Comscore Tracker

5 Jenis Olahraga yang Bisa Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Pikir

Kamu pun pasti pernah melakukannya

Di masa pandemik seperti saat ini tentu saja ada banyak orang yang mungkin merasa jenuh dan rindu akan aktivitas yang menyehatkan. Namun, tentunya kita semua tahu bahwa wabah global COVID-19 yang saat ini masih menjadi momok di seluruh dunia, membuat kita enggan untuk melakukan aktivitas atau olahraga layaknya sehari-hari.

Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa melakukan beberapa olahraga yang menyehatkan. Bahkan, beberapa aktivitas olahraga ini dapat meningkatkan konsentrasi dan daya pikir kamu, lho. Lumayan, untuk mengurangi tingkat stres yang mungkin kamu alami saat ini. Apa saja, ya? Yuk, dibaca!

1. Bermain game

5 Jenis Olahraga yang Bisa Meningkatkan Konsentrasi dan Daya PikirUnsplash/Glenn Carstens-Peters

Jangan salah, bermain game PC atau konsol ternyata sudah termasuk olahraga yang dapat meningkatkan konsentrasi dan daya pikir. Kamu bisa memainkan game apa pun yang dapat mengasah otak kamu, mulai dari game RPG, RTS, atau game dengan tema strategi lainnya. Namun perlu diingat untuk waktu dan jadwal yang kamu ambil untuk memainkan game, karena jika berlebihan justru akan berakibat buruk buat kesehatan.

Laman Science Daily mengungkap fakta bahwa dengan cara dan waktu yang tepat, game dapat bermanfaat bagi kesehatan otak. Menurut studi dan penelitian, memainkan game dapat menjaga agar konsentrasi dan daya pikir kita terjaga dengan baik. Namun, hal ini tidak bisa dipukul rata dengan kondisi masing-masing orang.

Bermain game secara berlebihan justru akan berdampak negatif bagi kesehatan, terutama mental. Itu sebabnya, para ahli tetap menyarankan bahwa bermain game haruslah dalam koridor yang benar. Dan satu lagi, mainkan game-game yang bersifat edukatif, karena nyatanya tidak semua game yang ada di pasaran dapat membawa dampak positif.

2. Bridge

5 Jenis Olahraga yang Bisa Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Pikirthirdsector.co.uk

Bridge adalah salah satu olahraga permainan kartu yang dapat melatih otak dan kesabaran kita. Pasalnya, ada beberapa strategi dan penghitungan yang matang supaya kita dapat memenangkan permainan ini. World Bridge Federation mencatat bahwa federasi olahraga bridge dunia sudah dibentuk pada 1958 silam di Norwegia.

Kejuaraan bridge sudah diperlombakan di berbagai macam perlombaan olahraga tingkat dunia. Nah, jika kamu suka dengan olahraga yang murni mengasah konsentrasi dan daya pikir kamu, bridge adalah salah satu olahraga ringan yang mungkin dapat kamu pilih. Siapa tahu dengan menekuni olahraga ini, kamu bisa menjadi atlet bridge berprestasi di masa depan.

Baca Juga: 10 Olahraga Ringan di Pagi Hari yang Bisa Bikin Badanmu Ideal

3. Panahan

5 Jenis Olahraga yang Bisa Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Pikirpickabow.com

Laman Social Health mencatat bahwa olahraga kuno ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama melatih konsentrasi, fokus, dan daya pikir. Olahraga yang sudah ada sejak 5000 tahun Sebelum Masehi ini juga dapat melatih kesabaran dan koordinasi refleks antara tangan dengan mata.

Memang, tidak semua orang bisa melakukan olahraga ini karena olahraga panahan membutuhkan peralatan yang cukup lengkap dan mahal. Bahkan, lapangan yang dibutuhkan juga luas dan wajib steril dari keramaian. Kalau kamu memang ingin melakukan olahraga panahan secara profesional, kamu bisa bergabung dan berlatih di federasi panahan profesional.

4. Bersepeda

5 Jenis Olahraga yang Bisa Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Pikiryellowjersey.co.uk

Olahraga ini adalah olahraga yang paling umum dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain menyehatkan secara fisik, ternyata bersepeda secara rutin dapat menjaga agar otak kita juga tetap bugar, lho. Laman Bike Radar menulis bahwa bersepeda secara rutin dapat menjaga kesehatan otak dan mental.

Bahkan, kegiatan ini juga dapat memperpanjang harapan hidup manusia. Nah, tentunya kamu juga suka bersepeda, bukan? Pilihlah area yang aman untuk bersepeda. Di saat pandemik seperti sekarang ini, sebaiknya kamu tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

5. Catur

5 Jenis Olahraga yang Bisa Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Pikirtheladders.com

Catur terkenal sebagai olahraga yang sering dilakukan oleh atlet-atlet yang cerdas. Tak dapat dipungkiri, catur memang membutuhkan konsentrasi, daya pikir, dan juga strategi bagus untuk dapat memainkannya dengan benar. Itu sebabnya, olahraga permainan rumit ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya.

Jika kamu adalah orang yang dapat duduk diam dengan sabar selama berjam-jam, mungkin catur cocok menjadi olahraga yang dapat kamu mainkan. Oh ya, kamu tidak harus memainkan catur dengan orang lain, kok. Karena kamu juga bisa memainkan catur yang sama rumitnya melalui game PC, konsol, atau bahkan di hp kamu.

Itulah lima jenis olahraga yang dapat meningkatkan konsentrasi dan daya pikir. Kalau kamu suka yang mana, nih?

Baca Juga: 7 Manfaat Bermain Hula Hoop untuk Kesehatan, Olahraga Murah Meriah 

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya