Comscore Tracker

Dari Tai Chi sampai Bersepeda, 5 Jenis Olahraga Terbaik untuk Lansia

Orang berusia lanjut juga butuh olahraga

Sama seperti usia lainnya, lansia atau orang-orang lanjut usia juga membutuhkan olahraga teratur supaya metabolisme tubuh tetap terjaga dengan baik. Namun, tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan oleh orang lansia.

Selain karena usianya yang sudah lanjut, kemampuan motorik lansia yang sudah tidak sebaik dulu tentu membuat jenis dan waktu olahraga yang dilakukan harus dibatasi. Jika perlu, konsultasikan dengan pakar kesehatan dan lakukan setiap olahraga di bawah pengawasan ahli. Inilah lima jenis olahraga yang masih bisa dilakukan oleh lansia.

1. Yoga

Dari Tai Chi sampai Bersepeda, 5 Jenis Olahraga Terbaik untuk Lansiachoochoobot.com

Yoga merupakan salah satu olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh para manula. Tentu, kamu juga harus melihat kondisi kesehatan dari orang lansia tersebut. Dilansir laman Very Well Fit, yoga yang biasanya dilakukan oleh lansia dan banyak orang pascapensiun dapat membantu mereka untuk lebih sehat.

Selain sehat, mengikuti kelas yoga juga dapat membangun dan menjalin relasi sosial menjadi lebih baik. Bagi para lansia, hal ini penting untuk menjaga perasaan positif mereka agar tidak merasa kesepian.

Jadi, dalam kebanyakan kasus normal, yoga dapat mempertahankan kualitas kehidupan seseorang terutama lansia, baik itu kesehatan fisik maupun mental mereka.

2. Golf

Dari Tai Chi sampai Bersepeda, 5 Jenis Olahraga Terbaik untuk Lansiagolf-vitality.com

Golf identik sebagai olahraga kelas atas ternyata juga menjadi cabang olahraga favorit untuk kebanyakan orang lansia. Forest Preserve Golf menuliskan bahwa ada banyak keuntungan untuk lansia yang gemar bermain golf.

Mereka akan lebih sehat secara fisik maupun mental. Selain itu, para lansia akan menikmati masa tua mereka dengan kualitas yang lebih baik karena mereka dapat bersosialisasi melalui komunitas di bidang yang sama.

Baca Juga: Efektif, Cegah 9 Penyakit Ini dengan Olahraga

3. Bersepeda

Dari Tai Chi sampai Bersepeda, 5 Jenis Olahraga Terbaik untuk Lansiabikeforums.net

Tentu bersepeda juga bisa dijadikan pilihan olahraga yang menyehatkan bagi lansia, namun tentunya harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau pakar kesehatan. Bersepeda memberikan kesegaran bagi tubuh yang mulai menua dan dapat menghilangkan stres yang mungkin dialami oleh para lansia.

Orang lansia dapat melakukan olahraga ini di tempat yang aman dan jauh dari jalan raya. Sebaiknya, lakukan olahraga ini di areal khusus bersepeda. Jika perlu, harus berada di bawah pengawasan.

4. Boling

Dari Tai Chi sampai Bersepeda, 5 Jenis Olahraga Terbaik untuk Lansiaflobowling.com

Boling juga merupakan salah satu olahraga mengasyikkan yang bisa dipilih oleh orang lansia atau manula. Tentu, selain menyehatkan, boling juga dapat berguna bagi kebahagiaan lansia karena mereka dapat bersosialisasi dengan baik di komunitas sesama penggemar boling.

Latihan boling secara rutin juga akan meningkatkan daya tahan tubuh dan melancarkan metabolisme tubuh agar terhindar dari beberapa penyakit akibat penuaan, seperti dilansir laman The Daily Record.

5. Tai Chi

Dari Tai Chi sampai Bersepeda, 5 Jenis Olahraga Terbaik untuk Lansiadailycaring.com

Olah tubuh kuno yang berasal dari Tiongkok ini bisa dijadikan kegiatan positif bagi para lansia atau manula, bahkan untuk kamu yang masih muda. Penelitian mengungkap bahwa tai chi dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh, seperti ditulis dalam Daily Caring.

Namun, untuk melakukan gerakan tai chi dengan benar, para lansia harus mendapatkan bimbingan khusus dari para ahli yang sudah sama-sama senior. Komunitas olahraga ini juga sudah sangat mendunia dan ada di berbagai negara.

Itulah lima olahraga yang bisa dilakukan oleh para lansia. Tentunya, selain menyehatkan fisik, juga menyehatkan mental. Semoga dapat menambah pengetahuan kamu, ya!

Baca Juga: 5 Olahraga Ringan yang Cocok Buat Kamu yang Pemalas, Sehat Itu Perlu!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya