoli mengandung vitamin C yang tinggi, yang mana berhubungan dengan produksi kolagen.

Selain itu, brokoli juga dapat meminimalkan risiko kanker karena mengandung antioksidan kuat yang dapat menangkal radikal bebas. Meskipun begitu, harus diingat bahwa brokoli juga mengandung senyawa gaitrogenik yang dapat berdampak buruk bagi penderita kelainan kelenjar tiroid, melansir Healthy Eating SFGate.

Jadi, jika memiliki kelainan kelenjar tiroid, sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter dan konsultasikan mengenai makanan yang bagus buat tubuh, tetapi tidak berdampak pada tiroid. Dalam keadaan tertentu, mengonsumsi brokoli mungkin tidak diperbolehkan sama sekali.

4. Kedelai

5 Jenis Makanan yang Bagus untuk Kesehatan Kulit, Didukung Sains!pexels.com/Polina Tankilevitch

Kedelai juga bisa membuat kulitmu sehat, seperti yang telah dibuktikan dalam laporan berjudul "Soy and Health Update: Evaluation of the Clinical and Epidemiologic Literature" dalam jurnal Nutrients tahun 2016. Disebutkan bahwa secara umum kedelai mampu menjaga kesehatan kulit dan beberapa organ penting lainnya, seperti ginjal dan jantung.

Akan tetapi, mengonsumsi kedelai terlalu banyak juga tidak disarankan. Pasalnya, kedelai dalam jumlah yang masif mampu memicu ketidakseimbangan hormonal. Dalam beberapa kasus, ketidakseimbangan hormonal, seperti estrogen, dapat memicu beberapa pertumbuhan penyakit, misalnya tumor. Namun, hal ini masih membutuhkan riset dan studi yang lebih mendalam.

Melansir Verywell Health mencatat bahwa mengonsumsi olahan kacang kedelai dalam dosis dan porsi yang tepat terbukti membawa dampak baik bagi tubuh. Oh ya, perhatikan juga apakah kamu memiliki alergi terhadap kedelai atau tidak. Jika memang ada, sebaiknya hindari agar tidak memicu reaksi yang membahayakan.

5. Cokelat hitam

5 Jenis Makanan yang Bagus untuk Kesehatan Kulit, Didukung Sains!pexels.com/Pixabay

Apakah kamu suka dengan cokelat? Yup, cokelat - terutama cokelat hitam - memiliki banyak senyawa dan nutrisi yang bagus buat kesehatan tubuhmu. Seperti dijelaskan di laman Healthline, mengonsumsi cokelat hitam dengan porsi dan cara yang tepat dapat membantu menjaga kulit tetap sehat.

Cokelat hitam mengandung flavonol, yakni senyawa yang aktif melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Bahkan, senyawa ini juga mampu meningkatkan aliran darah ke kulit, sehingga kulit menjadi lebih padat dan tidak kering. Bagusnya lagi, selain untuk kesehatan kulit, cokelat hitam juga sangat baik untuk kesehatan jantung.

Namun, juga harus diingat bahwa cokelat mengandung kalori dan gula yang cukup tinggi. Mengonsumsi cokelat secara berlebihan tentu saja akan berdampak kurang baik, meskipun ada beberapa klaim yang menyebut bahwa cokelat hitam relatif aman untuk penderita diabetes. Jadi, baiknya bila kamu punya diabetes, konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli gizi.

Nah, merawat kulit ternyata tidak sulit, kan? Beberapa jenis makanan di atas rupanya bisa membuat kesehatan kulitmu terjaga sampai tua nanti, tentunya bila didukung dengan pola hidup yang sehat pula. 

Baca Juga: Bikin Minder, Inilah 6 Fakta seputar Flek Hitam di Kulit

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya